5 Cara Budidaya Tanaman Hias untuk Pemula

Posted on

Budidaya Tanaman Hias – Menanam tanaman hias di halaman rumah membuat suasana rumah lebih sejuk dan nyaman. Tidak hanya berbagai jenis tanaman hias dapat ditanam di kebun saja, tetapi Anda yang ingin menikmati keindahan tanaman hias ini juga dapat ditanam di dalam ruangan.

Tanaman hias ditanam sebagai hiasan dan untuk menikmati keindahan bunga, daun, buah atau batang. Cara mengolah tanaman hias yang baik dan benar dapat dijadikan pedoman umum untuk menanam berbagai tanaman hias.

Budidaya-Tanaman-Hias
Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias harus dilakukan dengan benar agar tanaman terus berkembang. Penanaman yang salah dapat menyebabkan penampilan tanaman hias yang tidak indah, Tanaman hias bahkan bisa mati atau tidak lagi tumbuh.

Tidak hanya tanaman hias ini dapat menyejukkan rumah Anda, tetapi Anda juga dapat menjadikan bisnis tanaman hias sebagai mata pencaharian yang menghasilkan keuntungan yang cukup menguntungkan. Bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman hias sebagai ladang rupiah, Anda setidaknya harus tahu cara menanam tanaman yang baik dan benar agar bisnis Anda berjalan dengan lancar dan tidak macet di tengah jalan.

Karena itu, kali ini kami akan berikan beberapa langkah yang tepat untuk mengolah tanaman hias.

Berikut Adalah Budidaya Tanaman Hias

Persiapan Dalam Pembudidayaan Tanaman Hias

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membudidayakan tanaman hias adalah menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan untuk membudidayakan tanaman hias meliputi pemilihan tanaman hias yang akan dibudidayakan, alat dan perangkat untuk menanam dan memelihara tanaman hias ini.

Pemilihan Jenis Tanaman Hias

pemilihan tanaman hias yang akan dibudidayakan sangat penting, karena setiap tanaman hias membutuhkan perawatan dan kebutuhan masing-masing individu.

Spesies tanaman hias sebenarnya sangat beragam, hanya saja Anda dapat memilih satu atau lebih spesies tanaman hias yang akan anda budidayakan.

Ada beberapa tanaman hias dengan potensi bisnis yang cukup besar, misalnya. Anggrek, krisan dan banyak lagi.

Pemilihan tanaman ini dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, karena Anda didorong untuk memaksimalkan perawatan untuk tanaman hias ini.

Persiapan Media Tanam

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengolah tanaman hias ini cukup sederhana: mulai dari pot (ukurannya disesuaikan dengan spesies tanaman hias), sekop kecil, semprotan air, tanah atau media tanam lainnya (tergantung pada spesies tanaman hias) serta kompos.

Selain perangkat di atas, pastikan Anda memiliki cukup air untuk menyirami tanaman hias Anda.

Proses Penanaman Tanaman Hias

Tahap penanaman tanaman hias tidak bisa sembarangan. Karena itu, orang juga harus memperhatikan jenis tanamannya, karena setiap tanaman hias memiliki cara tanam sendiri. Hanya saja Anda umumnya bisa menanam tanaman hias di ruang yang ditentukan.

  1. Pada langkah pertama, siapkan pot bersama dengan media tanam yang disediakan. Untuk tanaman yang menggunakan tanah sebagai media tanam, Anda perlu mencampurkannya dengan kompos. Ini tentunya dimaksudkan agar tanah mengandung mineral dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias.
  2. Penanaman media harus dilakukan beberapa hari sebelum menanam tanaman hias. Tujuannya agar isi kompos dapat terserap sepenuhnya dari tanah.
  3. Setelah media tanam siap tanam, Anda bisa menanam tanaman hias sesuai dengan jenis tanamannya. Ada tanaman hias yang bisa ditanam dari biji, ada bibit dan banyak lagi. Jika tanaman hias menggunakan biji sebagai benih, Anda juga harus memperhatikan proses penaburan sehingga benih yang dihasilkan berkualitas tinggi.
  4. Jika benih tanaman hias siap untuk ditanam, Anda dapat segera meletakkan tanaman di media tanaman dalam pot. Kemudian siram dengan banyak air.
  5. Dalam beberapa hari sejak penaburan pertama Anda perlu memastikan bahwa kebutuhan air tanaman hias tercukupi sehingga benih dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah benih tanaman hias yang Anda tanam dapat hidup dengan baik, Anda dapat melanjutkan dengan perawatan intensif. Perawatan untuk bertahan hidup tanaman hias ini meliputi:

Penyiraman

Tanaman hias dapat secara teratur disiram setiap hari untuk memenuhi kebutuhan air tanaman hias selama fotosintesis. Intensitas penyiraman ini juga harus disesuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.

Pemupukan

Tanaman hias dapat diberi nutrisi dengan pupuk untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman hias. Anda dapat menggunakan kompos atau pupuk kandang sesuai kebutuhan

Pemberian Pestisida dan Insektisida

Tanaman hias juga bisa terserang hama dan penyakit. Jadi Anda perlu memberikan pestisida atau insektisida sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menginfeksi tanaman hias.

Demikianlah Pembahasan tentang budidaya tanaman hias semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: