Buah Pelancar ASI

Posted on

Buah Pelancar ASI – Ibu pasti menginginkan produksi ASI yang lancar sehingga bayi bisa makan makanan terbaik, terutama dalam awal bulan masa hidupnya. Terdapat Beragam cara agar meningkatkan kebutuhan ASI.

Cara terbaik adalah konsumsi buah yang banyak akan vitamin dan mineral. Nah, berikut adalah adalah jenis buah-buahan yang bisa melancarkan ASI yang direkomendasikan ibu menyusui untuk dikonsumsi.

Buah Pelancar ASI

Semangka

buah Semangka pelancar asi
buah Semangka pelancar asi

Semangka mengandung vitamin C dan A, mineral, kalsium dan asam folat tetapi mengandung sedikit natrium, lemak jenuh dan kolesterol. Buah semangka juga mengandung vitamin A yang diyakini dapat membantu menghasilkan banyak ASI.

Selain itu kemampuan memenuhi kebutuhan akan vitamin A untuk ibu menyusui yang meningkat dua kali lipat selama menyusui. Keuntungan lain semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga cukup baik untuk penyerapan cairan tubuh.

Jeruk

Buah jeruk pelancar asi
Buah jeruk pelancar asi

Jeruk adalah sumber vitamin C terbaik untuk tubuh dan sangat dianjurkan untuk ibu menyusui. Vitamin C berperan penting dalam pertumbuhan tulang, otot dan gigi yang sehat pada anak-anak, termasuk bayi.

Jeruk juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan memperbaiki jaringan sel yang rusak pada ibu menyusui. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung setidaknya 2 jeruk sehari atau sekitar 120 miligram ketika diolah menjadi minuman.

Pepaya

buah Pepaya pelancar asi
buah Pepaya pelancar asi

Buah pepaya kaya akan galactogogue yang dapat meningkatkan produksi ASI. Juga perhatikan bahwa buah pepaya memiliki kandungan kalium yang tinggi, yaitu 45 persen dibandingkan dengan jeruk. Ibu menyusui membutuhkan banyak kalium karena dapat dengan mudah mendukung ASI karena produksi hormon oksitosin meningkat.

Jika buah pepaya dapat dikonsumsi secara normal selama menyusui, nutrisi yang dikandungnya masuk ke dalam ASI dan diminum oleh bayi. Buah pepaya tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi mereka juga dapat meringankan buang air besar dan sembelit bayi.

Jambu Air

buah Jambu Air pelancar asi
buah Jambu Air pelancar asi

Sumber vitamin C dan A, serta mineral seperti fosfor, zat besi dan kalsium. Kandungan zat besi dan vitamin A dalam jambu air dapat membantu menghasilkan ASI maksimal. Manfaat vitamin A juga untuk melindungi sistem imunitas pada bayi serta meningkatkan imunitas terhadap infeksi.

Selain itu kandungan kalsiumnya dapat meningkatkan fungsi saraf dan otot. Buah jambu air memiliki kandungan air yang cukup tinggi, mendinginkan dan memiliki rasa tenang saat dikonsumsi.

Alpukat

Buah alpukat pelancar asi
Buah alpukat pelancar asi

Jika Anda ingin mengkonsumsi alpukat saat sedang menyusui, Hal ini adalah pilihan yang tepat karena dapat menghasilkan energi untuk bayi Anda selama menyusui. Sumber asam amino dalam alpukat juga dapat membentuk protein dan karenanya mendukung pertumbuhan sel untuk diri mereka sendiri dan bayi selama menyusui.

Selama menyusui, tidak jarang ibu memiliki gejala umum seperti sering kelaparan karena meningkatnya kebutuhan kalori. Untuk mengatasi masalah ini, ibu menyusui dapat mengkonsumsi alpukat karena hampir 75% dari buah ini mengandung lemak yang dapat membantu menjaga perasaan kenyang saat bayi menyusui secara eksklusif.

Aprikot

buah Aprikot pelancar asi
buah Aprikot pelancar asi

Aprikot adalah jenis buah yang sudah cukup sulit ditemukan. Namun, buah ini menawarkan sejumlah manfaat bagi ibu menyusui. Buah ini mengandung senyawa fitoestrogenik yang memiliki fungsi mirip dengan hormon estrogen.

Aprikot bermanfaat tidak hanya untuk mempercepat produksi ASI, tetapi juga bagi Anda yang telah mengalami menopause. Buah ini juga mengandung kalium, kalsium, vitamin A dan D.

Blueberry

buah Blueberry pelancar asi
buah Blueberry pelancar asi

Blueberry adalah jenis turunan berry yang dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan sangat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Buah ini juga memiliki manfaat sebagai antibodi bagi ibu menyusui dan menjaga kualitas ASI yang masih baik dan cepat.

Melon

buah Melon pelancar asi
buah Melon pelancar asi

Melon juga dapat bermanfaat selama menyusui untuk membuat ASI lebih lancar. Buah melon dapat memasok tubuh dengan vitamin C dan karena itu cocok untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi untuk meminimalkan dehidrasi pada ibu menyusui.

Selain itu, melon dapat memberi makan tubuh dengan baik selama proses pemulihan setelah lahir. Buah ini juga dapat memberikan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Strawberry

buah Strawberry pelancar asi
buah Strawberry pelancar asi

Stroberi mengandung setidaknya 122 miligram vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Buah ini juga kaya akan mineral yang melembabkan tubuh saat menyusui. Hal ini karena Anda tidak hanya membutuhkan air kemasan, tetapi Anda juga membutuhkan makanan pendukung lainnya untuk melancarkan ASI seperti buah strawberry.

Pisang

buah pisang pelancar asi
buah pisang pelancar asi

Pisang dapat membantu menjaga kadar kalium tinggi saat menyusui. Kalium memainkan peran penting sebagai bagian dari sistem elektrolit tubuh.

Kalium sering disebut sebagai potasium yang tugasnya adalah mengontrol tekanan darah tinggi. Makan pisang selama kehamilan akan memengaruhi dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh Anda. Dalam satu hari, tubuh membutuhkan setidaknya 5.110 miligram kalium.

Demikianlah pembahasan tentang buah pelancar ASI semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya