Buah Tin : Kandungan Buah Tin dan Manfaat Buah Tin

Posted on

Buah Tin – Pernahkah Anda mencoba makan buah tin atau buah ara? Buah, yang disebut sebagai buah dari surga bukan buah yang umum di Indonesia, tetapi itu tidak berarti buah ara sulit ditemukan dan mendapat manfaat dari buah tin. Saat ini, banyak orang menanam buahtin karena rasanya yang enak dan menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Buah tin kaya akan nutrisi karena mengandung gula, vitamin dan mineral. Buah tin umumnya digunakan untuk produksi susu, sementara orang Arab sering merebusnya sebagai obat untuk kram menstruasi. Khasiat buah tin dihasilkan dari kandungan nutrisinya. Sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium ada didalam buah tin.

Manfaat-Buah-Tin
Manfaat Buah Tin

Kandungan Buah Tin

Buah tin atau ara dengan nama ilmiah Ficus carica ditanam di Asia barat. Buah tin juga disebut buah ara atau buah fig dalam bahasa Inggris. Buah tin sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan disebutkan dalam Al Qur’an. Dalam sebuah hadits, buah tin adalah salah satu buah yang diturunkan dari surga. Inilah yang menjadikan buah tin kelak sebagai buah surga.

Buah tin mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Dalam buah tin terkandung vitamin meliputi: Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K dan Vitamin B kompleks. Ada juga mineral seperti tembaga, kalium, besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc natrium dan selenium.

Buah tin juga mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid, yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Karotenoid dalam bentuk beta-karoten dan lutein dan zeaxanthin pada buah ara. Buah ara juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak.

Manfaat Buah Tin

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama buah tin adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah tin mengandung serat larut dalam bentuk pektin, yang memungkinkan buah tin untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida. Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah dapat menyebabkan pembentukan plak, yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

Menurunkan Tekanan Darah

Buah tin adalah sumber kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah, karena mereka cenderung mencegah efek berbahaya dari natrium. Seperti yang kita ketahui, kita selalu mengandalkan makanan olahan yang tinggi sodium atau yang biasa disebut dengan garam.

Oleh karena itu, sangat penting untuk secara teratur mengonsumsi makanan yang kaya kalium, seperti buah tin, karena ini dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Mengatasi Sembelit

Buah tin mengandung banyak serat. Konsentrasi serat tinggi ini meningkatkan fungsi usus yang sehat dan teratur serta mencegah sembelit.

Karena kandungan seratnya, manfaat buah tin dapat membantu pergerakan usus sehingga tidak hanya mencegah sembelit tetapi juga mengobati diare dan pergerakan usus yang tidak sehat atau tidak teratur.

Mengatasi Anemia

Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kekurangan darah dalam tubuh atau anemia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan multivitamin dalam buah tin dapat mendukung produksi sel darah merah, sehingga tingkat eritrosit meningkat.

Menjaga Kesehatan Tulang

Diyakini juga bahwa manfaat buah tin adalah makanan yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor pada buah tin Sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah keropos tulang.

Mengkonsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Ini dapat dicegah oleh konsumsi buah tin, karena kalium yang terkandung dalam buah ara dapat dicegah.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah tin yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Buah tin dapat mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyakit di mana seseorang menderita penglihatan berkurang. Khasiat buah tin didasarkan pada bahan-bahannya seperti vitamin A dan karoten.

Pengobatan Radang Tenggorokan dan Amandel

Sakit tenggorokan adalah kondisi yang tidak bisa diremehkan, karena sangat mengganggu dan juga menyebabkan gangguan makan. Buah tin yang diolah menjadi jus dapat menenangkan tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit di tenggorokan.

Selain itu, diyakini bahwa efektivitas buah ara dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan amandel.

Mengatasi Penyakit Pernapasan

Manfaat buah ara digunakan sebagai alternatif dalam pengobatan gejala asma. Masalah pernapasan lainnya seperti pilek dan batuk, serta bronkitis juga dapat diatasi dengan buah ara.

Buah ara juga bisa melembabkan selaput lendir saluran pernapasan sehingga lendir yang mengganggu kerja saluran pernapasan bisa lebih baik dihilangkan.

Mengatasi Insomnia

Tidur yang baik adalah salah satu kunci untuk tubuh yang sehat. Untuk mengatasi gangguan tidur, Anda dapat mencoba menambahkan buah tin ke dalam diet harian Anda. Buah tin mengandung asam amino dalam bentuk triptofan, yang dapat memicu produksi hormon melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Mengatasi Disfungsi Ereksi

Para pria perlu tahu tentang manfaat ini! Ternyata efektivitas buah tin dapat membantu mengatasi masalah seksual yang telah lama dipercaya.

Makan secara teratur untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi. Bahkan di beberapa negara, buah tin digunakan sebagai salah satu bahan obat terkuat karena dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Sumber Energi

Kandungan karbohidrat dan gula dalam buah tin dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Berkat dua bahan ini, manfaat makan buah tin sebelum beraktivitas dapat meningkatkan energi dalam tubuh Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan multivitamin dan mineral dalam buah tin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Antioksidan pada buah tin juga membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Karena itu, manfaat buah tin dapat membantu menjaga kesehatan Anda, termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai patogen tidak dapat menyerang dan menginfeksi tubuh.

Mencegah Kanker Usus

Konsumsi buah tin secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus. Serat dalam buah tin ini dapat membantu dengan cepat membuang limbah dalam tubuh, yang bagus untuk pencegahan kanker usus.

Jumlah biji dalam buah ini mengandung kadar musin yang tinggi yang dapat mengumpulkan dan menghilangkan limbah dan lendir di usus besar.

Mencegah Kanker Payudara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah tin mengandung banyak serat. Wanita yang mengkonsumsi lebih banyak serat pada masa remaja dan dewasa awal dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Diketahui bahwa ekstrak buah tin mengandung unsur-unsur yang dapat membantu mencegah kanker payudara setelah menopause.

Mengobati Diabetes

Selain buah yang bermanfaat, daun ara serat tinggi juga efektif untuk mengontrol kadar gula darah penderita diabetes. Daun tin mengurangi kebutuhan insulin penderita diabetes yang secara teratur perlu menyuntikkan insulin.

Eksim

Buah t mengandung vitamin, antioksidan dan mineral yang bagus untuk kulit. Konsumsi buah ini dapat mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo dan psoriasis.

Mengobati wasir

Khasiat buah tin kering dapat mengobati wasir. Buah ini melunakkan tinja, mengurangi tekanan pada dubur. Makan dua kali sehari dengan merendam tiga hingga empat buah tin dalam air. Anda juga bisa minum air rendaman buah tin. Biji Tin adalah bahan aktif yang dapat mencegah wasir.

Rendam buah tin selama sekitar 12 jam dalam segelas air sebelum makan. Makan sekali di pagi hari dan kemudian di malam hari.

Demikianlah pembahasan tentang buah tin semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya