6 Cara Budidaya Pepaya California Cepat Berbuah

Posted on

Budidaya Pepaya California – Pepaya California adalah sejenis buah tropis yang sedang booming dan populer. Ukurannya tidak terlalu besar, dengan warna daging buah yang menarik dan rasa manis yang membuat buah ini begitu populer di masyarakat.

Tanaman pepaya california (Carica papaya L) adalah tanaman dari Meksiko selatan dan Nilaragua. Kemudian mereka mulai dibudidayakan dan disebarkan ke negara-negara tropis, termasuk Indonesia. Tanaman pepaya sendiri cukup mudah tumbuh, terutama mengingat sebagian besar Indonesia memiliki tanah berpasir yang subur dengan sinar matahari yang cukup.

Budidaya-Pepaya-California
Budidaya Pepaya California

Untuk melihat sejauh mana potensi pasar dan kemungkinan budidaya masih terbuka. Tentu saja, menanam pepaya California bisa menjadi pilihan bisnis alternatif bagi Anda yang memiliki lahan luas tetapi tidak menggunakannya.

Dari pada lahan tidak terpakai lebih baik digunakan untuk menanam pepaya California untuk mendapatkan keuntungan. Tentu saja, penanaman pepaya tidak hanya membutuhkan modal, tetapi juga pengetahuan dan keahlian yang memenuhi syarat untuk sukses.

Berikut Adalah Budidaya Pepaya California

Syarat Tumbuh

Ketika menanam pepaya California, persyaratan pertumbuhan harus diketahui terlebih dahulu untuk mendukung pertumbuhan tanaman sambil menghasilkan buah yang sehat dan berkualitas tinggi.

Pepaya California sangat cocok jika ditanam di daerah dataran rendah atau dataran tinggi 700 m di atas permukaan laut. Kemudian kondisi tanahnya subur dan tanahnya agak berpasir. Selain itu, suhu harus diperhitungkan karena suhu memiliki dampak besar pada pertumbuhan tanaman.

Untuk pepaya California ini, suhu yang sesuai untuk pertumbuhannya adalah 25 hingga 30 derajat Celcius, dengan curah hujan mencapai 1.000 hingga 2.000 mm per tahun.

Dan untuk kelembapannya, tanaman pepaya California cocok untuk kelembaban sekitar 40% dan pH tanah mencapai 6 hingga 7.

Pembibitan dan Penyemaian

Langkah yang perlu Anda lakukan dalam budidaya pepaya california adalah pembibitan atau penyemaian karena Anda bisa mendapatkan benih dari biji pepaya California yang telah disemai. Pilih biji dari buah pepaya California yang sehat dan masak sendiri di pohon. Dan untuk langkah penyemaian, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Setelah mendapatkan biji pepaya California yang baik digunakan untuk bibit, letakkan di dalam air kurang lebih semalaman. Hari berikutnya ambil biji pepaya yang tenggelam, sebagai benih dan buang bijinya yang mengambang.
  2. Selanjutnya, benih yang dipilih diperam dengan koran atau dapat menggunakan kain basah selama sekitar 1 minggu. Pemeliharaannya, Anda cukup menjaga kelembaban kain atau koran yang Anda gunakan.
  3. Selanjutnya, benih yang telah disemaikan siap ditanam setelah satu minggu.
  4. Siapkan beberapa polybag dengan jumlah yang diperlukan, lalu tuangkan dalam tanah halus yang dicampur dengan kompos dengan perbandingan 2: 1.
  5. Tempatkan benih di tanah dan tutupi dengan tanah tipis. siram dengan air secukupnya.
  6. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.
  7. Secara umum, bibit dapat ditanam saat berumur 1 hingga 1,5 bulan setelah disemai.

Pengolahan Lahan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan yang digunakan untuk penanaman. Caranya:

  1. Jika tanah gembur, tanah bisa dicangkul/dibajak dan dibalikkan untuk menetralkan unsur haranya.
  2. Bersihkan tanah dari gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanah sehingga mereka tidak akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman nanti.
  3. Buat bedengan untuk ditanam dalam jumlah besar. bedengan ini juga diperlukan untuk pertukaran air, sehingga tidak ada air di sekitar media tanaman. Ini memang sangat penting untuk dicatat, karena banjir dapat merusak batang tanaman.
  4. Kemudian buat lubang tanam sekitar 50 cm dengan jarak sekitar 2,5 mx 2,5 m di antara lubang.
  5. Kemudian lubang diisi kembali dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos, namun tidak sampai menutup lubang.
  6. Selanjutnya, lubang bisa dialiri dengan air bersih yang cukup.
  7. Setelah itu Anda hanya bisa membuat satu lubang lagi dengan panjang 40 hingga 50 cm. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti cara setelah membuat lubang yang disebutkan di atas.

Proses Penanaman

Bibit yang mau dipindahkan memiliki kriteria sehat dan kuat. Setidaknya 4-5 helaidaun. Tinggi bibit telah mencapai 20-30 cm. Kemudian Anda dapat memindahkan bibit dengan cara berikut:

  1. Pilih benih yang sehat, kuat dan kokoh kemudian bawa ke lahan penanaman.
  2. Lebih baik menanam di pagi atau sore hari agar benihnya lebih mudah beradaptasi.
  3. Buka kantong polibag dengan hati-hati dan jangan sampai merusak akarnya.
  4. Kemudian tanam bibit dalam media tanaman sampai akarnya tertutup di bawah permukaan tanah.
  5. Kemudian siram tanaman, tetapi jangan sampai airnya menggenang.
  6. Setelah 3-4 hari, tanaman mulai beradaptasi dengan baik dan menunjukkan pertumbuhan.
  7. Jika tanaman tampak mati, mereka harus segera di sulam dan menggantinya dengan yang baru sehingga mereka dapat tumbuh Secara bersamaan.

Perawatan dan Pemeliharaan

Agar tanaman mencapai panen optimal, pepaya california harus dirawat dan dipelihara. Karena dengan perawatan yang baik tanaman pepaya california dapat menghasilkan buah yang lebat dan juga berkualitas. Beberapa cara pemeliharaan dan perawatan yang harus dilakukan meliputi:

Penyiraman

Pengairan terjadi dengan menyiramkan ke tanaman. intensitas penyiraman dapat diatur 2 kali sehari. Pilih waktu di pagi dan sore hari, ketika cuaca tidak terlalu panas. terutama pada awal periode tanam, karena saat ini akar tanaman tidak mengikat tanah dengan kuat. Kekeringan ini secara langsung dapat menyebabkan tanaman mengering dan mati.

Pemupukan

Pemupukan merupakan hal penting untuk menambahkan unsur hara ke tanah agar tanaman dapat menyerap dengan maksimal. Sebab unsur hara di tanah akan selalu berkurang terutama seiring dengan semakin lama tumbuhnya  maka tentu unsur hara juga akan semakin membutuhkan banyaknya unsur hara. Oleh sebab itu, anda harus menambahkan unsur jara dengan melakukan pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau juga pupuk kimia sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Penjarangan buah

Penjarangabuah adalah salah satu langkah penting bagi tanaman untuk menghasilkan buah yang berkualitas. Jumlah buah untuk setiap pohon harus dibatasi. Karena jika tidak terbatas, kualitas buahnya tentu saja rendah dan juga dapat menurunkan nilai penjualan. Di atas semua itu, jika ingin dijual ke pasar modern, tentu saja, standar kualitas ukuran buah harus dipatuhi. Biasanya di pohon idealnya 15-20 buah.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada tunas-tunas atau dahan-dahan yang mengganggu agar pertumbuhan tanaman bisa lebih optimal.

Proses Pemanenan

Panen adalah tahap terakhir dari proses penanaman. Panen bisa 8 hingga 9 bulan setelah panen, atau berdasarkan buah maksimum.

Buah-buahan dapat dipetik langsung dari tangkai dan kemudian ditempatkan di tempat yang dingin.

Setelah itu bisa dibawa langsung ke pasar. Pertama, buah harus dibersihkan dan diperiksa kualitasnya untuk memastikan layak atau tidak dijual di pasaran.

Demikianlah Pembahasan tentang budidaya pepaya california semoga dapat bermanfat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: