Daun Ivy : Cara Merawat, Manfaat dan Efek Samping Daun Ivy

Posted on

Daun Ivy – Daun ivy adalah tanaman hias yang sering ditanam di rumah atau di pot oleh para ahli. Tanaman ini sangat populer karena dapat merambat dan menjadi salah satu tanaman hias yang unik.

Tanaman daun ivy mungkin salah satu tanaman hias yang menghiasi pagar rumah dengan membiarkannya merambat. Tidak sulit untuk merawat tanaman dan tahu cara merawat tanaman daun ivy ini.

Daun-Ivy
Daun Ivy

Cara merawat daun ivy, Anda dapat dengan mudah mengikuti panduan berikut:

Cara Merawat Daun Ivy

Penempatan Tanaman

Di sini kita pertama-tama harus menentukan di mana daun ivy harus ditanam. membiarkannya tumbuh merambat ditanah, dirambatkan pada pagar tanaman dan ditanam di pekarangan rumah atau ditanam dalam pot.

Nah, jika Anda berencana untuk menanamnya dan memasukkannya ke dalam pot, Anda harus terlebih dahulu menyediakan pot dan media tanam yang tepat. Gunakan pot dengan diameter setidaknya 20 hingga 30 cm, yang diisi langsung dengan kompos atau humus. Metode berikut untuk memilih pot:

  1. Kami merekomendasikan menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat atau plastik
  2. Jika Anda memilih pot yang baik, akarnya tumbuh dan tanaman menjadi lebih terjaga
  3. Pot tanah liat mempertahankan kelembaban pada suhu normal sementara plastik bertahan lebih lama untuk menahan kelembapan.
  4. Jangan lupa untuk memeriksa lubang pembuangan di bagian bawah pot
  5. Pot yang tepat adalah pot yang bisa ditanam dengan bebas.

Setelah itu Anda tinggal menanam bijinya. Banyak benih daun ivy diperdagangkan. Jika Anda pernah memiliki tanaman ini sebelumnya, Anda hanya perlu memotong setek untuk mendapatkan benih baru dari English Ivy tanpa harus membelinya.

pH Tanah

Ini sangat penting untuk kesuburan tanaman daun ivy. Jika tanah yang disediakan tidak mencapai pH yang dapat ditoleransi tanaman ini, daun ivy tidak akan berkembang dan akan menghadapi banyak kendala.

Secara umum, tanaman daun ivy tumbuh dengan baik di berbagai jenis pH tanah. Namun pH terbaik adalah 6,5. Lakukan pengapuran untuk mempertahankan pH tanah yang tepat dan meningkatkan kesuburan tanaman ini nantinya.

Lokasi

Terlepas dari bagaimana Anda menanam dan mengolahnya, saat Anda mengolah tanaman hias dari daun ivy. Tanaman ini sangat baik jika ditanam di tempat yang teduh dan juga lembab. Hindari tanaman yang terkena sinar matahari langsung. Ini membuat tanaman lebih rentan mati

Cahaya dan Suhu

Ini adalah dua komponen penting dalam budidaya tanaman daun ivy. Mengapa? Karena kombinasi ini nantinya menentukan pertumbuhan tanaman ini. Apalagi jika Anda menanamnya di rumah dengan pot.

Harus mengetahui pencahayaan dan suhu ruangan tanaman dan memperhatikan ketika ditanam di dalam ruangan. Tanaman daun ivy tetap subur, bahkan jika Anda memiliki cahaya rendah. Itu tidak berarti Anda harus menempatkan mereka di tempat yang gelap. letakkan pada area yang cukup mendapat sinar matahari.

Setiap dua minggu sekali, Anda juga harus membawa tanaman yang telah ditanam di dalam ruangan untuk menjaga sinar matahari. Ini penting untuk mendukung pertumbuhan. Namun, perhatikan bahwa terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat merusak tanaman.

Penyiraman Harian

Masalah penting lainnya adalah penyiraman setiap hari karena kita tahu bahwa english ivy adalah tanaman yang menyukai kelembaban. daun ivy harus disiram secara teratur.

Saat menanam tanaman daun ivy di dalam ruangan, pastikan drainase di pot berfungsi dengan baik. Jangan juga terlalu banyak penyiraman air, periksa dengan menyentuh lantai atau media tanamnya. Jika terlalu banyak air maka jamur bisa tumbuh.

Pemupukan

Poin penting lainnya adalah pertimbangan pemupukan, yang mengandung keseimbangan kalium, nitrogen, dan fosfor.oleh karena itu berilah pupuk secara rutin untuk pertumbuhan daun ivy secara optimal

Perawatan di Luar Ruangan

Tanaman ini dapat dikembangkan dan ditanam tepat di luar ruangan pada usia 4 bulan. Cobalah mencari tempat teduh seperti ujung tembok. Isi lubang tanam dengan kompos sebelum meletakkannya di tanah dan menanamnya.

Untuk tumbuh dengan baik dan subur, penyiraman dan pemupukan secara teratur diperlukan. Untuk pertumbuhan tunas, Anda dapat mempercepatnya dengan memotong ujung tunas. Berikan pupuk kandang atau kompos secara teratur setiap bulan.

Jika Anda memiliki daun ivy yang tersebar di dinding, potonglah secara teratur sehingga tidak sepenuhnya memenuhi dan menutupi dinding. Harus diketahui bahwa bagian luar dinding mungkin rusak jika Anda tidak merawatnya dengan benar. Karena tanaman ini akan sangat lengket dan sulit dilepaskan.

Manfaat Daun Ivy

Manfaat tanaman daun ivy dianggap hebat, Kandungan ivy (Hedera Helix) adalah anti-inflamasi, rematik, antioksidan, antivirus, antispasmodik, antimikroba, dan anti-tumor. Beberapa khasiat daun ivy yang telah lama digunakan oleh nenek moyang di seluruh dunia adalah:

  1. Ekstrak daun ivy digunakan sebagai obat batuk. Berguna sebagai ekspektoran untuk pengobatan batuk dengan lendir dan bronkitis.
  2. Menurut John Gerard, seorang herbalis Inggris dari 1597, infusa daun ivy berguna sebagai pencuci mata.
  3. Mengandung anti-inflamasi untuk pengobatan radang sendi, asam urat atau rematik.
  4. Anti-inflamasi juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka atau operasi dengan menerapkannya.
  5. Bahan detoksifikasi alami dari daun ivy dapat meningkatkan fungsi sistem organ dengan melepaskan racun dari tubuh. Dengan cara ini, darah dimurnikan dan ketegangan antara fungsi hati dan kantong empedu berkurang.
  6. Antibakteri dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi risiko infeksi luka bakar.
  7. Senyawa saponin dapat membantu mengobati psoriasis, eksim, jerawat, dan kondisi kulit lainnya.
  8. Kandungan ekspektoran sangat efektif dalam gangguan pernapasan, asma, infeksi pernapasan, dan pembengkakan (penyakit paru obstruktif kronis).
  9. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyebaran dan perkembangan kanker dan penyakit kronis. Dapat menghilangkan radikal bebas dan mencegah mutasi dan apoptosis.
  10. Sifat daun ivy juga memiliki sifat antelmintik, antiparasit, dan antibakteri. Dapat digunakan untuk mengobati cacingan, parasit dan bakteri berbahaya.
  11. Menurut penelitian NASA, tanaman English Ivy adalah satu dari sepuluh pembersih udara. Tanaman ini dapat memurnikan udara dari racun benzena, formaldehida, xilen dan toluena.

Efek Samping Daun Ivy

Perlu diketahui bahwa beberapa orang mungkin juga mengalami efek samping daun ivy. Daunnya dapat menyebabkan iritasi parah dan dermatitis pada beberapa orang. Orang dengan alergi hipersensitivitas Tipe IV cenderung merespons genus Apiaceae. Jika tanda-tanda reaksi alergi seperti ruam, gatal atau ketidaknyamanan pencernaan terjadi, hentikan penggunaan segera.

Manfaat daun ivy dianggap bebas dari efek samping. Namun, dosis tinggi dapat menyebabkan mual dan muntah. Efek samping ini disebabkan oleh kandungan senyawa emetine.

Tumbuhan ini mengandung alergen dan falcarinol. Kontak kulit langsung menyebabkan iritasi. Wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum makan daun ivy.

Demikianlah pembahasan tentang daun ivy semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: