7 Cara Menanam Anggur dari Biji (99% Berhasil)

Posted on

Cara Menanam Anggur dari Biji – Anggur adalah tanaman buah yang konon berasal dari Timur tengah. Pohon anggur adalah pohon anggur dengan buah bulat dan berbentuk Dompolan. Sesuai pada daerah asalnya, anggur dapat tumbuh dengan baik di daerah kering dengan curah hujan rendah. Sejauh ini, pamor anggur lokal jauh di bawah anggur impor.

Dengan demikian, harga jual anggur impor masih lebih mahal. Padalah kualitas anggur lokal tidak lebih buruk daripada anggur asing. Faktanya, Indonesia memiliki potensi besar untuk Budidaya anggur. Beberapa daerah di Indonesia sangat berkualitas sebagai pusat penanaman buah anggur.

Mereka yang suka makan anggur memiliki peluang besar untuk menanam anggur sendiri dari biji. Ya, biji anggur dari buah-buahan yang sebelumnya Anda makan dapat digunakan sebagai biji yang siap untuk ditanam. Anda harus menyemai anggur terlebih dahulu untuk tumbuh menjadi kecambah.barulah kemudian dapat dipindahkan di media pertumbuhan yang diinginkan.

Anggur
Anggur

Ada banyak orang yang suka anggur, termasuk Anda dan keluarga. Karena buahnya, yang berbentuk bulat, memiliki rasa yang sangat enak. Rasanya merupakan hasil campuran manis, asam dan mengandung banyak air. Selain itu, anggur juga memiliki aroma khas yang sangat enak. Anda tidak akan merasa puas jika Anda hanya makan satu atau dua anggur.

Sayangnya, harga anggur di pasaran cukup tinggi. Anda harus menghabiskan cukup uang untuk puas makan anggur. Tetapi jika Anda memiliki anggur sendiri, Anda bisa makan sebanyak yang Anda suka. Faktanya adalah anggur dapat dibudidayakan dari biji. Anda dapat menggunakan biji anggur sisa dari buah yang Anda makan atau biji anggur khusus dengan kualitas terbaik.

Berikut Cara Menanam Anggur dengan Biji

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Pohon anggur tumbuh dengan baik pada tingkat dengan ketinggian 300-800 Dpl. Waktu yang baik untuk menanam anggur adalah musim kemarau yang panjang adalah antara 4 dan 7 bulan dengan curah hujan optimal 800 mm / tahun. Budidaya anggur cocok untuk tanah berpasir, liat dan kaya nutrisi dengan pH antara 6,5 dan 7. Anggur membutuhkan sinar matahari 50 hingga 80% (10 hingga 12 jam per hari) dan kelembaban 80%. Suhu yang diinginkan dari tanaman anggur adalah antara 25 dan 31 derajat Celcius.

Pilih Jenis Anggur

Sebelum melakukan menanam, pilihlah terlebih dahulu varietas anggur yang ingin ditanam dan pilih jenis anggur yang sesuai dengan daerah serta iklimnya.

Ketika biji anggur telah dipanen, rendam benih dalam wadah yang diisi dengan air. Jika benih berenang, buang segera, karena ini menunjukkan kualitas bibit yang buruk. Sementara itu, benih yang disimpan selama satu hari dan satu malam.

Kemudian lakukan persemaian agar benih berkecambah . Caranya adalah menempatkan benih dalam tisu yang lembab, kemudian menempatkannya dalam wadah tertutup atau wadah toples transparan atau dengan kantong udara transparan, dan simpan. Kemudian simpan di tempat yang dingin.

Persiapan Media Semai

  1. Siapkan wadah persemaian dalam bentuk toples transparan.
  2. Media semai bisa menggunakan kapas atau kompos tipis.
  3. Basahi kapas agar lembab dan ketika ditekan tidak mengeluarkan air.
  4. Kemudian kapas dimasukkan kedalam wadah toples transparan.

Pemilihan Biji Anggur

  1. Beli Anggur yang ada disupermarket
  2. Kemudian pilih anggur yang sehat, bulat, warna cerah dan tidak terserang penyakit.
  3. Selanjutnya rendam biji anggur selama 2 sampai 3 jam.
  4. Buang biji anggur yang mengambang dan ambil biji anggur yang tenggelam.
  5. Biji tersebut kemudian direndam selama sehari semalam.
  6. Setelah itu keringkan dibawah sinar matahari.
  7. Selanjutnya masukkan biji kedalam wadah namun jangan saling bersentuhan.

Penyemaian Biji Anggur

Setelah selesai, Kemudian pindahkan bibit kedalam pot dan usahakan pot yang digunakan berasal dari pot tanah karena pot tanah dapat menjaga kelembaban bibit dengan cukup baik. Kemudian media semai diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Bibit anggur akan mulai berkecambah ketika berusia 3 sampai 7 minggu setelah disemai.

Pemindahan Bibit Anggur

Pemindahan tanaman dapat dilakukan ketika tanaman sudah memiliki ketinggian 10 cm. Anda bisa menanam anggur pada sebuah pot berukuran besar dan diberi penopang berupa ajir dari bambu atau kayu.

Bisa juga dilakukan penanaman pada lahan kebun ketika tanaman sudah memiliki ketinggian 32 cm. Setelah dipindah berikan pupuk dan lakukan penyiraman agar tanah menjadi lembab. Kemudian jangan lupa berikan penopang ajir.

Perawatan Tanaman Anggur

Dalam budidaya anggur hal yang penting adalah perawatan. Perawatan yang umum adalah sebagai berikut :

Pemupukan

Berikan nutrisi tambahan untuk tanaman dengan memberikan pupuk. Pupuk dapat diberikan baik pupuk organik maupun pupuk anorganik. Lakukan pemupukan secukupnya.

Penyiraman

Penyiraman dilakukan untuk menjaga kelembaban media tanam. Penyiraman jangan sampai membuat media tanam karena dapat membuat tanaman malah membusuk

Pergantian Pot

Ketika tanaman tumbuh besar maka tanaman membutuhkan ruang yang besar pula dan agar akar bisa bergerak bebas untuk mencari sumber nutrisi.

Pemangkasan dan Pemasangan Ajir

Lakukan pemangkasan terhadap tanaman yang pucuknya sudah menjalar kemana-mana agar terlihat rapi. Berikan juga ajir untuk menopang tanaman anggur agar tumbuh tegak.

Demikianlah Pembahasan tentang Cara menanam anggur dengan biji, dengan budidaya anggur sendiri anda dapat menikmati anggur setiap hari dan dapat menghemat pengeluaran, semoga bermanfaat

Baca Juga Artikel Lainnya :