5 Cara Budidaya Bawang Merah dalam Polybag

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bawang merah adalah tanaman yang sering digunakan umbinya oleh masyarakat Indonesia. Bawang merah juga dikenal sebagai salah satu bahan utama memasak yang banyak digunakan oleh semua orang. Tetapi seringkali jenis bumbu yang satu ini gejolak harganya kadang meresahkan.

Untuk menghindari ini, Anda bisa menumbuhkan bawang Anda sendiri. Budidaya bawang merah tidak selalu harus di tanah, tetapi kita bisa menggunakan halaman atau pekarangan menggunakan polybag. Metode ini dapat digunakan oleh semua orang karena tidak memerlukan area yang luas.

Budidaya-Bawang-Merah-dalam-Polybag
Budidaya Bawang Merah dalam Polybag

Cara Budidaya Bawang Merah dalam Polybag

Menyiapkan Media Tanam

Langkah pertama yang perlu Anda persiapkan saat menanam bawang merah dalam polybag adalah persiapan media tanam. Tanah adalah hal pertama yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan pertumbuhan tanaman bawang merah. Anda dapat mencampur tanah, kompos atau pupuk kandang dan arang dalam perbandingan 1: 1: 1.

Setelah Anda mencampur media tanam, langkah selanjutnya adalah menerapkan pupuk SP-36 dengan dosis 3 gram per polybag. Jangan lupa tambahkan sedikit furadan seukuran sendok kecil. Anda bisa menggunakan ukuran 30 cm x 40 cm untuk ukuran polybag. Dengan menggunakan polybag yang tepat, bawang merah dapat tumbuh dengan baik.

Penanaman Bawang Merah

Anda dapat menanam bawang merah dengan polybag ketika semua yang Anda ingin gunakan sudah siap. Ketika polybag diisi dengan tanah, siapkan bawang merah untuk ditanam. Anda bisa menanam 3 umbi sekaligus dalam satu polibag.

Umbi yang Anda gunakan harus bawang merah yang telah tumbuh. Sehingga bawang merah akan tumbuh dengan baik nantinya. Aturlah polybag yang telah Anda tanam pada jarak yang wajar kira-kira 15 cm antara satu polybag dan polybag lainnya. Dengan cara ini tanaman dapat tumbuh dengan baik dan memiliki tempat yang tepat.

Pemupukan Tanaman

Pemupukan yang Anda lakukan saat ini disebut pemupukan ulang. Anda dapat menambahkan pupuk NPK ke setiap polybag dalam jumlah sekitar 1 gram per polybag. Pemupukan ulang ini harus dilakukan setiap minggu sampai tanaman bawang merah telah mencapai usia 6 minggu. Pupuk padat atau cair dapat digunakan untuk pemupukan tambahan saat menanam bawang merah.

Jika Anda menggunakan pupuk cair, semprotkan bawang merah setiap 15 hari setelah tanam dan 30 hari setelah tanam. Jika Anda menggunakan pupuk padat, pupuk tersebut dapat ditanam atau dibenamkan di media tanam bawang merah. Dosis pupuk tambahan harus sesuai dan tidak terlalu berlebihan sehingga tanaman bawang merah tidak mati atau rusak.

Pemeliharaan dan Perawatan

Menanam bawang merah berfungsi baik jika Anda menyimpan polybag di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Dengan sinar matahari, bawang dapat ditanam dengan baik dan optimal. Jangan lewatkan penyiramannya. Hal ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tanaman bawang merah Anda.

Penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari di pagi dan sore hari. Penyiraman yang Anda lakukan untuk menanam bawang merah dalam polybag mungkin tergantung pada cuaca saat itu. Jika cuaca panas selama musim kemarau, Anda harus menyiram dua kali sehari.

Namun, di musim hujan cukup melakukan penyiraman sehari sekali. Saat menyirami tanaman bawang merah pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air yang menciptakan genangan air dalam polybag dan dapat merusak tanaman bawang merah. Jika ada serangan hama Anda bisa menggunakan pestisida untuk memberantasnya.

Proses Panen

Setelah Anda melakukan semua metode untuk menanam bawang merah dengan baik dan benar, langkah terakhir adalah proses panen. Bawang merah ini tepat untuk dipanen sekitar 100 hari. Ciri-ciri bawang merah yang cocok untuk dipanen adalah tangkai daun yang menguning, runtuh dan rapuh. Karena akan dipanen Anda dapat segera menarik tanaman dan kemudian menyiapkan kembali calon umbi untuk ditanam. Jemur dan angin – anginkan bawang merah yang telah kalian panen untuk mematikan jamur dan mengurangi sedikit kadar air agar bawang merah tidak lekas busuk.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya bawang merah dalam polybag semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya