Cara Menyetek Pohon Mangga serta Keuntungan dan Kekurangannya

Posted on

Cara Menyetek Pohon Mangga – Buah mangga merupakan buah yang banyak dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman, seperti jus mangga, puding mangga, bahan asinan, bisa juga dijadikan es mangga, sambal mangga, kue mangga dan banyak lagi makanan dan minuman dari bahan dasar buah ini. karena banyaknya produk makanan dan minuman dari buah yang satu ini sehingga permintaan buah mangga ini menjadi tinggi.

Oleh karena itu Buah mangga banyak dimanfaatkan sebagai peluang bisnis, dengan melakukan pembudidayaaan salah satu nya dengan cara pengembangbiakkan dengan cara tehnik stek.

Cara-Menyetek-Pohon-Mangga
Cara Menyetek Pohon Mangga

Berikut Cara Menyetek Pohon Mangga

Cara pengadaan bibit memiliki 2 cara yaitu vegetatif dan generatif, yang pertama yaitu cara generatif dimana pembibitan dilakukan dengan cara tanam biji tetapi cara ini merupakan cara menanam yang lama dalam berbuah. tetapi banyak orang membudidayakan dengan cara generatif.

Cara yang kedua adalah menggunakan tehnik vegeratif cara ini membuat tanaman mangga cepat berbuah, cara vegeratif terdiri dari pencangkokan, okulasi dan cara stek, dari ketiga cara vegeratif tersebut, tehnik stek merupakan cara yang digunakan untuk membudidayakan tanaman mangga.

Baca Juga : Cara Membuat Tabulampot (Cocok Untuk Pemula)

Tehnik stek ini merupakan cara membudidayakan tanaman pohon mangga dengan cara memotong batang, cabang, ranting tanaman pohon mangga untuk menghasilkan tanaman pohon mangga baru.

sebelum melakukan tehnik stek, siapkan benda yang tajam dan cabang pohon mangga yang akan distek. berikut cara dalam aktivitas dalam penyetekan

1. Pemilihan dan Pemotongan Cabang Pohon Mangga

Pemotongan-Cabang
Pemotongan Cabang

Dalam pemotongan cabang pohon mangga ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar jam 06.00 sampai 08.00, karena pada waktu tersebut tanaman pohon mangga banyak menghasilkan getah, potong pohon mangga tersebut dengan panjang sekitar 10 – 15 cm dan dengan jumlah mata 4 -6.

Potongan Cabang mangga bagian atas sebaiknya dibuat miring hal ini bertujuan agar batang stek tidak basah dan membuat busuk sedangkan bagian bawah dibuat potongan mendatar yang bertujuan untuk agar cepat merangsang pertumbuhan akar, diameter potongan cabang sebaiknya 10 -20cm.

Dalam melakukan pemotongan cabang tidak perlu menghabiskan seluruh daun dari cabang, sisakan sekitar 2 sampai tiga helai daun yang mempunyai zat untuk pertumbuhan akar. kemudian celupkan batang stek kedalam larutan auksin selama 5 menit untuk membantuk merangsang pertumbuhan akar.

Jangan lupa selalu gunakan benda yang tajam agar jaringan pada cabang tidak terlalu banyak luka yang menyebabkan bertumbuhnya bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhan pohon mangga.

2. Mengikis Cabang

Mengikis-Cabang
Mengikis Cabang

Lakukanlah Pengikisan pada cabang pohon yang di stek, pilihlah cabang pohon mangga yang sehat dengan diameter sekitar 1 – 3 cm. dengan ujung sekitar 30 cm, kikis cabang pohon mangga secara melingkar dengan lebar 3 cm, diamkan selama 3 bulan maka akan muncul kalus.

Cabang pohon yang memiliki kalus dijadikan sebagai bibit, karena cabang yang berkalus akan mudah menumbuhkan akar.

3. Persiapan Media Tanam

Persiapan-Media-Tanam
Persiapan Media Tanam

Selanjutnya adalah menyiapkan media tanam dengan media pasir karena pasir adalah media paling baik untuk stek pohon mangga ini hal ini karena pasir tidak menyerap air dan tidak kering serta memiliki pertukaran yang lebih baik dari tanah, jika media tanam baik, maka Ph pun biasanya akan ikut baik, Ph yang baik untuk stek mangga ini adalah 4 – 8 dan akan kurang baik jika ph diatas itu.

Siapkan media tanam pasir dengan mensterilkan dan disiram air panas, kemudian masukkan media tanam pasir kedalam polybag, dan sisakan ruang sekitar 1/4 bagian polybag, siram media tanam pada polibag tersebut dengan cairan auksin.

Baca Juga : 12 Jenis Tanaman Buah-Buahan Di Halaman Rumah

Kemudian tancapkan cabang pohon kedalam media polybag dan padatkan kembali hingga penuh, kemudian tempatkan polybag pada tempat yang sejuk namun terang, jika media tanam terlihat kering siramlah dengan air secukup nya hingga media terlihat lembab.

Biasanya Cabang pohon stek sudah mulai tumbuh daun dengan lebat pada usia tiga bulan, setelah daun nya terlihat lebat, pindahkan bibit pohon mangga baru pada lahan terbuka seperti kebun.

4. Menanam Pohon Cabang Stek

Menanam-Pohon
Menanam Pohon

Lakukan penanaman dengan memperhatikan jarak tanam agar akar tidak saling membelit, Atur jarak sekitar 7 -12 cm, serta posisikan miring dengan tujuan agar daun pohon mangga yang ada pada cabang pohon dapat melindungi cabang tersebut, Media tanam harus dijaga agar jangan sampai kering siramlah secara rutin dan buat atap pelindung untuk menjaga kelembabannya.

5. Merangsang Pertumbuhan Akar

Merangsang-Pertumbuhan-Akar
Merangsang Pertumbuhan Akar

Masalah terbesar dari stek mangga ini adalah susah munculnya akar, untuk membantu merangsang pertumbuhan akar nya itu maka anda dapat menyiram nya dengan larutan asam seperti asam indo butirat yang sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan akar.

Keuntungan dan Kekurangan

Dalam tehnik stek mangga ini umumnya ada keuntungan dan kekurangannya, kelebihan dari tehnik stek ini dapat membuat sifat dari tanaman stek sama dengan induk nya misal nya induk pohon mangga berbuah lebat dan manis serta tahan terhadap berbagai penyakit, maka tanaman hasil stek ini akan sama dengan induknya bahkan memiliki kelebihan dengan tumbuh yang tidak terlalu tinggi.

Keuntungan selanjutnya adalah cara stek ini dapat membuat pohon mangga tidak memiliki akar tunggal sehingga dapat tumbuh baik ditempat air yang dangkal.

Selain keuntungan cara stek ini juga memiliki kekurangan yaitu tanaman stek ini sulit untuk mendapatkan banyak cabang untuk dijadikan bahan stek dari satu indukan.

Baca Juga : Cara Budidaya Nangka Agar Cepat Berbuah (BUKTIKAN !)

Jika terjadi angin kencang maka pohon mangga hasil stekan akan mudah roboh serta jika pada musim kemarau yang panjang, Perakaran cara stek ini dangkal sehingga sulit mendapatkan asupan air tanah, untuk itu harus rutin melakukan penyiraman pada musim kemarau.

Sekarang ini Pembudidayaan tanaman mangga ini lebih banyak menggunakan Tehnik stek ini dibandingkan dengan tanam biji, karena cara stek ini lebih efektif dengan pertumbuhan pohon mangga yang cepat serta lebat.

Semoga cara pembudidayaan dengan cara stek ini dapat membantu anda dan dapat menginspirasi anda dalam Budidaya tanaman pohon mangga dengan cara stek, terima kasih.