10 Cara Budidaya Anggur Merah agar Cepat Berbuah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Anggur merah adalah varietas anggur yang digolongkan sebagai buah parennial atau tahunan dengan warna merah dominan. Anggur merah berupa tanaman perdu atau merambat yang telah ditemukan di Timur Tengah telah dibudidayakan sejak 4000 SM.

Anggur merah ini biasanya ditanam untuk dimanfaatkan sebagai buah segar atau dibuat menjadi minuman fermentasi yang disebut dengan wine, dikeringkan sebagai kismis atau selai dan jelly.

Budidaya-Anggur-Merah
Budidaya Anggur Merah

Anggur merah memiliki banyak kelebihan Misalnya, dapat menghambat penuaan, sumber antioksidan dan sumber kalium yang dapat mengontrol tekanan darah. Karena khasiat dan manfaat serta nilai penjualan anggur merah cukup tinggi, banyak orang melakukan budidaya anggur merah.

Cara Budidaya Anggur Merah

Syarat tumbuh

Anggur merah menyukai tanah subur, gembur dan kaya akan bahan organik dengan pH sekitar 6-7. Anggur merah dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 25-300 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 25-310 derajat Celcius dan curah hujan sekitar 800 mm / tahun dengan 3-4 bulan kering.

Persiapan Bibit

Bibit anggur merah dapat diperoleh dengan metode generatif dengan biji dan metode vegetatif dengan cara cangkok, stek cabang, stek mata, dan Penyambungan. Namun, yang paling efektif adalah benih yang berasal dari stek. Persyaratan untuk bibit stek anggur merah yang baik adalah:

  1. Cabang dengan diameter 1 cm dan panjang sekitar 25 cm, terdiri dari 2-3 ruas. Cabang-cabang ini berasal dari tanaman induk yang berumur lebih dari 1 tahun.
  2. Memiliki warna kulit coklat muda dan cerah dengan bagian bawah kulitnya berwarna hijau, berair dan bebas dari noda hitam.
  3. Memiliki tunas sehat yang tinggi dan terlihat kokoh dan tunas tidak sehat berukuran kecil dan atasannya tampak putih seperti kapuk.
  4. Bibit yang siap ditanam adalah setelah berumur 1,5 – 2 bulan, memiliki akar sekitar 5-10 cm, tumbuh sehat dan berkecambah dua.

Persiapan Lahan

Dimulai dengan membersihkan, meratakan dan menggemburkan tanah dari semak dan gulma menggunakan mesin bajak tanah (dalam budidaya skala besar) dan secara manual (cangkul) dalam skala kecil. Kemudian buat lubang tanam 60 x 60 x 50 cm atau 75 x 75 x 70 cm dengan jarak 3 x 3 m atau 5 x 4 m. Setelah 2-4 minggu sebelum tanam, tambahkan 5-7 kg pupuk / lubang tanam sebagai pupuk dasar pada awal pertumbuhan sebelum tanam.

Penanaman

Penanaman anggur merah terbaik selama musim kemarau, sekitar bulan Juni dan Juli. Pohon anggur adalah tanaman monokultur. Jarak tanam dapat diatur dalam pola: 3 x 3 m2, 4 x 4 m2, 3 x 5 m2, 3 x 4 m2, 4 x 5 m2, 4 x 5 m2, 3 x 5 m2 dan 4 x 6 m2.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Siramlah bibit dua kali sehari di awal penanaman. Setelah tanaman dewasa sirami setiap tiga hari. Mengenai pemotongan rutin, Penyiraman juga dapay disesuaikan. Satu bulan sebelum pemangkasan, penyiraman dihentikan.

Setelah pemangkasan, penyiraman dilakukan lagi seperti biasa. Berkenaan dengan panen, penyiraman juga harus disesuaikan. Penyiraman dihentikan lagi satu minggu sebelum panen dan dimulai kembali tiga hari sebelum panen.

Penyulaman

Lakukan sulaman pada anggur merah yang smati atau tumbuh tidak normal karena mereka dapat mengganggu tanaman lain yang telah tumbuh dengan baik.

Penyiangan

Jangan lupa selalu penyiangan atau pembersihan gulma. Penyiangan harus dilakukan dengan tangan, berhati-hati agar tidak mengenai anggur merah.

Pemupukan

Pemberian pupuk untuk anggur merah dilakukan sesuai aturan tertentu. Pada tahap awal setelah penanaman hingga tanaman berusia satu tahun terdiri dari tiga periode.

Pada tahap pertama, saat tanaman berumur 0 hingga 3 bulan, berikan 10 gram pupuk urea per pohon setiap 10 hari.

Tahap kedua, berusia 3-6 bulan, menghasilkan hingga 15 gram pupuk urea per pohon setiap 15 hari. Pada fase ketiga, usia 6 hingga 12 bulan, hingga 50 gram pupuk urea diberikan per pohon setiap 30 hari. Sejak usia 1 tahun, tanaman dianggap dewasa, sudah saatnya untuk melakukan perampasan dan pemangkasan.

Pada saat ini, tanaman harus diberi pupuk sesuai aturan berikut.

  1. Tambahkan pupuk kandang dengan dosis 5 kg per pohon 21 hari sebelum perampasan.
  2. Tambahkan 80 g pupuk TSP dan 100 g ZK per pohon 11 hari sebelum perampasan.
  3. Tambahkan pupuk urea hingga 100 g per pohon 7 hari sebelum perampasan.

Cara mpemberian pupuk adalah dengan membuat pengaturan melingkar di sekitar tanaman dengan diameter 10-25 cm dan kedalaman 5 cm. Tambahkan pupuk ke lubang dan tutup kembali dengan tanah dan air.

Pemanenan

Panen berlangsung pada usia 8-12 bulan. Setiap pohon anggur merah dapat dipanen 1-2 kali setahun. Untuk menghindari hama, terutama di musim hujan, bungkus buah dengan kertas semen atau kantong plastik transparan.

Setelah buah matang, potong dengan potongan di tangkai dan letakkan dengan hati-hati dalam wadah atau keranjang, agar tidak jatuh keluar dari tangkainya.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya anggur merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: