10 Cara Budidaya Buah Bit dan Cara Perawatannya

Posted on

Budidaya Buah Bit – Buah Bit merupakan jenis umbi yang termasuk dalam keluarga beta vulgaris serta milik subspesies Conditiva vulgaris. Bit mempunyai warna merah-ungu dan biasanya digunakan sebagai campuran makanan dan warna makanan alami dan juga dapat digunakan sebagai produk obat. Tanaman bit sebenarnya berasal dari inggris dan swiss serta tumbuh dengan baik pada udara dingin di dataran tinggi. Kebun bit sendiri diindonesia berada di wilayah jawa barat.

Tanaman bit ternyata tidak terlalu banyak peminatnya seperti wortel atau kentang tetapi karena buah bit mengandung banyak fungsi akhirnya buah bit dicari bukan hanya untuk konsumsi tetapi juga untuk obat-obatan. Buah bit karena itu menawarkan kesempatan untuk masalah ekonomi yang menjanjikan.

Budidaya-Buah-Bit
Budidaya Buah Bit

Cara Budidaya Buah Bit

Pengolahan Lahan Tanam

Tempat buah atau bit dibudidayakan harus dilakukan pengolahan terlebih dahulu untuk menggemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak. Pencangkulan atau pembajakan pada lahan tanam sekitar 25 cm. bersamaan dengan pencangkulan atau pembajakan lahan tanam juga diberi pupuk kandang atau kompos sebagai pupuk dasar. Kemudian buatlah bedengan dan alur untuk tanaman bit dan berikan jarak sekitar 25 cm.

Pembibitan

Bibit biasanya didapat dengan memesan dari luar negeri karena untuk bibit sendiri susah tumbuh diindonesia. Bibit tanaman bit dapat ditanam langsung di lahan penanaman dapat juga berupa stek atau cangkok. Namun, Tanaman bit harus disemai ditempat penyemaian terlebih dahulu.

Penanaman

Proses penanaman bit biasanya menggunakan dua cara yaitu langsung dilakukan penanaman dan dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Dan ketika dilakukan penyemaian terlebih dahulu tanaman bit bisa dipindahkan pada lahan tanam ketika berumur 10 hari.

Perawatan atau Pemeliharaan

Penyiraman

Penyiraman diperlukan untuk pertumbuhan tanaman bit. Karena itu perhatikan tanaman bit, jika lahan tanam kering segera lakukan penyiraman namun jangan berlebihan.

Penjarangan

Penjarangan biasanya dilakukan ketika tanaman berumur 2 hingga 3 minggu. Jika tanaman sudah memiliki 3 sampai 4 tunas. Segera lakukan penjarangan dan tanaman yang layu atau mati segera diganti dengan tanaman baru.

Penyiangan

Ketika tanaman berumur sekitar 4 sampai 6 bulan lakukan penyiangan gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman. Gulma bisa merebut nutrisi didalam tanah.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan terhadap tanaman untuk menambah nutrisi didalam tanah. Pemupukan biasanya menggunakan pupuk ZA, DS, ZK. Gunakan sekitar 50 kg per hektar

Hama dan Penyakit

Tanaman bit rentan terhadap hama dan umumnya hama yang menyerang adalah ulat bulu. Hama dan penyakit ini dapat diatasi dengan menyemprotkan fungisida.

Panen Buah Bit

Setelah berhasil dalam menanam buah bit, Tanaman bit bisa dipanen sekitar 7 sampai 8 minggu sesudah ditanam. Panen buah bit cukup mudah. berikut cara memanen buah bit:

  1. Buah bit bisa dipanen ketika akar atau buah bit sedikit muncul kepermukaan tanah.
  2. Pemanenan dilakukan dengan mencabut tanaman bit perlahan.
  3. Selain itu, anda bisa menggunakan alat seperti cangkul atau skop untuk memanen agar memudahkan pekerjaan.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya buah bit semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya