11 Manfaat Bunga Kemuning untuk Kesehatan

Posted on

Bunga Kemuning – Kemuning memang masih belum dikenal banyak orang. Kemuning adalah tanaman dengan bau harum dan berwarna putih. Kemuning juga memiliki nama Latin, Murraya paniculata. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Selain tanaman hias, kemuning juga digunakan sebagai bahan obat herbal dan jamu. Namun sayangnya, kemuning adalah salah satu bunga herbal yang langka. Karena kemuning dapat digunakan sebagai obat herbal, mari kita lihat manfaat yang dimiliki Kemuning bagi tubuh.

Manfaat-Bunga-Kemuning
Manfaat Bunga Kemuning

Manfaat Bunga Kemuning

Meredakan Sakit Gigi

Tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, Sakit gigi juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Nah, untuk mengobati sakit gigi secara alami, Anda bisa menggunakan bunga kemuning.

Menghancurkan Batu Ginjal

Untuk menghancurkan batu ginjal, masukkan 30 gram daun kemuning ke dalam blender dengan 150 ml air. Segera setelah disaring, minumlah airnya sampai habis. Lakukan metode ini secara rutin setiap hari.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Cuci dan rebus 35 g daun kemuning dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut menjadi dua gelas. Setelah airnya dingin, saring dan minum setengah cangkir di pagi, siang dan sore hari.

Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Banyak wanita mengalami menstruasi yang tidak lancar. Coba gunakan bahan alami untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Ambil setengah genggam daun kuku pacar (Lawsonia inermis), satu jari rimpang temulawak dan setengah genggam daun kemuning. Cuci semua bahan dan iris. Rebus 3 gelas air hingga hanya segelas air yang tersisa. Saring air dan minum, setelah dingin di pagi dan sore hari, dengan dosis ½ gelas.

Meringankan Sakit Rematik

Untuk meredakan sakit rematik, gunakan metode alami. Potong akar tanaman Tembelekan (Lantana camara) dan akar kemuning. Siapkan juga 3 pasang kaki ayam. Setelah semua bahan dicuci, potong ketiganya. Rendam semua bahan dalam mangkuk alumunium berisi air, letakkan dalam panci yang diisi air. Masak selama beberapa menit. Minumlah air itu selagi hangat.

Mengobati Bisul

Nyeri akibat bisul tentu sangat menyusahkan. Untuk mengatasinya, ambil 30 gram akar kemuning kering, cuci dengan air mengalir dan potong-potong. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga airnya menyusut 2 gelas. Setelah dingin, tiriskan air. Minumlah setengah cangkir air setiap pagi dan sore.

Mengobati memar

Haluskan daun kemuning lalu rebus dengan air selama beberapa menit. Tempelkan campuran ini pada kulit yang terluka.

Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selain mengatur pola makan seimbang, kadar kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan meminum bahan-bahan alami. Caranya, bawa 20 gram daun kuning dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tinggalkan gelas airnya. Tambahkan 1 sendok madu murni, lalu minum airnya. Lakukan metode ini tiga kali sehari.

Melembutkan Kulit

Apakah kulit Anda kasar dan kusam? Gunakan bunga kemuning. Setelah dicuci dengan air mengalir, hancurkan 30 g daun kemuning. Campurkan dengan segelas air bersih dan aduk rata. Oleskan sebagai scrub sebelum tidur di kulit.

Menurunkan Berat Badan

Bunga kemuning juga cocok untuk menurunkan berat badan. Siapkan daun kemuning dan daun mengkudu, satu genggam sekaligus. Ambil juga ½ jari temugiring. Haluskan semua bahan, tambahkan secangkir air mendidih dan aduk rata. Peras dan saring, minum air di pagi hari sebelum sarapan.

Radang Otak

Siapkan 30-60 gram buga kemuning lalu rebus dengan menambahkan 600 ml air ke 300 ml yang tersisa. Saring dan minum airnya saat masih hangat.

Demikianlah pembahasan tentang bunga kemuning semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: