9 Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma agar Cepat Berbunga

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Wijaya kusuma adalah bunga yang lebih dikenal sebagai bunga ratu malam. Bunga ini dikarenakan beraktivitas hanya satu waktu yaitu pada malam hari. Berbeda dengan bunga pada umumnya, yang lebih banyak beraktivitas dari pagi hingga sore dan dapat menikmati keindahan bunga di pagi hari. Berbeda dengan bunga Wijayakusuma ini yang hanya bisa dinikmati jika bunga mekar hanya di malam hari.

Bunga Wijaya kusuma memiliki ciri khas bunga yang sangat besar berwarna putih seperti gading dan terlihat tanaman eksotis. Tanaman ini masih berkerabat dengan kaktus yang mempunyai daun berwarna hijau berbentuk pipih dan pada bagian sekitar daun terdapat lekukaan-lekukan kecil serta keras. Karena keunikannya, banyak orang tertarik untuk menanam atau bahkan membudidayakan bunga Wijayakusuma.

Cara-Menanam-Bunga-Wijaya-Kusuma
Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Bibit Tanaman Wijayakusuma

Dalam pembibitan, tanaman Wijayakusuma pertama adalah proses pemisahan. Pemisahan ini berarti pemisahan antara rumput akar dan rumput benih. Ini dapat dilakukan dengan memisahkan bibit dari tanaman induk dan dengan memilih induk yang dapat digunakan untuk pembibitan. Anda dapat memilih indukan yang baik dengan memperhatikan kelebatan tanaman yang Anda tanam dan postur dari tanaman harus baik.

Persiapan Media Tanam

Setelah menyelesaikan proses pembibitan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Untuk media tanam, Anda perlu menyiapkan tanah dan tempat seperti pot atau polybag atau tanah tanaman. Untuk menghasilkan tanaman berkualitas tinggi yang dapat berkembang secara optimal, Anda perlu menyiapkan media tanam dalam bentuk tanah, pupuk organik, humus dan pasir dalam perbandingan 3: 1: 1: 2, yang telah Anda campur dan aduk sampai mereka tercampur.

Jika akan dilakukan penanaman di dalam pot, anda dapat memakai media tanam pasir, lumut sphagnum, dan batang paku tiang.

Langkah Penanaman

Karena tanaman ini masih digolongkan sebagai tanaman kaktus, Anda harus mengikuti langkah-langkah penanaman. Agar bunga Wijayakusuma dapat tumbuh subur, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masukkan bibit bunga wijayakusuma ke dalam media tanam, kemudian tutup kembali bibit tersebut dengan tanah yang ada disekitarnya.
  • Masukkan bibit sedalam 5 cm.
  • Setelah melakukan penanaman, jangan lupa lakukan penyiraman dengan air jernih. Sehingga bibit bunga Wijayakusuma dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Menyiram bunga Wijaya Kusuma dapat dilakukan seminggu sekali karena bunga Wijaya Kusuma termasuk keluarga kaktus yang tahan panas dan kekeringan.

Penggantian pot

Lakukan pergantian pada pot setiap 6 bulan sehingga pertumbuhan bunga lebih optimal. Pergantian pot ini agar akar tanaman mendapat ruang untuk bergerak mengikuti tanaman yang terus tumbuh.

Pemupukan

Setelah satu bulan tanam, lakukan pemupukan ulang pada bunga wijaya kusuma. Saat pemupukan, berikan pupuk NPK digunakan dalam dosis yang disarankan.

Penyiangan

Lakukan Penyiangan secara teratur untuk mencegah gulma tumbuh di tanaman pot. Jika gulma dibiarkan tumbuh maka dapat merebut nutrisi dalam tanah.

Perawatan Lain

Perawatan lain yang dapat dilakukan termasuk pemberian fungisida dan insektisida secara teratur dan memotong bagian-bagian tanaman yang sakit.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga wijaya kusuma semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya