9 Cara Budidaya Buah Bit dan Cara Perawatannya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah Bit adalah jenis umbi yang termasuk dalam kelas Beta vulgaris dan milik subspesies Conditiva vulgaris. Bit memiliki warna merah-ungu dan biasanya digunakan sebagai campuran makanan dan warna makanan alami dan juga dapat digunakan sebagai produk obat. Tanaman ini berasal dari Swedia dan Inggris dan tumbuh dengan baik di dataran tinggi dengan udara dingin. Di Indonesia, kebun bit terletak di dataran tinggi Jawa Barat.

Buah bit ternyata tidak terlalu banyak peminatnya seperti kentang atau wortel, tetapi karena buah bit mengandung banyak fungsi akhirnya buah bit dicari tidak hanya untuk konsumsi tetapi juga untuk obat-obatan. Buah bit karena itu menawarkan kesempatan untuk masalah ekonomi yang menjanjikan.

Budidaya-Buah-Bit
Budidaya Buah Bit

Cara Budidaya Buah Bit

Pengolahan Lahan Tanam

Lahan tempat buah atau bit dibudidayakan harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu dengan membajak atau dicangkul untuk menggemburkan tanah. Pembajakan atau pencangkulan lahan budidaya sekitar 30 cm, bersamaan dengan pembajakan atau pencangkulan, lahan penanaman juga diberikan pupuk dengan ukuran setengah kilogram untuk 2 meter tanah. Biarkan tanah menjadi subur sebelum membuat alur atau bedengan untuk menanam buah atau tanaman bit dengan jarak antar alur sekitar 30 cm.

Pembibitan

Karena buah bit atau tanaman bit sulit berbunga di Indonesia, mereka harus membeli bibit dari luar negeri. Bibit buah bit atau tanaman bit dapat ditanam langsung di lahan penanaman dapat juga berupa stek atau cangkok. Namun, bibit atau biji buah bit atau tanaman bit harus disemai ditempat penyemaian terlebih dahulu.

Penanaman

Penanaman ada yang langsung menaburkan biji bibit langsung pada lahan tanam dan ada yang melakukan penyemaian pada lahan semai. Nah, bibit buah atau tanaman bit berumur sekitar 10 hari atau biji sudah menjadi bibit atau tanaman sudah mulai tumbuh dengan hati-hati di lahan penanaman karena akar di biji akan menghasilkan bakal buah.

Perawatan atau Pemeliharaan

Penjarangan

Penjarangan terjadi setelah usia tanaman bit sekitar 3 hingga 4 minggu. Tanaman yang layu atau mati akan digantikan oleh yang baru dan jika tanaman sudah memiliki dua hingga tiga tunas lakukan penjarangan segera.

Penyiangan

Ketika tanaman berumur sekitar 4 sampai 5 bulan lakukan penyiangan gulma atau tanaman pengganggu lainnya sudah mulai tumbuh di sekitar tanaman bit.

Pemupukan

Pupuk yang digunakan untuk menyuburkan tanaman bit termasuk DS, ZA dan ZK dalam dosis 1 kuintal ZA dan DS dan ZK masing-masing 50 kg per hektar lahan. Pemupukan berlangsung di kanan dan kiri pada jarak 5 cm dari batang.

Hama dan Penyakit

Hama yang sering menginfeksi tanaman bit adalah ulat bulu atau Agritis ypsilon. Hama dan penyakit ini dapat diatasi dengan menyemprotkan fungisida.

Panen Buah Bit

Setelah berhasil memanen buah bit, Anda dapat mulai memanen sekitar 8 minggu setelah tanam. Panen buah bit sangat mudah. berikut cara memanen buah bit:

  1. Perhatikanlah tanaman bit anda, bila bagian umbi atau akar sudah mulai sedikit muncul di permukaan tanah, maka anda sudah dapat memanennya.
  2. Lakukan pemanenan dengan cara mencabut tanaman secara perlahan.
  3. Selain mencabut, agar lebih mudah anda bisa menggunakan sekop ataupun garpu

Demikianlah pembahasan tentang budidaya buah bit semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: