16 Manfaat Buah Nanas dan Kandungan Buah Nanas

Posted on

Buah Nanas – Nanas memiliki perpaduan yang menyegarkan antara rasa asam dan manis. Buah berwarna kuning ini sering dijadikan minuman. Nanas tidak hanya menyegarkan, tetapi juga bergizi dan kaya vitamin.

Nanas mengandung nutrisi penting, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kerja optimal. Berkat kandungan didalamnya, manfaat buah nanas bagi kesehatan manusia cukup banyak.

Manfaat-Buah-Nanas
Manfaat Buah Nanas

Manfaat nanas untuk kesehatan manusia sangat banyak. Buah Nanas dapat meningkatkan kekuatan penyembuhan dan daya tahan tubuh. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa nanas baik untuk penyembuhan dan memiliki sifat anti-inflamasi selama bertahun-tahun.

Kandungan Buah Nanas

Nanas adalah buah dengan kandungan antioksidan. Vitamin A dan C dalam buah nanas adalah sumber antioksidan. Nutrisi lain dalam nanas adalah fosfor, kalsium, kalium, besi, magnesium, mangan, tiamin, serat, natrium dan fruktosa (sukrosa). Selain itu, nanas sangat rendah kalori. Satu buah Nanas segar hanya mengandung 82 kalori.

Manfaat Buah Nanas

Menangkal Radikal Bebas

Nanas, yang memiliki rasa manis, asam dan segar, mengandung banyak vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin ini sangat baik mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak gangguan pada kulit atau organ internal.

Jika masuknya radikal bebas dapat dicegah, kemungkinan kerusakan organ atau mutasi dalam sel dapat dihindari. Secara teratur makan nanas dalam bentuk jus dicampur dengan yoghurt atau dimakan langsung sebagai buah yang diiris. Cuci bersih dengan air garam sebelum dikonsumsi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ada dua kandungan dalam nanas yang baik untuk kesehatan jantung. Pertama, kalium. Zat ini baik untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Kadar air dalam tubuh biasanya kacau karena banyak natrium atau garam yang dikonsumsi. Keseimbangan air ini mengurangi risiko hipertensi.

Bahan kedua yang baik untuk jantung adalah vitamin C. Zat ini mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau konstipasi akibat kolesterol jahat.

Menurunkan Kadar Lemak

Nanas mengandung banyak gula alami, yang baik untuk tubuh. Jika Anda lapar dan ingin makan sesuatu yang manis tapi sehat, maka nanas bisa menjadi alternatif untuk membuat perut Anda lebih kenyang. Selain itu, efektivitas buah nanas membuat pembakaran lemak di tubuh berjalan lebih lancar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Nanas, yang mengandung banyak vitamin C, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan akan menyebabkan tubuh waspada terhadap berbagai serangan mulai dari serangan bakteri, jamur dan virus.

Nanas atau jus segar tidak membuat pria dan wanita mudah terserang flu. Di musim panas, tubuh selalu sehat, karena daya tahan tubuh tidak bisa dihancurkan.

Menyehatkan Tulang

Makan nanas dalam jumlah seimbang akan membuat tulang Anda lebih sehat juga. Nanas mengandung senyawa mangan yang baik untuk tulang dan tendon dari otot di sekitarnya.

Menyehatkan Mata

Selain vitamin C, yang memiliki banyak manfaat, nanas juga mengandung vitamin A. Jika Anda memiliki masalah dengan penglihatan di usia tua, konsumsilah nanas secara teratur dalam bentuk jus atau memakannya langsung.

Mencegah Kanker

Seperti disebutkan sebelumnya, khasiat nanas mencegah penetrasi radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel berbahaya lainnya. Partikel-partikel ini biasanya memicu munculnya kelainan pada sel, menyebabkan kanker.

Jika Anda merokok, cobalah untuk mengurangi kegiatan berisiko ini. Selain itu, perbanyak nanas sebagai pengganti camilan atau sebagai pengganti makanan penutup di siang hari untuk makan.

Melancarkan Pencernaan

Makan nanas segar secara teratur dalam segala bentuk dapat melindungi Anda dari berbagai masalah kesehatan, termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus besar (IBS), aterosklerosis, pembekuan darah, dan tekanan darah tinggi. Nanas tanpa pemanis, kaya serat, meningkatkan pencernaan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat normal, dan merangsang pelepasan lambung dan pencernaan untuk membantu melarutkan makanan.

Manfaat nanas juga membantu dalam pengobatan diare dan IBS. Selain itu, bromelain dalam nanas merangsang pencernaan protein dan mengurangi peradangan usus sehingga dapat mengobati masalah pencernaan.

Mengobati Arthritis

Khasiat nanas dapat mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang terkait dengan radang sendi. hal Ini mengandung enzim proteolitik langka yang disebut bromelain, yang terutama membantu dalam memecah protein kompleks dan memiliki efek anti-inflamasi. Boleh saja untuk mengkonsumsi suplemen bromelain atau enzim nanas, tetapi harus diminum di bawah pengawasan medis.

Mengontrol Diabetes

Nanas mengandung banyak serat, merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes. Bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, hal ini membantu menurunkan kadar gula darah tinggi. Pada orang dengan diabetes tipe 2, ini mengarah pada peningkatan kadar gula darah, insulin dan lipid. Namun, ada sejumlah gula yang hadir. Karena itu, batasi asupan Anda untuk menghindari efek buruk.

Memperkuat Sistem Imun

Nanas mengandung vitamin C, yang direkomendasikan, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Menurut Linus Pauling Institute dari Oregon State University, vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air paling penting yang melawan kerusakan sel. khasiat vitamin C juga dapat membantu melawan masalah seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

Anti Inflamasi

Karena merupakan campuran zat kompleks yang dapat diekstraksi dari inti nanas (bromelain), khasiat nanas dapat membantu mengurangi peradangan parah dan mengurangi pertumbuhan tumor. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain mungkin berguna dalam pengobatan osteoartritis, walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut.

Peradangan berlebihan sering dikaitkan dengan kanker dan, menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, telah ditunjukkan bahwa bromelain dan enzim proteolitik lainnya meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hewan dengan tumor yang berbeda. Namun, tidak ada bukti klinis bahwa hasil seperti itu akan terjadi pada manusia.

Membantu Kulit Terlihat Lebih Muda

Sebelumnya disebutkan bahwa nanas dapat mencegah kerusakan kulit akibat radiasi UV. Manfaat makan nanas tiga kali seminggu juga membuat Anda awet muda! Jadi, wanita yang menginginkan kulit bercahaya dan elastis memiliki manfaat mengonsumsi nanas dengan memasukkan buah eksotis ini ke dalam makanan mereka.

Makan nanas atau penggunakan topikal secara berlebihan dapat meningkatkan sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, kulit Anda akan semakin kencang dan elastis. Nanas mengandung asam amino dan vitamin C, yang dengan cepat memperbaiki sel dan jaringan yang rusak. Anda dapat melihat efek langsung dari memakai masker nanas di wajah Anda selama 10 menit dan kemudian mencucinya dengan air bersih.

Pilek dan Sinusitis

Kandungan bromelain dalam nanas tidak hanya mengandung kadar vitamin C yang tinggi tetapi juga dapat membantu mengurangi lendir tenggorokan dan hidung, menurut University of Maryland Medical Center. Jika Anda batuk pilek, Anda harus makan beberapa potongan nanas untuk memanfaatkannya.

Mencegah Hipertensi

Tidak diragukan lagi nanas untuk kesehatan. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, Anda harus makan nanas secara teratur. Jumlah kalium dan natrium dalam nanas yang lebih tinggi dapat membantu menjaga tekanan darah normal.

Tingkatkan Kesuburan

Mineral dalam jus nanas, yaitu zinc, tembaga, beta-karoten, asam folat dan lainnya, akan membantu pria dan wanita mencapai sistem reproduksi yang sehat. Untuk mengambil manfaat nanas sebaik-baiknya, Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak jus nanas. hal Ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki keturunan.

Demikianlah pembahasan tentang buah nanas semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: