Bunga Lavender : Ciri, Makna, dan Manfaat Bunga Lavender

Posted on

Bunga Lavender : Ciri, Makna, dan Manfaat Bunga Lavender – Lavender atau Lavendel atau Lavandula adalah genus tanaman berbunga pada suku Lamiaceae, yang memiliki 25-30 spesies. Asal tanaman ini adalah di Mediterania selatan sampai Afrika tropis dan timur ke India.

Genus ini termasuk tanaman tropis, tanaman spesies rumput, semak pendek dan semak kecil. Tanaman ini juga didistribusikan di Kepulauan Canary, di Afrika Utara dan Timur, di Eropa selatan (terutama di Prancis selatan), di Arab, dan di India. Karena tanaman ini telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, ia sering tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.

Lavender? bunganya berbau sangat ungu. Nama latinnya adalah Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), sosok rumput seperti pohon. Lalu seseorang memanggil rumput ungu, rumput raksasa. Tapi ada juga yang menyebut jerami. Tanaman ini asli ke Eropa, tepatnya di Perancis. Ini digunakan sebagai parfum. Peralatan untuk upacara keagamaan (ritual) dan tanaman obat sejak zaman Romawi kuno.

Orang Romawi menyebut Lavender Lavare yang artinya “mencuci” atau “menyegarkan”. Karena mereka merasa bahwa aroma bunga lavender dapat menyegarkan otak dan membersihkan jiwa. Aroma ini diekstrak dari minyak (ekstrak) bunga lavender. Yang mana, minyaknya bisa digunakan sebagai parfum, minyak, ramuan untuk mandi dan obat-obatan. Karena Lavender memiliki banyak keunggulan, ia dijuluki The Purple Magic dan memiliki nilai jual tinggi.

Bunga-Lavender
Bunga Lavender

Ciri-ciri Bunga Lavender

KIngdom: Plantae (tanaman)

Klasifikasi bunga Lavender

Subkingdom: tracheobionta (tanaman pembuluh darah)

Divisi Super: Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (tanaman berbunga)

Kelas : Magnoliopsida (dua potong / Dicot)

Subkelas: Asteridae

Ordo : Lamiales

Keluarga : Lamiaceae

Genus : Lavandula

Spesies: Pabrik Lavandula angustifolia.

Morfologi bunga lavender ini dapat dinilai berdasarkan karakteristik bunga Levendel, yaitu:

Akar

Jenis-jenis akar yang dimiliki oleh lavender adalah, akar tunggang berserat.

Dimana akarnya memiliki panjang sekitar 1-2 meter atau bahkan lebih panjang.

Selain itu, akar tanaman lavender memiliki warna putih kotor hingga cokelat.

Akar sangat berguna sebagai tanaman pendukung, sehingga bisa lebih kuat dan membantu menyerap nutrisi dan air dari tanah.

Untuk tanaman lavender menjadi subur dan kuat dan menghasilkan bunga yang indah.

Tangkai

Batangnya terbuat dari kayu, bulat lonjong dengan diameter 3-4 mm atau lebih, panjang batangnya mencapai 60-80 cm dan tumbuh tegak. Batang tanaman ini juga memiliki banyak cabang yang berguna untuk pertumbuhan daun.

Daun

Daun oval, lonjong, penguat paralel, pangkal daun meruncing, tepi bergerigi, permukaan halus dan halus, hijau muda sampai tua. Selain itu, bagian bawah daun bunga lavender ini memiliki warna daun keputihan yang mencolok.

Bunga

Bunga kecil berwarna biru kebiruan ini terdiri dari serangkaian kuntum dengan 6 hingga 10 kuntum dalam bentuk spiral. Bunga ini tumbuh di atas cabang, bunga ini juga memiliki banyak bulu dan warna keputihan. Bunga ini dapat diperbanyak secara generatif (dengan biji).

Makna Bunga Lavender

Lavender, ungu halus, sangat feminin. Karena ungu adalah warna kerajaan, warna lavender juga berbicara tentang keanggunan, kecanggihan dan kemewahan. Bunga lavender berbicara tentang kekayaan dan kebijaksanaan ketika dibagikan.


Bunga lavender tidak hanya ditemukan di tanaman lavender. Beberapa bunga lavender memiliki makna khusus ketika ditularkan kepada yang lain. Mawar lavender perak murni menyampaikan pesan cinta dan pesona pada pandangan pertama. Beberapa spesies anggrek Catlaya, bunga Larkspur dan Freesia juga bunga lavender yang memiliki makna . Anggrek Cataluna mengirim pesan tenang dalam bahasa bunga, kode untuk bunga yang pertama kali dikembangkan oleh orang-orang Victoria.


Bunga lavender nyata dari tanaman lavender juga memiliki arti tersendiri. Sebagai hadiah, lavender berarti kemurnian, kesepian, dan keberuntungan. Bunga lavender juga menyampaikan pesan layanan.

Manfaat Bunga Lavender

Sembuhkan Jerawat

Minyak lavender dikatakan bisa menyembuhkan jerawat. Minyak mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan minyak lavender langsung di atas jerawat untuk hasil terbaik.

Menyembuhkan Eksim

Eksim bisa menjadi penyakit kulit di mana orang tidak yakin. Minyak lavender dapat meredakan gatal dan meringankan gejala eksim.

Mendetoksifikasi Kulit

Lavender dapat menghilangkan iritasi kulit dengan menambahkan pelembab. Lavender mempercepat proses penyembuhan. Minyak lavender dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit.

Sembuhkan Luka Bakar

Sifat antiseptik dan antiinflamasi dalam minyak lavender membantu menyembuhkan luka bakar dengan baik. Minyak lavender bisa menghilangkan rasa sakit. Caranya adalah dengan menuangkan api dengan air mengalir selama sepuluh menit dan kemudian meneteskan minyak lavender ke area luka. Namun, jika lukanya sangat parah, lebih baik pergi ke dokter terlebih dahulu.

Sembuhkan Luka Gigitan Serangga

Minyak lavender menetes seperti luka bakar pada kulit yang digigit serangga. Luka gigitan serangga secara bertahap sembuh. Jika minyak lavender diterapkan pada kulit bayi di bawah usia dua tahun, lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Menyegarkan Otat Yang Lelah

Minyak lavender dapat digunakan untuk menyegarkan kembali otot yang lelah. Anda melakukan ini dengan menempatkan 4 hingga 6 tetes lavender dalam mangkuk besar berisi air panas. Rendam tangan atau kaki Anda selama sekitar sepuluh menit dan rasakan hasilnya. Cara lain adalah dengan mengoleskan minyak lavender pada kaki Anda sebelum Anda tidur. Lavender juga dapat digunakan untuk menenangkan kapalan.

Toner

Lavender dapat digunakan sebagai toner yang menyegarkan kulit. Masak lavender dengan 100 ml air. Tiriskan selama beberapa jam. Transfer ke botol semprot yang bersih dan simpan di lemari es. Semprotkan cairan ini pada kapas dan usap lembut kapas ke wajah Anda setiap pagi setelah mencuci wajah.

Rambut Rontok

Lavender digunakan sebagai bahan dalam produk sampo karena sifatnya menjaga kesehatan rambut.

Minyak lavender dapat mengobati kerontokan rambut dengan sangat efektif. Karena minyak lavender dapat menyembuhkan insomnia, stres dan depresi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pijat kepala dengan minyak lavender untuk mengobati rambut rontok dan tumbuh kembali. Pijatan ini mempercepat sirkulasi darah.

Alopecia Aerata

Alopecia aerata adalah penyakit tubuh yang ditandai dengan rambut rontok dalam kelompok kecil (flek). Pijat kulit kepala dengan minyak lavender. Minyak lavender dapat mendukung pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak lavender juga dapat meningkatkan sirkulasi kepala.

Anti-ketombe

Tambahkan 15 tetes minyak lavender dengan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak almond dan panaskan selama sepuluh menit. Pijat kepala dengan campuran dan tutup dengan shower cap. Cuci dengan shampo setelah satu jam. Ramuan ini bisa menghilangkan ketombe dan membentuk kulit kepala yang sehat.

Menghilangkan Kutu

Pijat kepala dengan minyak lavender selama 20 menit sebelum mencucinya dengan sampo. Ini akan menghilangkan kutu di telurnya karena lavender bertindak sebagai antiseptik.

Kondisioner

Lavender juga dapat digunakan sebagai kondisioner. Rendam rambut Anda dengan 1/4 gelas air lavender selama 15 menit, campur dengan 2 gelas air dan beberapa tetes minyak lavender. Ramuan ini membuat rambut terpancar dan berbau wangi.

Insomnia

Teh bunga lavender juga merupakan obat yang efektif untuk insomnia.

Minyak lavender dapat menyembuhkan insomnia. Campurkan 5-6 tetes minyak lavender dengan 1/2 cangkir air suling. Masukkan ke dalam botol semprotan bersih. Semprotkan pada wajah dan kulit sebelum tidur. Selain itu, teh lavender juga bisa menyembuhkan insomnia.

Membantu Mengurangi Kecemasan dan Depresi

Minyak lavender membuat orang yang menghirupnya merasa tenang, sehingga bisa menghilangkan depresi dan kecemasan. Minyak lavender juga digunakan untuk perawatan relaksasi atau kelelahan.

Anda bisa menyimpan beberapa batang lavender di ruangan agar aromanya bisa tercium dalam waktu lama. Selain itu, aroma lavender juga dapat mencegah nyamuk memasuki rumah. Untuk kualitas lavender yang lebih baik, sebaiknya Anda menumbuhkannya sendiri untuk menjaga dan merawat kualitas bunga lavender. Contoh tanaman lavender yang cukup tangguh dan yang dapat Anda tanam adalah aliran lavender emas.

Menyembuhkan Sakit Kepala

Lavender tidak hanya bisa menyembuhkan sakit kepala normal, tetapi juga migrain. Caranya: pijat kepala dan leher dengan minyak lavender.

Memperlancar Pencernaan

Minum teh lavender untuk memperlancar pencernaan. Anda bisa menyelesaikannya atau membuatnya sendiri dengan memasak tunas lavender dalam air mendidih.

Sembuhkan Luka

Minyak lavender adalah antiseptik yang kuat. Tetesan minyak lavender dapat mempercepat pertumbuhan sel baru dan menyembuhkan luka. Minyak lavender juga merupakan antimikroba yang mencegah luka infeksi.

Menghilangkan mual

Minyak lavender dapat meredakan mual dan mabuk perjalanan. Caranya: lavender menetes di ujung lidah, di belakang telinga dan di bawah pusar.

Mengurangi Perut Kembung

Lavender mengandung polifenol yang dapat mengurangi bakteri berbahaya dalam darah dan kembung. Makan lavender kering jika Anda memiliki perut kembung.

Parfum Alami

Karena aromanya yang menyegarkan, lavender sering juga diproduksi sebagai parfum. Minyak lavender adalah zat antikimia alami yang juga dapat digunakan sebagai parfum. Anda dapat melakukan dengan mengoleskan minyak pada leher atau pergelangan tangan Anda.

Pengusir Nyamuk

Bunga lavender merupakan bunga yang sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk alami. Manfaat ini berasal dari aroma bunga lavender. Dalam bunga lavender mengandung senyawa linalyl asetat dan linalool yang dibenci nyamuk.

Demikianlah pembahasan tentang ciri-ciri bunga lavender, makna dan juga manfaat dari bunga lavender, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya