15 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Cengkeh – Manfaat cengkeh sering diabaikan karena ukurannya yang kecil dan tidak tahu cara mengolahnya. Namun sebenarnya, manfaat cengkeh sangat banyak untuk kesehatan Anda dan untuk kecantikan.

Cengkeh adalah salah satu bumbu yang paling serbaguna dengan rasa yang sedikit manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh umumnya digunakan untuk membumbui makanan ringan.

Selain itu, cengkeh rasa minumannya bisa membuatnya semakin enak. Manfaat cengkeh juga sering digunakan untuk mencampurkan kue untuk membuat rasa kue semakin lezat.

Cengkeh
Cengkeh

Banyak nutrisi yang terkandung dalam cengkeh. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh mengandung 21 kalori energi, satu gram karbohidrat dan serat. Selain cengkeh juga mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium dan vitamin E.

Cengkeh juga biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat rokok. Bahkan cengkeh untuk rokok sudah digunakan sejak lama. Karena kandungannya yang banyak dan beragam vitamin serta zat cengkih yang baik lainnya juga banyak digunakan dalam dunia kedokteran di dunia kesehatan.

Manfaat Cengkeh

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Sifat antibakteri dalam cengkeh dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi. Minyak cengkeh dipercaya dapat membunuh bakteri E.coli. Selain itu, cengkeh menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut.

Mencegah Ejakulasi Dini

Minyak cengkeh dipercaya bisa mencegah ejakulasi dini. Satu studi menemukan bahwa krim yang mengandung bunga cengkeh dengan bahan lain seperti ginseng dapat mencegah ejakulasi dini.

Mengatasi Batuk Berdahak

Senyawa eugenol yang terdapat dalam cengkeh adalah spekulan yang membantu mengeluarkan dahak pada pasien dengan batuk berdahak.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Senyawa analgesik dan antibakteri dalam cengkeh tidak hanya membantu mengeluarkan dahak, cengkeh juga bekerja pada sakit tenggorokan. Manfaat cengkeh lainnya adalah menghilangkan rasa gatal ketika sakit tenggorokan terjadi.

Mengurangi Nyeri Sendi

Cengkeh memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Mengoleskan pada bagian yang sakit, minyak cengkeh dipercaya memberikan perasaan hangat yang membantu mengendurkan otot.

Sebagai Antiseptik

Sifat antiseptik yang ada pada cengkeh dapat digunakan untuk mencegah infeksi. Oleskan minyak cengkeh pada infeksi jamur, bagian tubuh yang memar atau terluka. Untuk menghindari iritasi, Anda bisa mencampurnya dengan air.

Mengurangi Stres

Cengkeh memiliki aroma yang menenangkan. Keuntungan selanjutnya adalah Anda lebih santai dan mengurangi stres pada saat bersamaan. Kandungan eugenol dalam cengkeh merilekskan otot yang tegang.

Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, perawatan yang bisa Anda coba manfaatkan cengkeh. Efek positif lain, minyak cengkeh, juga berguna untuk menghilangkan garis-garis pada kulit. khasiat cengkeh berikutnya harus membantu melembutkan kulit.

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat selanjutnya dari cengkeh yang jarang digunakan adalah mengatasi rasa sakit karena sakit gigi. Senyawa Eugenol dalam cengkeh dapat meredakan gusi dan sakit gigi. Selain itu, senyawa eugenol juga efektif dalam pengobatan peradangan dan infeksi. Meski begitu, klaim terhadap hal ini membutuhkan penelitian lanjutan.

Menguatkan Tulang

Ekstrak hidrokarbon dalam cengkeh termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flavonoid. Ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan mineral tulang dan kandungan mineral tulang serta meningkatkan kekuatan tulang pada osteoporosis.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Khasiat cengkih lainnya adalah bahwa sistem pencernaan bekerja secara optimal. Cengkeh merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, pencernaan yg terganggu dan mual. Menurut para ahli kesehatan, tampaknya juga perlu bagi Anda yang menderita diare dan disentri kronis untuk memanfaatkan cengkeh.

Analgesik

Minyak cengkeh terbukti bisa mengobati sakit gigi. Memang, baru-baru ini dilaporkan bahwa hasil percobaan telah membuktikan bahwa minyak cengkeh mampu bertindak sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

Perangsang Seksual

Secara tradisional, cengkeh dianggap memiliki sifat afrodisiak untuk meningkatkan syahwat. Sebuah penelitian beranggapan hasilnya memang telah membuktikan sifat-sifat tersebut. Sebuah eksperimen juga mengatakan bahwa cengkeh dapat mengatasi ejakulasi dini.

Ramah di Perut

Cengkeh juga merupakan makanan terbaik untuk perut Anda. Cengkeh tidak hanya melawan perut kembung dan bisul, tetapi juga bisa efektif untuk mual dan gangguan pencernaan.

Melawan Kanker

Walaupun ada banyak yang menentang efektivitas cengkeh pada kanker, penelitian telah menunjukkan bahwa cengkeh dapat mencegah kanker, terutama di kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat cengkeh semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: