4 Cara Membuat Pupuk Kompos dan Kandungan Pupuk Kompos

Posted on

Cara Membuat Pupuk Kompos – Bertani bagi kebanyakan orang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang. Banyaknya orang yang sekarang memiliki hobi di bidang pertanian mendorong banyak industri untuk mengembangkan peralatan dan bahan pertanian. Tidak hanya menjual peralatan pertanian atau bercocok tanam, tetapi juga menjual beberapa bibit. Dari benih sayuran atau bunga hingga biji buah dan pohon.

Tidak jarang beberapa bisnis bahkan menjual berbagai jenis pupuk dan nutrisi tanaman. Pentingnya pupuk adalah salah satu pemicu untuk semakin banyak bisnis pertanian yang menjual industri pupuk mereka sendiri.

Cara-Membuat-Pupuk-Kompos
Cara Membuat Pupuk Kompos

Ada dua jenis pupuk yang biasanya diperdagangkan, yaitu pupuk kimia dan pupuk organik. Untuk jenis pupuk organik yang saat ini sangat populer, ada dua jenis pupuk kandang dan kompos.

Pupuk kandang adalah jenis pupuk organik yang dibuat dari kotoran hewan atau kotoran ternak. Sebagian besar kotoran ternak terbuat dari kotoran kambing, ayam, kelinci dan sapi. Produksi kotoran agak sulit mengingat jumlah perangkat yang digunakan dan harus melalui beberapa proses. Kompos jauh lebih sederhana dan lebih praktis daripada pupuk kandang.

Pupuk kompos sendiri adalah jenis pupuk organik yang dibuat dari tanaman atau limbah organik. Padahal, ada banyak jenis kompos, tergantung jenis bahan utama yang digunakan. Salah satu jenis kompos yang sederhana dan praktis dibuat adalah pupuk organik daun. Seperti yang kita ketahui, jika Anda memiliki hasrat untuk bertani, daun kering bisa menjadi masalah besar. Untuk mengatasi hal ini dan memanfaatkan daun kering, banyak orang telah menghasilkan pupuk daun.

Kandungan Pupuk Kompos

Kandungan nutrisi pupuk organik dari daun

  1. Karbon
  2. Natrium
  3. Fosfor
  4. Kalium
  5. Mineral
  6. Air

Jumlah nutrisi dalam pupuk daun di atas tentu sangat baik jika Anda menerapkannya pada tanaman. Selain kandungan nutrisi yang tinggi dari pupuk kompos, pupuk kompos juga sangat mudah dan praktis untuk diproduksi. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa membayar banyak uang.

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun

Persiapan untuk membuat pupuk organik dari daun

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan secara akurat dan teliti saat membuat pupuk daun organik adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan peralatan dan bahan. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  1. Siapkan beberapa alat berkebun seperti sekop, penyemprot air, dan cangkul. Alat-alat ini sangat penting untuk membantu Anda mengambil langkah selanjutnya.
  2. Siapkan juga wadah seperti ember, tali, tas kompos dalam bentuk mulsa plastik hitam. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggantinya dengan kantong plastik hitam.
  3. Sebagai alat untuk membuat berbagai media, Anda perlu menyediakan paku, martil, dan gergaji.
  4. Selain itu, bahan pendamping dalam produksi pupuk organik dari daun adalah air dan larutan EM4.
  5. Larutan EM4 tersedia di toko pertanian. Larutan ini sangat penting untuk mempercepat dan membantu proses pengomposan.
  6. Sediakan juga kayu atau bambu dan terpal sebagai bahan utama dalam media pengomposan.

Pembuatan pupuk organik dari daun

Sebelum Anda mulai membuat kompos, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan media kompos. Untuk pembuatan kompos, media diproduksi yang harus memenuhi standar dan berikut penjelasannya:

  1. Pertama, lahan atau ruang sebagai tempat untuk menempatkan media kompos. Untuk lokasi, pilih lokasi yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  2. Coba juga untuk membuat lokasi mudah diakses dan luas, sehingga Anda akan lebih mudah dalam proses pemeliharaan nanti.
  3. Buat kotak dengan tutup bambu atau kayu berukuran 1 x 2 x 1 m.
  4. Kemudian buat kantung pengomposan dari mulsa plastik hitam dengan ukuran yang sama dengan medianya.
  5. Buat lubang di bagian bawah plastik untuk menyaring air. Kemudian, tusuk sisi plastik untuk memastikan sirkulasi udara.
  6. Selain plastik, Anda juga bisa menggunakan Terpal kecil. Ikatkan ke setiap ujung plastik atau terpal sehingga tidak jatuh dan kuat.

Pengomposan Pupuk Kompos dari Daun

Langkah selanjutnya dalam cara membuat pupuk kompos dari daun adalah persiapan bahan utama. Untuk bahan utama ada dua jenis daun dan penjelasan berikut:

  1. Jenis daun yang perlu Anda persiapkan adalah daun basah dan kering, untuk daun basah yang perlu dipersiapkan bisa jenis daun apa saja.
  2. Pastikan daun yang basah adalah daun segar yang sudah tua tetapi tidak berwarna kuning.
  3. Selain daun basah, Anda juga harus menyiapkan daun kering. Untuk daun kering, Anda dapat datang dari berbagai tempat. Pastikan jenis daun yang Anda kumpulkan bersih.
  4. Untuk jumlah daun yang Anda kumpulkan dalam perbandingan 1: 3 antara daun basah dan kering.
  5. Setelah semuanya terkumpul, masukkan ke dalam ember dan potong daun kecil-kecl. agar lebih mudah Anda dapat menggunakan gunting rumput atau gunting sabit.
  6. Siapkan tanah gembur atau tanah lapisan atas, yang nantinya akan digunakan sebagai pelapis.
  7. Pertama, tambahkan beberapa tanah sebagai lapisan tanah ke media kompos.
  8. Kemudian tambahkan daun cincang dan tutup dengan tanah.
  9. Ulangi langkah-langkah sampai daun yang telah Anda kumpulkan tidak memiliki daun yang tersisa, padatkan daun dan tanah dengan sekop dan tuangkan cairan EM4 terlarut ke dalam air.
  10. Langkah selanjutnya adalah menutup bagian atas dengan plastik atau terpal dan menutupinya dengan penutup media dan kemudian membiarkannya selama 6 minggu.
  11. Selama 6 minggu Anda harus menjaga suhu, kelembaban dan sirkulasi udara dalam proses pengomposan.
  12. Untuk melakukan ini, Anda harus menyemprotkan air setidaknya seminggu sekali dan aduk kompos dengan cangkul atau sekop.
  13. Dengan pengadukan yang merata, proses pengomposan harus diratakan.

Penggunaan Pupuk Kompos dari Daun

Pupuk organik dari daun sangat mudah digunakan, selain itu pupuk juga lebih praktis. Penggunaannya baik untuk tanaman Anda dan penjelasan berikut:

  1. Seperti halnya pupuk pada umumnya, untuk menggunakan pupuk organik dari daun, Anda hanya perlu mencampurnya dengan tanah di media tanaman.
  2. Pupuk organik dapat digunakan untuk berbagai tanaman, dari tanaman pertanian dan tanaman hias hingga buah.
  3. Pupuk siap pakai dicirikan yaitu bahwa kompos tidak berbau buruk ketika membuka tutup media pengomposan. Begitu juga dengan tekstur pupuk yang menyerupai tanah.
  4. Sebelum Anda menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu menyaringnya untuk memisahkannya dari kotoran atau pupuk yang menggumpal.

Demikianlah Pembahasan tentang cara membuat kompos dari daun semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya