9 Cara Budidaya Lombok agar Hasil Melimpah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Siapa yang tidak kenal Lombok? Mayoritas masyarakat di Indonesia tentu mengenal Lombok. Lombok populer di Indonesia, dan kebanyakan bumbu untuk masakan indonesia dilengkapi dengan Lombok.

Lombok ada di mana-mana terutama di pasar tradisional. Di Indonesia, setiap warung selalu melengkapi hidangan dengan berbahan lombok. karena itu permintaan lombok dipasaran selalu tinggi.

Budidaya-Lombok
Budidaya Lombok

Budidaya tanaman lombok sebenarnya tidak rumit pada masa sekarang ada banyak petani yang bisa menyilangkan tanaman lombok untuk mendapatkan jenis lombok yang sesuai dengan kebutuhan zaman modern ini.

Cara Budidaya Lombok

Syarat Tumbuh

Hal Ini agar tanaman yang Anda tanam memenuhi semua kebutuhan mereka untuk pertumbuhan sebagai sumber makanan, sehingga proses fotosintesis optimal dan mereka dapat menghasilkan buah dengan kualitas terbaik. Berikut adalah langkah-langkah untuk memilih lokasi penanaman lombok:

  1. Saat memilih tempat cabai ditanam Anda harus memilih tempat atau area setinggi 300 hingga 2000 meter.
  2. Untuk suhu, lokasi atau area harus memiliki suhu di kisaran 25 hingga 27 derajat Celcius.
  3. Berikutnya kelembaban tanah, budidaya lombok dapat dilakukan di lokasi atau daerah dengan kelembaban standar 70%.
  4. Untuk budidaya lombok juga dibutuhkan kadar keasaman yang cukup. Keasaman tanah yang cocok untuk penanaman mencapai pH 5 hingga 7.
  5. Selain itu cari tempat-tempat di mana ada cukup nutrisi untuk fotosintesis optimal atau memasak makanan.

Pengolahan Lahan Tanam

Pada tahap selanjutnya adalah pengolahan lahan tanam. Pada tahap ini agak sedikit lebih sulit daripada sebelumnya karena Anda akan langsungterjun ke lapangan dan memperhatikan teori-teori yang kami sediakan.

Sebelum memasuki tahap pengelolaan lahan, Anda perlu menyiapkan beberapa alat pertanian dalam bentuk cangkul, sabit, dan pupuk kandang. Setelah alat dan bahan telah siap Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk pengolahan tanah:

  1. Bersihkan lahan tanam dengan membersihkan rumput atau hama lainnya dengan sabit atau alat lainnya.
  2. Untuk tanah dengan tingkat keasaman tidak mencapai 5-7 atau lebih, tanah diberi kapur pertanian agar pH stabil dan dibiarkan selama 8-9 hari.
  3. Tetapi jika tanah sudah cukup asam dapat langsung diberikan pupuk kami merekomendasikan penggunaan pupuk organik dalam bentuk pupuk kandang. Dosis yang baik untuk tanaman Lombok adalah 3: 1, 3 untuk tanah dan 1 untuk pupuk kandang.
  4. Setelah melakukan pemupukan Anda dapat langsung membuat bedengan dengan lebar 140 cm, tinggi 40 cm dan jarak antara bedengan 50 cm. Selain itu, tanah harus digemburkan terlebih dahulu agar akar tanaman Lombok tumbuh lebih mudah dan pupuknya dapat tercampur dengan lebih baik.
  5. Langkah selanjutnya adalah pembuatan drainase agar tanah tidak dibanjiri air di musim hujan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman Lombok.
  6. Terakhir, buat lubang pada bedengan tempat Anda menanam benih Lombok dan biarkan selama 1 minggu atau sampai pemilihan dan penyemaian bibit selesai.

Pemilihan Benih Lombok

Pemilihan bibit unggu sangat penting untuk keberhasilan budidaya lombok, kita tahu bahwa lombok unggul dapat dijual dengan harga lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, tingkat keberhasilan Lombok tumbuh lebih tinggi karena benih secara alami memiliki umur simpan lebih lama dan fase pertumbuhan lebih cepat.

Ciri-ciri Indukan Lombok Unggulan:

  1. Tanaman / batang terlihat kokoh dan kuat
  2. Menghasilkan buah lombok yang lebat
  3. Tidak ada hama atau penyakit dan tanaman tidak cacat
  4. Tanaman memiliki daun tebal dan tidak keriting

Proses Penyemaian

Tujuan penyemaian adalah agar tingkat keberhasilan budidaya Lombok tinggi. Selain itu, proses penyemaian dilakukan dengan cara yang memungkinkan pembudidaya untuk mengontrol Lombok lebih mudah yang membutuhkan perawatan ekstra dan menjaga pasokan nutrisi.

Dalam proses penyemaian, ada dua metode: penyemaian dengan polybag atau penyemaian tanpa polybag. Itu tergantung pada metode mana yang ingin Anda gunakan. Kami menjelaskan hal berikut:

Dengan Polybag

  1. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan polybag tentu saja Anda harus menggunakan polybag berukuran sedang, tanah humus dan pupuk kandang kering.
  2. Buat media semai dari bahan yang disiapkan sebelumnya, yaitu tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 3: 1
  3. Setelah itu letakkan di dalam polybag sedang hingga setengah lebih tetapi jangan sampai penuh.
  4. Sebelum bibit ditanam sebaiknya terlebih dahulu diremdam dengan air hangat kuku selama 3 hingga 4 menit.
  5. Setelah direndam, benih baru dapat ditanam dalam polybag yang diisi dengan media bibit dan disiram dengan air secukupnya.
  6. Benih lombok akan tumbuh sekitar 1 minggu.

Tanpa Menggunakan Polybag

  1. Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan polybag Anda bisa menggunakan bedengan kecil sebagai wadah penyemaian.
  2. Bahan yang digunakan untuk media pembibitan hampir sama dengan di atas
  3. Seperti dijelaskan di atas, calon bibit lombok harus direndam dalam air hangat selama 3 hingga 4 menit sebelum menanam benih
  4. Kemudian tanaman ditanam pada bedengan dengan cara ditaburkan dan kemudian disiram dengan air secukupnya
  5. lombok akan tumbuh tunas selama 1 minggu atau kurang tergantung pada spesies Lombok yang dibudidayakan.

Proses Penanaman Lombok

Cara menanam Lombok bisa dilakukan setelah lahan dan benih sudah diolah sekitar 1 minggu. Benih lombok yang siap tanam memiliki ketinggian 7 hingga 10 cm dan daun dengan hingga 3 helai.

Lebih baik menanam lombok di pagi hari atau sore hari agar benih tidak cepat layu. Kali ini Anda hanya perlu melepas polybag atau mengeluarkannya dari bedengan dan meletakkannya di lubang yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian lakukan penyiraman dengan air yang cukup.

Proses Perawatan

Cara menanam lombok tidak selesai sampi tanam penanaman, kita ketahui kuliatas lombok dapat dijaga bila semua kebutuhan tanaman lombok tercukupi baik dari segi nutrisi maupun dari segi asupan air yang memadai. Untuk memelihara tanaman cabai yang bisa Anda lakukan:

  1. Lakukan pembersihan tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan lombok di area tumbuh
  2. Anda juga harus memangkas batang tunas lombok dan meninggalkan 3 batang untuk menghasilkan buah lombok utama.
  3. Berikan pupuk susulan menggunakan pupuk 3: 1 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Ketika cabai memasuki fase pembuahan tingkat pemupukan sangat penting bagi tanaman lombok untuk menerima rangsangan maksimum.
  4. Lakukan penyiraman pada area sensitif karena menyiramkan air bersih dapat membantu melarutkan unsur organik dalam tanah.

Proses Panen

Tahap terakhir untuk menanam cabai adalah memanen. Panen dapat dilakukan setelah tanaman lombok berumur 80 hari, dihitung dari periode tanam pertama. Saat panen, langkah-langkah berikut harus diambil untuk menjaga kualitas lombok yang telah Anda tanam:

  1. Proses panen lombok harus disertai dengan tangkai
  2. Jika ada buah lombok busuk atau rusak, mereka harus dipetik segera sehingga tidak menyebar ke buah lain.
  3. Panen dilakukan di pagi atau sore hari, karena panen yang dilakukan di siang hari dapat mengurangi berat lombok dan dengan cepat akan layu.
  4. Cara yang tepat untuk memanen lombok adalah memutarnya searah jarum jam bukan menariknya.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya lombok semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: