15 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun (99% Bikin Sejuk dan Tampak Asri)

Posted on

Tanaman Hias Gantung Daun – Bagi anda yang hidup pada daerah perkotaan tentu polusi sudah menjadi hal yang lumrah bukan, untuk mengatasi itu dapat menangkal nya dengan tanaman alami yang dapat membantu menyerap racun dan sekaligus menghasilkan gas O2 yang baik untuk kita.

Rumah yang memiliki banyak tanaman hias dapat memberikan kenyamanan, selain itu rumah juga akan tampak asri dan sejuk

Tidak semua tanaman hias dapat dijadikan sebagai tanaman hias gantung, nah jika anda bingung dalam menentukan tanaman hias gantung daun, disini akan dibahas mengenai tanaman-tanaman yang dapat dijadikan tanaman hias gantung daun.

Berikut jenis-jenis tanaman hias gantung daun

1. Tanaman Dischidia Geri

Tanaman-Dischidia-Geri
Tanaman Dischidia Geri

Tanaman Dischidia Geri memiliki ciri yaitu daunnya yang menjuntai kebawah sehingga sangat cocok ditempatkan pada tanaman hias gantung maupun pot.

Tanaman Dischidia Geri juga memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, namun jangan lupa menyiram nya jika tanah terlihat kering.

2. Tanaman Sedum Morganianum

Tanaman-Sedum-Morganianum
Tanaman Sedum Morganianum

Tanaman ini diindonesia dikenal dengan nama kaktus angggur karena bentuk daunnya yang unik dan bergerombol menyerupai buah anggur.

Tanaman ini juga memiliki sifat yang sama dengan jenis kaktus lainnya yaitu memiliki ketahanan yang tinggi dan lebih banyak membutuhkan sinar matahari ketimbang air.

3. Tanaman Million Hearts

Tanaman-Million-Hearts
Tanaman Million Hearts

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Dischidia Ruschifolia Variegata tanaman dengan bentuk unik ini berasal dari thailand.

Perawatan dari Million Hearts juga mudah, cukup disiram sehari sekali pada pagi atau sore hari dan beri sirkulasi udara seminggu sekali.

4. Tanaman Tradescantia

Tanaman-Tradescantia
Tanaman Tradescantia

Tanaman yang satu ini memiliki penggemar ibu-ibu rumah tangga, dialam liar tanaman ini terlihat seperti rumput dengan batang merambat.

Tanaman tradescantia ini memiliki 30 jenis dialam liar dengan tekstur daun, batang yang berbeda, tanaman ini sangat cocok untuk menempati pekarangan taman anda.

5. Tanaman Dischidia Nummularia Variegata

Tanaman-Dischidia-Nummularia-Variegata
Tanaman Dischidia Nummularia Variegata

Tanaman ini banyak ditanam oleh pecinta tanaman hias karena selain cantik tanaman ini juga mudah dalam perawatannya, tanaman ini cocok menempati ruangan indoor anda.

Tanaman ini tidak memerlukan pupuk tetapi media tanam nya perlu diremajakan setiap setahun sekali.

6. Tanaman Dischidia Ovata

Tanaman-Dischidia-Ovata
Tanaman Dischidia Ovata

Tanaman merambat ini tampat begitu asri, indah dan hijau jika menghiasi dinding ruangan anda, tanaman ini juga begitu mudah dalam perawatannya.

Selain tidak memerlukan perawatan khusus dalam merawat tanaman ini juga mempunyai manfaat yang besar sebagai penyerap racun dalam ruangan serta dapat menjadi pembersih udara dalam rungan.

7. Tanaman Peperomia Hope

Tanaman-Peperomia-Hope
Tanaman Peperomia Hope

Tanaman Peperomia Hope memiliki daun dengan corak yang menarik dan bentuk yang beragam, mulai dari merambat, tumbuh tegak, daunnya halus dan berbulu hingga bentuk daun yang tumpul dan juga membulat.

Habitat aslinya berasal dari hutan tropis amerika karena itu tanaman ini lebih menyukai kondisi yang hangat dan sedikit lembab.

8. Tanaman Hoya Compacta

Tanaman-Hoya-Compacta
Tanaman Hoya Compacta

Tanaman hoya compacta merupakan tanaman merambat yang cocok untuk tanaman hias gantung karena tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya.

Tanaman hoya compacta lebih cocok ditempatkan pada tempat yang outdoor tetapi juga dapat ditempatkan pada ruangan tetapi perlu diperhatikan penyiraman dan penyinaran nya.

9. Tanaman English Ivy

Tanaman-English-Ivy
Tanaman English Ivy

Tanaman english ivy merupakan tanaman hias yang tumbuh secara merambat, karena itu tanaman ini banyak dijadikan tanaman hias gantung.

Bentuk tanaman ini begitu unik sehingga banyak orang yang menanam tanaman hias ini pada pekarangan rumah.

10. Tanaman Heartleaf Philodendron

Tanaman-Heartleaf-Philodendron
Tanaman Heartleaf Philodendron

Tanaman Heartleaf Philodendron mempunyai banyak spesies, tanaman ini juga memiliki keindahan bentuk dan warna daun, tanaman ini banyak ditempatkan pada ruangan indoor.

Tanaman ini banyak dijumpai pada hutan tropis diindonesia, tanaman ini banyak tumbuh dirawa-rawa, di pinggir sungai, tanaman ini tumbuh dengan bantuan akarnya.

11. Tanaman Baby Tears Plant

Tanaman-Baby-Tears-Plant
Tanaman Baby Tears Plant

Tanaman Baby Tears Plant berasal dari amerika utara, tanaman ini dikenal dengan nama baby tears karena bentuk dari daunnya yang kecil dan menyerupai anak panah.

Tanaman Baby Tears Plant tipe tanaman yang menyukai sinar matahari dengan tumbuhan merambat mengikuti arah cahaya dan memiliki tingkat pertumbuhan yang menengah.

12. Tanaman Sirih Gading

Tanaman-Sirih-Gading
Tanaman Sirih Gading

Tanaman hias sirih gading merupakan tanaman yang dapat ditempatkan di indoor maupun outdoor, tanaman ini biasanya menghiasi ruang kantor maupun ruang keluarga

Tanaman ini tumbuh dengan merambat karena itu sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung.

13. Tanaman Creeping Charlie

Tanaman-Creeping-Charlie
Tanaman Creeping Charlie

Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari amerika selatan, tanaman ini dapat tumbuh dengan merambat serta memiliki pertumbuhan yang lumayan cepat.

Beberapa jenis creeping charlie memiliki bunga dengan warna ungu yang dapat menambah kecantikan pekarangan halaman anda.

14. Tanaman Silver Hair

Tanaman-Silver-Hair
Tanaman Silver Hair

Tanaman silver hair merupakan tanaman yang mudah tumbuh baik didataran rendah maupun dataran tinggi, saat dewasa tanaman ini dapat tumbuh hingga 1 meter.

Tanaman silver hair juga mudah dalam perawatannya dan tidak memerlukan perawatan khusus, cukup disiram sehari sekali untuk membantu dalam fotositensis.

15. Tanaman Hanging Purple Grass

Tanaman-Hanging-Purple-Grass
Tanaman Hanging Purple Grass

Tanaman hias yang satu ini memiliki daun yang kecil dan berwarna merah, dan berubah menjadi hijau jika sudah dewasa, tanaman ini dapat bertahan dari cuaca panas.

Tanaman hanging purple grass menyukai tanah yang humus dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Baca Artikel Lainnya :