8 Cara Budidaya Lidah Buaya Agar Cepat Besar

Posted on

Budidaya Lidah Buaya – Lidah Buaya merupakan tanaman dengan serat, batang berlendir dan bagian tepi daun berduri, dapat bertahan hidup di lokasi yang sangat kering; daun tebal, daun dan akar berserabut biasanya digunakan oleh wanita dan pria sebagai bahan kecantikan.

Lidah buaya adalah tanaman yang telah ada selama ribuan tahun dan yang dapat dengan mudah tumbuh di daerah kering Afrika dengan nama Latin “Aloe Vera”. Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat selain sebagai bahan kecantikan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Budidaya-Lidah-Buaya
Budidaya Lidah Buaya

Tidak hanya kaya akan manfaat tanaman lidah buaya juga mudah dibudidayakan dan memiliki konsumen yang terus meningkat. Kebutuhan akan lidah buaya memang sangat tinggi, itulah sebabnya banyak orang awam yang ingin tahu bagaimana menanam lidah buaya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Cara Budidaya Lidah Budidaya

Syarat Tumbuh

  1. Tumbuh lebih baik pada suhu rata-rata 28 hingga 32 derajat Celcius.
  2. Tentang ketinggian tempat itu tampaknya tidak ada ukuran yang pasti, karena tanaman ini dapat tumbuh di dataran hingga pegunungan.
  3. Struktur tanah dimaksimalkan secara alami ketika tumbuh di tanah yang kaya nutrisi dengan pH sekitar 5,5-6!

Menyiapkan Polybag

Media plastik polybag adalah hal pertama yang perlu Anda persiapkan untuk menanam tanaman apapun termasuk lidah buaya. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan ukuran polybag. Untuk menanam lidah buaya, Anda harus memilih ukuran sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Jika Anda memiliki taman atau halaman di rumah yang cukup besar, Anda bisa menanam lidah buaya dalam jumlah besar sekaligus. Dengan polybag sedang Anda dapat menanam lidah buaya secara efektif. Anda bisa menanam lidah buaya dalam jumlah banyak pada saat bersamaan. Ingatlah untuk meletakkan lubang drainase di bawah polybag sehingga lantai atau media tanam dapat “bernafas” dengan benar.

Menyiapkan Media Tanam

Cara selanjutnya menanam lidah buaya adalah menyiapkan media tanam. Setelah membuat lubang di polibag, Anda dapat memilih untuk menanamnya di tanah kering, campuran pasir dan pupuk kandang atau anda bisa menambahkan batu apung dan perlit untuk memperindah media tanam.

Setelah ditanam, lidah buaya akan segera memiliki banyak tunas yang panjangnya sekitar 10 inci. Jika pucuknya lebih dari 10 cm, segera pisahkan kedalam pot atau polibag yang berbeda.

Ingat, pilihlah pot yang lebar dan dalam karena tanaman lidah buaya memiliki banyak karakter berdaun banyak dan tunas yang panjang.

Proses Penanaman

Kemudian perhatikan tahapan atau cara menanam lidah buaya dengan benar. Pertama pilih benih lidah buaya atau bibit lidah buaya anakan yang berukuran kecil. Pilih bibit yang segar agar lidah buaya dapat tumbuh optimal.

Kedua, bibit tanaman lidah buaya dengan cara dimasukkan ke dalam media tanam. Teknik ini juga bisa digunakan untuk menanam lidah buaya tanpa akar. Berhati-hatilah untuk tidak menempelkan benih terlalu dalam di permukaan. Jika terlalu dalam, ditakutkan benih lidah buaya membusuk dan mudah roboh.

Proses Penyiraman

Tanaman lidah buaya tidak suka air dari luar. Lidah buaya memiliki daun berdaging yang kaya akan air. Hal itu berarti Anda tidak perlu menyirami air setiap hari. Siram secara teratur dan dengan takaran yang tidak terlalu banyak. Jika Anda memberi terlalu banyak air, tanaman ini pasti akan membusuk lebih cepat.

Penempatan Tanaman Lidah Buaya

Tempatkan tanaman lidah buaya di tempat teduh, tetapi biarkan mereka terkena sinar matahari langsung. Alasan tanaman lidah buaya membutuhkan naungan adalah untuk menjaga bentuknya tetap indah. Sedangkan harus terkena sinar matahari langsung sehingga dapat berfotosintesis dengan sempurna.

Penting untuk mengetahui bahwa lidah buaya adalah sejenis tanaman yang dapat ditempatkan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Caranya, jika Anda ingin menyimpan lidah buaya di dalam ruangan, cobalah untuk menempatkannya waktu di luar dari sore hingga malam. Di malam hari Anda bisa mengembalikannya sebagai tanaman hias ke dalam rumah.

Perawatan Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya yang baik dan benar tidak pernah luputdari teknik perawatan. Saat merawat tanaman lidah buaya dalam polybag, Anda harus memperhatikan sistem pupuk. Beri pupuk NPK atau pupuk organik secukupnya. Sekali setiap dua minggu, berikan dengan dosis 2 gram per polybag. Dengan demikian, tanaman lidah buaya tumbuh sehat dan hasilnya maksimal.

Proses Panen

Jika lidah buaya berumur kurang lebih 7 bulan, Anda bisa bahagia karena Anda bisa mulai memanen hasilnya. Waktu panen lidah buaya biasanya di bulan ke-7. Anda bisa memetik daunnya dengan pisau. Cobalah daun luar agar tanaman lidah buaya tetap terlihat bagus.

Daging lidah buaya yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan, misalnya Untuk nutrisi rambut, untuk diproses menjadi obat-obatan alternatif atau untuk diproses menjadi berbagai jenis perawatan kulit. Manfaat bagi tubuh termasuk menjaga daya tahan tubuh, meremajakan kulit dan meningkatkan sistem pencernaan.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya lidah buaya semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: