9 Cara Budidaya Pisang Raja Lengkap Sampai Panen

Posted on

Budidaya Pisang Raja – Bagaimana cara budidaya pisang raja untuk menghasilkan buah yang lebat? Pisang Raja disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa yang lebih manis dengan tekstur yang lebih lembut. Selain dimakan begitu saja, pisang raja sering digunakan sebagai jus dan selai. Jadi jangan heran jika harga pisang raja umumnya cukup tinggi dibandingkan dengan harga pisang lainnya.

Budidaya-Pisang-Raja
Budidaya Pisang Raja

Menanam pohon pisang raja tidak terlalu sulit. Tanaman ini tumbuh dengan baik di tanah di mana kondisinya agak liat, sehingga dapat menyimpan air tanah dengan baik. Cobalah menyediakan tanah dengan bahan organik yang cukup untuk mendukung pertumbuhan pohon pisang raja. Oleh karena itu, tanah harus diberikan pupuk dasar sebelum proses penanaman.

Cara Budidaya Pisang Raja

Persiapan Bibit

Tahap pembibitan adalah hal dasar bagi keberhasilan pertumbuhan pisang raja. Pembibitan pohon pisang raja biasanya dilakukan secara vegetatif, yaitu dengan tunas. Kriteria pemilihan bibit pisang yang ideal adalah:

  1. Tinggi tunas untuk bibit berkisar dari 100 hingga 150 cm
  2. Diameter umbi tunas antara 15-20 cm
  3. Tunasnya berbentuk seperti daun berhelai sempit

Persiapan Lahan Tanam

Tentukan Lokasi Yang Baik

Pisang raja membutuhkan cahaya yang baik untuk fotosintesis. Karena itu, pastikan tidak ada pohon yang menaungi lahan disekitar pisang yang Anda persiapkan. Jika ada pohon yang menaunginya Anda bisa mengurangi ranting dan cabang sehingga cahaya bisa menembus.

Atur Jarak Tanam Yang Baik

Jarak tanam pada lahan pisang raja yang baik adalah sekitar 2,5 – 3 meter

Buat Saluran Irigasi Yang Baik

Di antara dua pohon pada lahan pisang raja harus dibuat parit kecil untuk irigasi dan pengontrol air saat hujan. Jika memungkinkan, Anda dapat membuat parit sedalam 30 cm di arah melintang dan membujur di lahan Anda. Jika perlu dua baris kolam ikan dibuat. Selain berfungsi sebagai parit, memelihara kebutuhan air tanaman juga menghasilkan pendapatan dari ikan mas yang dibudidayakan dengan sistem tumpang sari pisang-Gurame.

Gunakan Pupuk Dasar Yang Sesuai

Pupuk Dasar dapat menggunakan Kompos Trichoderma pada ladang pisang raja Anda. Gali lubang taman berukuran panjang 50 cm, lebar 50 cm, dan kedalaman 50 cm. Untuk pertumbuhan optimal, tambahkan 10 kg pupuk dasar per lubang tanaman.

Penyiapan lahan pisang dalam budidaya pisang sangat penting untuk menentukan keberhasilan. Karena itu, Anda harus menyiapkan lahan terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengantisipasi masalah yang ada. Misalnya, masalah pH atau keasaman tanah.

Pisang cocok dari pH 5,4 hingga pH 7. Jika tanah terlalu asam, misalnya pH 3, Anda bisa menambahkan kapur pertanian (dolomit) untuk meningkatkan pH sehingga cocok untuk ditanam.

Penanaman Bibit Pisang Raja

Bibit pisang yang telah dipisahkan dari tanaman induk harus ditanam sesegera mungkin. Hal ini dilakukan dengan memasukkan bagian bawah bibit ke dalam lubang tanam dan kemudian menutupnya kembali dengan tanah di sekitarnya. Berikan sedikit tekanan pada sekitar agar pohon pisang raja bisa berdiri tegak. Jika kondisi cuaca buruk sebaiknya dipasang penyangga dari bambu untuk mencegah pohon pisang jatuh diterpa angin.

Pemeliharaan dan Perawatan

Menanam pisang yang baik tidak terbatas pada tahap penanaman tunas pada media tanaman. Faktor perawatan tanaman juga memainkan peran penting dalam budidaya pisang. Yang terbaik adalah memiliki maksimal 3 hingga 4 pohon pisang dalam satu rumpun. Tunas anakan perlu dijarangkan, karena memengaruhi pertumbuhan buah pada pohon induk. Selain itu, dengan rumpun yang padat penyakit pisang dapat terjadi karena tanahnya terlalu basah.

Selama proses perawatan lakukan penyiangan gulma dan tanaman liar juga dibersihkan. Lakukan pemangkasan daun pisang kering untuk pertumbuhan maksimal. Selain itu lakukan pemupukan susulan pada pohon pisang raja berumur sekitar 6 bulan untuk memastikan ketersediaan nutrisi. Penyiraman juga harus dilakukan terutama di musim kemarau.

Agar pohon pisang raja Anda menghasilkan buah maksimal, Anda dapat melakukan perawatan khusus. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk memelihara pohon pisang agar panen maksimum.

  1. Setelah pohon pisang raja berbuah Anda harus segera memotong jantung pisang, meskipun masih ada kemungkinan untuk menumbuhkan sisir kecil.
  2. Lindungi pisang dengan karung atau plastik.
  3. Gunakan pupuk untuk merangsang pertumbuhan buah.
  4. Tunggu sampai buah berwarna hijau gelap yang berarti pisang siap dipanen.
  5. Lakukan penyiraman selama masa perbungaan dan pembuahan.

Panen Pisang Raja

Pisang raja dapat dipanen dari hijau muda ke hijau tua atau sedikit kekuningan setelah perubahan warna. Potong pisang dari tandan dan potong batang pisang hingga umbinya. Tandan pisang disimpan terbalik agar getah tidak mengotori buah pisang.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya pisang raja semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: