7 Manfaat Daun Kratom dan 5 Efek Samping Daun Kratom

Posted on

Daun Kratom – Daun kratom bisa jadi banyak di antara kalian yang mengetahui tentang tanaman yang satu ini. Daun kratom adalah spesies tanaman yang daunnya dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri atau penahan rasa sakit. Di Indonesia, daun kratom memiliki beberapa nama, termasuk daun Purik dan beberapa menyebutnya daun Ketum.

Menariknya, daunnya tidak hanya digunakan untuk kesehatan, tetapi juga menjadi kontoversial. Untuk akhir-akhir ini, daun kratom sering disalah gunakan sebagai narkotika. Daun kratom yang disalahgunakan memabukkan seperti opium.

Daun-Kratom
Daun Kratom

Namun, ketika digunakan dengan benar, daun kratom sebenarnya memiliki manfaat kesehatan. Anda dapat menggunakan daun kratom sebagai obat untuk diare dan obat penghilang rasa sakit. Tentu saja, ini harus sesuai dengan ukuran dan tidak boleh berlebihan.

Manfaat Daun Kratom

Mengobat Diare

Masalah pencernaan seperti diare sering disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat. Seringkali kita mengonsumsi makanan tidak sehat yang mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Gangguan pada sistem pencernaan secara signifikan dapat mengganggu aktivitas harian Anda.

Untuk mengatasi masalah diare, Anda bisa menggunakan daun kratom sebagai obat. Daun kratom memiliki kandungan yang sangat berguna untuk pengobatan diare. Mengkonsumsi daun kratom dosis rendah dapat mengobati rasa lemah akibat diare.

Meningkatkan Energi

Daun kratom memiliki sifat stimulan yang dapat meningkatkan energi tubuh bagi siapa saja yang mengkonsumsinya dalam dosis rendah. Jika Anda merasa lelah karena aktivitas harian yang berat. Anda bisa mengkonsumsi daun kratom untuk mengembalikan stamina Anda.

Tentu saja, seseorang harus tahu dosis yang diperlukan ketika mengkonsumsi daun kratom. Karena konsumsi daun kratom dalam dosis tinggi dapat menimbulkan efek samping seperti narkotika. Ini adalah yang paling disalahgunakan oleh beberapa orang belakangan ini.

Mengatasi Nyeri Otot

Nyeri otot sering terjadi selama aktivitas berat. Rasa sakit pada otot Anda terasa sangat menyakitkan sehingga Anda akan merasa sangat tersiksa karenanya. Studi terbaru menunjukkan bahwa manfaat lain dari daun kratom adalah mengatasi masalah nyeri otot pada manusia.

Tetapi yang lebih penting, cukup istirahatkan tubuh Anda untuk menghindari nyeri otot ini. Mulailah latihan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Ini berguna agar otot Anda tidak kaget jika harus melakukan aktivitas berat.

Relaksasi

Daun kratom, bila dikonsumsi dengan benar, dapat memiliki efek relaksasi pada tubuh manusia. hal Ini melemaskan otot-otot tegang dan nyeri Anda. Sehingga rasa sakit mereda pada nyeri otot dan menghilang dengan cepat.

Mencegah Hipertensi

Hipertensi, atau lebih dikenal dengan darah tinggi, sangat mempengaruhi orang di zaman modern. Terlepas dari konsekuensi dari gaya hidup yang tidak teratur, ada juga banyak penyebab lainnya. Penyakit ini bisa sangat berbahaya jika Anda tidak mengobatinya. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi yang parah, itu dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang Anda bisa menggunakan daun kratom untuk mengatasi masalah hipertensi yang Anda miliki. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, daun kratom, ketika dikonsumsi dengan dosis yang tepat, dapat memberikan efek rilex pada tubuh.

Saat tubuh Anda rileks, tekanan darah di tubuh turun dengan sendirinya. Tentu saja, ini harus disertai dengan gaya hidup sehat dan olahraga teratur. Daun kratom banyak digunakan oleh herbalis dan telah terbukti efektif dalam mengatasi hipertensi.

Memperlancar Pencernaan

Jika Anda memiliki gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah air besar maka Anda perlu mengetahui manfaat daun kratom dalam hal ini. Daun kratom telah terbukti mengatasi masalah pencernaan orang seperti diare, sembelit dan susah buang air besar.

Sifat Antimikroba

Daun kratom juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh kuman yang ditemukan dalam sistem pencernaan Anda. Tentu saja, Anda harus tahu dosis ketika Anda mengkonsumsi daun kratom untuk menghindari ketergantungan. Dan Anda harus menjaga pola makan Anda untuk menghindari masalah pencernaan.

Efek Samping Daun Kratom

Dapat Menyebabkan Overdosis

Konsumsi berlebihan daun kratom dapat menyebabkan overdosis. Ini juga bisa menyebabkan kematian. Karena itu, disarankan untuk berhati-hati saat mengonsumsi tanaman jenis ini. Anda dapat bertanya kepada para ahli untuk menghindari overdosis.

Dapat Menyebabkan Kecanduan

Daun kratom juga memiliki khasiat yang bisa membuat pengguna ketagihan. Seperti narkotika, daun kratom yang berlebihan membuat sulit untuk berhenti meminumnya. Jika gejala seperti kecanduan terjadi, Anda harus segera ke dokter.

Dapat Menyebabkan Insomnia

Efek lain dari penyalahgunaan daun kratom adalah dapat menyebabkan insomnia akut. Insomnia atau gangguan tidur pada seseorang, membuat mereka sangat sulit tidur di malam hari. Ini dapat berakibat fatal jika dibiarkan terlalu lama. Kurangnya istirahat menyebabkan penurunan kekebalan tubuh, sehingga sangat mudah terinfeksi oleh penyakit berbahaya.

Dapat Menyebabkan Paranoid

Karena daun kratom memiliki sifat yang mirip dengan narkotika ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kemudian masalah paranoid juga muncul pada penggunanya. Seperti kebanyakan kasus narkotika, kebanyakan dari mereka adalah paranoid, membuat mereka merasa gelisah dan cemas.

Dapat Menyebabkan Berkurang nya Nafsu Makan

Efek lain dari konsumsi berlebihan daun kratom adalah berkurangnya nafsu makan. Jika nafsu makan Anda berkurang karena konsumsi daun kratom. Maka Anda perlu ke dokter segera.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: