Cara Memperbanyak Bunga Begonia

Posted on

Cara Memperbanyak Bunga Begonia – Tanaman Bunga hias merupakan tanaman hias yang paling populer dan paling banyak diminati oleh banyak pecinta tanaman hias, bagi para pecinta tanaman hias tentu sudah sangat mengenal bunga yang satu ini, bunga begonia merupakan jenis tanaman hias yang populer karena bunga nya yang begitu cantik dan indah dan juga bunga begonia sangat mudah dalam perawatannya.

Bunga begonia juga merupakan tanaman tropis sehingga cocok dengan alam indonesia, bunga begonia juga merupakan incaran banyak orang karena bunga ini dipercaya sebagai bunga pembawa keberuntungan.

Bunga begonia dapat ditanam pada pekarangan untuk mempercantik taman, dan bisa juga anda menanamnya di pot sebagai hiasan gantung. Merawat bunga begonia selain untuk menyalurkan hobi juga bisa sebagai rileksasi mata karena keindahan dari bunga ini membuat anda betah dirumah.

Budidaya-Bunga-Begonia
Gambar Bunga Begonia

Berikut adalah cara memperbanyak bunga begonia

1. Persiapan Penanaman dan Cuaca

Jika ingin menanam bunga begonia tentu anda harus mengetahui karakteristik dari tanaman begonia ini sehingga dapat mengoptimalkan pertumbuhan nya, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam persiapan penanaman bunga begonia.

  1. Persiapkanlah alat serta bahan yang nanti akan digunakan sebagai media tanam seperti lahan, tanah, pupuk dan air.
  2. Perhatikan juga cuaca yang cocok untuk pertumbuhan bunga begonia.
  3. Bunga begonia lebih menyukai cuaca yang panas daripada cuaca yang dingin.
  4. Pilih juga bibit yang ungul (sehat dan bebas dari penyakit) untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

2. Lokasi Penanaman

Dalam menanam bunga begonia harus memilih tempat yang tepat bagi pertumbuhan bunga begonia dan dapat berbunga disetiap musim.

  1. Bunga begonia lebih menyukai tempat yang bersih dan jauhkan dari jangkauan hewan liar.
  2.  pilih lokasi untuk memperindah bunga nya seperti pekarangan rumah, halaman taman.
  3. Lokasi yang baik untuk bunga begonia adalah tempat yang tidak terlalu lembab tetapi selalu sejuk.
  4. Suhu yang baik bagi pertumbuhan bunga begonia ini adalah 20 – 25 Derajat celcius, penyinaran sinar matahari secukupnya dan tidak berlebihan.

3. Media Tanam

Berikut langkah-langkah dalam membuat media tanam bunga begonia

  1. Bersihkan Lahan tempat calon tanaman begonia dari bebatuan dan tanaman gulma.
  2. Gemburkan tanah dan campurkan bersama pupuk dengan perbandingan 2 : 1
  3. Perlu diperhatikan tingkat keasaman tanah, biasanya tahan dinegara tropis memiliki tingkat keasaman yang tinggi untuk itu lakukan pengapuran dengan domolit
  4. Kemudian buatlah lubang pada lahan sedalam sekitar 10 cm dengan diameter 6 cm dan beri jarak pada setiap lubang tanam sekitar 50 – 100 cm

4. Pemilihan Bibit

  1. Pilihlah Bibit unggul dari induk bunga begonia
  2. Pemilihan bibit dapat dilakukan dalam dua cara, dengan langsung dari benih bunga begonia tetapi cara ini harus melalui cara penyemaian dan lebih sulit karena tumbuh lebih lama dan perlu perawatan ekstra.
  3. Cara yang selanjut nya adalah dengan mendapat bibit bunga begonia pada bagian umbinya, cara ini tidak memerlukan penyemaian.
  4. Mendapat bibit dari bunga begonia melalui tunas ini yang digunakan banyak orang dalam membudidayakan tanaman, anda bisa langsung menanam nya dan menunggu tunas nya muncul

5. Penanaman Bunga Begonia

  1. Masukkan umbi (bibit/benih) kedalam lubang yang telah disiapkan.
  2. Bibit tanaman sebaiknya ditempatkan pada satu lubang terpisah (satu lubang berisi satu bibit tanaman).
  3. Tutup kembali tahan yang telah berisi bibit tanaman dengan campuran media tanam.
  4. Siramlah bibit tanaman hingga tanah nya basah namun jangan sampai tergenang, hal ini dilakukan pada semua bibit yang baru ditanam dengan tujuan agar bibit tidak mati dan dapat tumbuh dengan optimal, siramlah dengan siraman ringan.

6. Perawatan Dan Pemeliharaan

  1. Cek secara rutin bunga begonia dan bersihkan gulma yang tumbuh disekitar lahan.
  2. Tambahkan pupuk kandang dan juga pupuk cair sebulan sekali, berikan juga kompos dan lumut sebagai tambahan nutrisi,tambahkan juga tumpukan jemari yang berfungsi sebagai kelembaban bagi tanaman begonia.
  3. Bersihkan bagian tanaman (bunga, daun) yang menjadi layu dengan cara memotong dengan benda tajam atau memetiknya dengan tujuan menumbuhkan tunas baru dan mengalirkan nutrisi kebagian lainnya yang lebih sehat.
  4. Jika musim bunga mekar sudah berakhir, bersihkan sisa-sisa kuncup yang masih tersisa dan layu serta mati dan membiarkan kuncup yang masih sehat/ hijau.
  5. Bersihkan tanaman dari hama, biasanya keong dan siput, untuk menghindarinya gunakan cangkang telur dan tempatkan pada lahan tanaman begonia.

Demikian lah cara memperbanyak bunga begonia yang dapat anda coba sendiri dipekarangan rumah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :

Cara Memperbanyak Bunga Krisan (90% Berhasil !)

20 Tanaman Hias Bunga Paling Cantik dan Populer

15 Bunga Hias Terbaik Beserta Penjelasannya

Related posts: