Cara Budidaya Nangka Agar Cepat Berbuah (BUKTIKAN !)

Posted on

Cara Budidaya Nangka – Anda tentu sudah sangat familiar bukan dengan buah nangka? buah nangka mempunyai begitu banyak manfaat seperti nangka muda yang dijadikan sayur untuk makan sedang yang sudah tua dapat langsung dimakan dengan rasa buah yang manis.

buah ini begitu populer bagi masyarakat indonesia, bentuk buah nya yang besar menyerupai buah durian namun dengan duri yang lebih kecil, selain dapat dimakan secara langsung buah nangka ini juga diolah menjadi jajanan khas daerah seperti dodol nangka dan kolak nangka.

Hampir semua tanaman buah nangka ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, buah nangkayang masih muda dapat dijadikan sebagai makanan sayuran, buah yang matang juga dapat langsung dimakan, biji nya dapat diolah menjadi tepung dan digunakan sebagai campuran makanan, daun nangka dapat dijadikan makanan ternak dan batang pohon nya dapat dijadikan untuk meubel seperti pintu lemari, kusen jendela dll.

Dengan banyak nya keuntungan yang kita dapat dari tanaman buah nangka ini, banyak dari masyarakat indonesia yang mulai membudidayakan tanaman nangka ini, apabila anda ingin membudidayakan tanaman nangka ini sebaiknya anda mengetahui tatacara budidaya tanaman nangka yang baik dan benar.

Dengan budidaya tanaman nangka secara benar maka buah nangka akan cepat berbuah lebat serta memiliki rasa yang manis. dalam membudidayakan tanaman nangka agar cepat berbuah meliputi penyiapan lahan, pemilihan bibit yang baik, menanam bibit, perawatan dan pemeliharaan bibit dan masa panen.

Buah-Nangka
Gambar Buah Nangka

Berikut adalah cara budidaya nangka agar cepat berbuah

Tanaman nangka dapat tumbuh baik di ketinggian 0 – 800 meter diatas permukaan laut, tetapi buah nangka dapat juga tumbuh pada ketinggian hingga 1500 meter diatas permukaan laut, tanaman nangka juga dapat tumbuh pada suhu antara 15 – 25 derajat celcius dengan maksimum suhu mencapai 35 derajat celcius, tanaman nangka cocok ditanam pada daerah yang memiliki iklim dengan curah hujan yang tinggi dan kurang baik ditanam pada daerah yang terlalu kering, tanamlah buah nangka pada tempat yang terkena sinar matahari langsung karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis.

1. Persiapan Lahan

Tanaman nangka menyenangi tanah liat berpasir yang dalam dan mempunyai sistem irigasi yang baik, tanaman buah nangka juga dapat tumbuh pada tanah yang tandus dan subur dengan keasaman tanah, nangka juga dapat berbuah pada tanah gambut, sebaik nya ditanam pada tanah dengan keasaman ph 6-7, tanaman nangka perlu ditanam agak dalam sekitar 1-2 meter karena pengakaran tanaman ini yang dalam. berikut hal hal yang perlu di perhatikan dalam menyiapkan media tanam.

  1. Buatlah bedengan, bedengan biasanya dibuat ukuran 5 x 1 m dan 10 x 1 m
  2. Lahan yang baik untuk tanaman nangka ini yaitu memiliki keasaman ph 6-7, untuk itu diperlukan tambahan berupa pengapuran untuk membantu proses pengapuran yang sesuai
  3. Tambah kan pula pupuk kandang agar tanaman nangka dapat tumbuh baik, satu lubang isilah dengan pupuk kandang sebesar 20 kg
  4. Cabut lah gulma dan sisa tanaman yang berada di sekitar lahan

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit yang unggul juga menjadi salah satu faktor yang begitu penting dalam perkembangan dan hasil panen tanaman ini untuk itu perhatikan hal hal berikut.

  1. Bibit nangka sebaiknya berasal dari varietas unggul
  2. Bibit unggul ini memiliki ciri produktifitas yang tinggi, berbuah lebat dan tahan terhadap penyakit
  3. Bibit harus yang sehat, hal ini dapat dilihat dari batang nya yang kokoh serta batang yang tumbuh tegak serta daunnya yang hijau.
  4. Bibit sebaiknya didapat dari hasil cangkok dan stek karena jenis ini dapat berbuah dengan cepat

3. Teknik Penanaman

Tata cara penanaman yang baik juga harus diperhatikan seperti jarak tanam antar pohon, cara pembuatan lubang serta cara menanam agar tanaman nangka dapat tumbuh maksimal dan meminimalisir kematian. berikut hal hal yang perlu di perhatikan.

  1. Tanam lah bibit nangka dengan jarak 8 – 15 m, pada saat penggalian tanah, tanah bagian atas diberi pupuk kandang sebesar 20kg perlubang, biarkan tahan lobang selama 1- 2 minggu agar dapat terkena sinar matahari langsung, agar mendapat keasaman tanah yang diinginkan tambahkan kapur pertanian sebanyak 0,5 kg perlubang dan biarkan selama 2-3 minggu.
  2. Lakukan penanaman pada pagi atau sore hari pada permulaan musim penghujan
  3. pemberian lubang pada mulsa itu dilakukan jika tanaman nangka ditanam pada musim kemarau karena dapat menjaga kelembaban bibit, tetapi jika ditanam pada musim hujan tidak perlu diberi mulsa karena hanya akan mendatangkan jamur.

4. Pemeliharan dan Perawatan

  1. Penyulaman tanaman mati dilakukan pada awal masa tanam
  2. penyiangan dilakukan untuk membersikan tanaman dari serangan gulma dan tanaman pengganggu lainnya, penyiangan dapat dilakukan secara manual maupun dengan menyemrot dengan bahan kimia, penyiangan harus dilakukan secara rutin agar tanaman nangka tumbuh secara maksimal
  3. Pemberian pupuk dilakukan secara rutin yaitu seminggu penanaman,  6 bulan, 12 bulan, 18 bulan dan pada umur 24 bulan. untuk merangsang pertumbuhan agar cepat berbuah maka tambahkan pupuk kandang pada usia tanaman 17.
  4. Tanaman nangka mempunyai akar yang dalam oleh karena itu lahan harus mempunyai sistem drainase yang baik dan juga pengairan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas nya, berilah air secara rutin pada 2 tahun pertama tumbuh.

5. Tahap Pemanenan

Bibit buah nangka akan menghasilkan buah pada tahun ke 3 dan ke 4, pemanenan dapat dilakukan jika buah sudah masak ditandai dengan bau harum dan duri yang mulai membesar. berikut ketentuan dalam pemanenan.

  1. Buah yang matang akan berbungi nyaring jika dipukul
  2. Warna kulit dari buah nangka yang berubah dari warna hijau pucat menjadi kecoklatan
  3. Buah nya sudah mengeluarkan bau wangi yang khas
  4. Durinya sudah mulai lunak
  5. Kulit buah sudah terlihat seperti pecah

Demikianlah pembahasan tentang cara budidaya nangka agar cepat berbuah, untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman nangka dengan waktu yang singkat sekarang sudah ada yang membudidayakannya dalam pot atau polybag sehingga berbuah lebih cepat, semoga bermanfaat untuk anda.

Baca Artikel Lainnya :

Cara Menanam Buah Semangka Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Tanaman Jarak yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Timun Suri (99% Terbukti Berhasil)

Related posts: