15 Jenis Tanaman Hias Gantung Bunga dan Penjelasannya

Posted on

Tanaman Hias Gantung Bunga – Menanam bunga merupakan sebuah hobi yang menyenangkan, kita dapat melihat warna-warni bunga yang bermekaran dan merasakan aroma wangi dari tanaman bunga tersebut. bunga memang identik dengan keindahannya sehingga membuat hati merasa tentram dan menjadikan anda selalu betah dirumah.

Namun kadangkala kita terkendala akan pekarangan yang terbatas terutama para pehobi tanaman hias yang berada di perkotaan. Bunga hias gantung merupakan solusi yang tepat untuk mempercantik pekarangan rumah anda namun dengan lahan yang terbatas.

Tidak semua tanaman bunga hias dapat dijadikan tanaman hias gantung, anda harus mengetahui jenis-jenis bunga hias yang dapat tumbuh dengan subur dan mudah pada pot gantung.

Berikut jenis-jenis tanaman hias gantung bunga

1. Bunga Hias Gantung Begonia

Bunga-Hias-Gantung-Begonia
Bunga Hias Gantung Begonia

Tanaman bunga begonia merupakan tanaman hias gantung yang sangat indah baik dari bentuk daunnya maupun warna dari bunga begonia, bunga begonia merupakan bunga yang berasal dari amerika, asia tenggara dan juga afrika.

Terdapat 1.500 jenis tanaman ini dialam liar, bunga ini dapat tumbuh optimal pada daerah tropis dan juga sub-tropis, tamanan ini sangat cocok ditanam pada pekarangan rumah anda dengan variasi warnanya yang cantik.

2. Bunga Hias Gantung Anggrek

Bunga-Hias-Gantung-Anggrek
Bunga Hias Gantung Anggrek

Siapa yang tak kenal tanaman hias yang cantik satu ini? tanaman ini merupakan jenis bunga yang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias karena kecantikan warna dan aroma yang wangi.

Bunga anggrek juga bisa dijadikan tanaman hias gantung karena bunga nya dapat mekar lebih banyak dari jenis bunga lainnya.

3. Bunga Hias Gantung Geranium

Bunga-Hias-Gantung-Geranium
Bunga Hias Gantung Geranium

Bunga geranium dapat ditemukan disemua negara karena tanaman ini begitu populer ditanam sebagai tanaman hias gantung, bunga yang berasal dari arika ini merupakan tanaman hutan hujan tropis sehingga cocok ditanam diindonesia.

Bunga geranium juga dapat ditanam dipekarangan rumah maupun kebun dengan warna bunga yang cerah seperti merah, putih, merah muda serta ungu membuat taman anda semakin berwarna.

4. Bunga Hias Gantung Zigocactus

Bunga-Hias-Gantung-Zigocactus
Bunga Hias Gantung Zigocactus

Bunga zigocactus merupakan tanaman yang masih berkeluarga dengan kaktus, zigocactus merupakan jenis kaktus berbunga dengan corak warna bunga nya yang indah seperti putih, merah dan pink serta kombinasi ketiga warna nya.

Bunga zigocactus juga memiliki kemiripan sifat dengan jenis kaktus lainnya yaitu tanaman ini dapat tahan terhadap cuaca panas, dan lebih membutuhkan banyak sinar matahari daripada air.

5. Bunga Hias Gantung Portucala

Bunga-Hias-Gantung-Portucala
Bunga Hias Gantung Portucala

Bunga portucala juga sering disebut dengan moss rose, bunga portucala menyenangi tanah berpasir dan sinar matahari tetapi dapat hidup dengan sedikut siraman air.

Pertumbuhan bunga portucala juga cepat dengan varian warna yang banyak, tanaman bunga portucala juga mudah dalam perawatannya.

6. Bunga Hias Gantung Million Bells

Bunga-Hias-Gantung-Million-Bells
Bunga Hias Gantung Million Bells

Bunga million bells merupakan tanaman yang banyak diminati sebagai tanaman hias gantung karena tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun dalam jumlah yang banyak.

Bunga million bells dapat tumbuh dengan jumlah banyak dan padat, sangking padatnya bunga nya hanya berjarak 1 cm antar tiap bunga, daunnya berbentuk oval dengan warna hijau sedang bunga berwarna-warni yang indah.

7. Bunga Hias Gantung Petunia

Bunga-Hias-Gantung-Petunia
Bunga Hias Gantung Petunia

Tanaman Petunia merupakan tanaman yang memiliki bentuk bunga yang kecil namun terlihat cantik dengan daunnya yang yang berbentuk oval.

Bunga petunia memiliki banyak varian warna bunga yang cantik seperti putih, kuning, merah, ungu serta kombinasi ketiganya, kelopak mahkota nya berbentuk menyerupai terompet.

8. Bunga Hias Gantung Lobelia White Fountain

Bunga-Hias-Gantung-Lobelia-White-Fountain
Bunga Hias Gantung Lobelia White Fountain

Warna nya yang putih begitu indah menghiasai ruangan sebagai tanaman hias gantung, tanaman ini memiliki bentuk mirip air tenjun yang indah.

Perawatan dari tanaman ini juga cukup mudah dengan pertumbuhan yang cepat juga, dipasaran bunga lobelia white fountain dijual dengan harga yang terjangkau.

9. Bunga Hias Gantung Lipstick Merah

Bunga-Hias-Gantung-Lipstick-Merah
Bunga Hias Gantung Lipstick Merah

Bunga yang memiliki nama latin Aeschynanthus radicans ini memiliki bentuk yang unik seperti lipstick yang merah, Bunga ini dapat mekar sekitar 2-3 minggu.

Bunga lipstick merah merupakan tanaman hias gantung yang populer dikalangan para pecinta tanaman hias karena dapat mekar dengan baik sepanjang tahun dan dapat tumbuh optimal di suhu dingin maupun panas.

10. Bunga Hias Gantung Japanese Whiteria

Bunga-Hias-Gantung-Japanese-Whiteria
Bunga Hias Gantung Japanese Whiteria

Bunga japanese whiteria tampak bengitu cantik dengan warna putih, pink, ungu dan biru dengan susunan bunga yang padat.

Bunga japanese whitera sangat cocok dijadikan tanaman hias gantung karena bunga ini tumbuh dengan merambat, bunga ini biasanya mekar pada musim semi dan panas.

11. Bunga Black Eyed Susan Vine

Bunga-Black-Eyed-Susan-Vine
Bunga Black Eyed Susan Vine

Bunga Black Eyed Susan Vine biasa disebut juga dengan Thunbergia Alanta tanaman ini begitu populer sebagai tanaman hias bunga gantung.

Bunga Black Eyed Susan Vine memiliki ciri bagian tengah bunga nya yang berwarna gelap dan dikelilingi banyak daun bunga, Bunga Black Eyed Susan Vine banyak ditanaman sebagai bunga hias karena mudah dalam perawatannya.

12. Bunga Hias Gantung Fuchsia

Bunga-Hias-Gantung-Fuchsia
Bunga Hias Gantung Fuchsia

Bunga funchsia yang berasal dari karibia ini adalah tanaman semak belukar ( batang pohon yang memiliki ukuran kecil), bunga fuchisia memerlukan banyak air untuk kebutuhan hidup nya.

Tanaman fuchsia memiliki bunga yang cantik dan indah, serta warna nya yang cerah mencolok membuat bunga funchsia menjadi tanaman hias gantung populer.

13. Bunga Hias Gantung Lantana

Bunga-Hias-Gantung-Lantana
Bunga Hias Gantung Lantana

Bunga lantana merupakan jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya karena bunga lantana dapat tetap berbunga meskipun dengan air yang sedikit, bunga lantana dapat hidup baik musim panas maupun musim hujan.

Keindahan dari bunga lantana mengundang kupu-kupu untuk datang, bunga lantana memiliki warna bunga yang cerah sehingga membuat tanam anda lebih berwarna.

14. Bunga Hias Gantung Sweet Alyssum

Bunga-Hias-Gantung-Sweet-Alyssum
Bunga Hias Gantung Sweet Alyssum

Bunga Sweet Alyssum yang memiliki nama latin Lobularia Maritima ini memiliki bunga yang sangat indah, bentuk bunga yang lancip terlihat sangat unik

Bunga sweet alyssum merupakan tanaman hias yang cukup populer sebagai tanaman hias gantung karena bunga nya yang cantik bercampur antara hijau, merah muda, ungu dan juga putih.

15. Bunga Hias Gantung Kembang Anting Anting

Bunga-Hias-Gantung-Kembang-Anting-Anting
Bunga Hias Gantung Kembang Anting Anting

Bunga ini begitu populer dengan warna bunga yang cantik sangat cocok menghiasi pekarangan rumah anda.

Bunga ini banyak ditanaman sebagai tanaman hias gantung, bunga ini juga mudah dalam perawatanya sehingga banyak ditemukan pada halaman rumah indonesia.

Itulah pembahasan tentang Tanaman hias gantung bunga yang sangat cantik dan indah,  15 tanaman hias bunga tersebut cocok dijadikan tanaman hias gantung.

Baca Artikel Lainnya :

Related posts: