10 Cara Menanam Buah Bit dengan Benar

Posted on

Cara Menanam Buah Bit – Anda tentunya sudah mengenal buah bit bukan? Buah berwarna merah ini, yang memiliki banyak khasiat jarang sekali ditanam di indonesia. Karena buah ini tidak sepopuler seperti selada atau sayuran lainnya. Namun karena tidak populer bukan berarti tidak ada peluang bisnis.

Banyak yang mencari buah bit tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga sebagai obat yang dapat mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran atau racun.

Cara-Menanam-Buah-Bit
Cara Menanam Buah Bit

Bagaimana dengan menanam tanaman bit? Padahal, tanaman bit tidak terlalu sulit atau rewel untuk tumbuh. Berikut adalah tahapan dalam menanam buah bit.

Cara Menanam Buah bit dengan Benar

Terdapat beberapa tahapan jika anda ingin menanam buah bit ini seperti pengolahan lahan tanam, penyemaian atau pembibitan, penanaman, perawatan dan pemeliharaan serta panen hingga pasca panen. Berikut penjelasan lengkapnya :

Pengolahan Lahan Tanam

Pengelolaan lahan tanam harus menjadi tahap awal yang perlu dilakukan. Anda hanya perlu menggemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak, cobalah sedalam 30 cm. Pada saat yang sama, Anda dapat menyediakan ½ kg pupuk kandang setiap 2 meter. Dengan cara ini, tanah akan menjadi subur dan gembur, lalu diratakan dan dihaluskan lagi. Persiapkan alur dengan memotong dan menjaga jarak alur 30 cm.

Pembibitan atau Penyemaian

Pembibitan buah bit dapat menggunakan bibit atau biji yang ditanam langsung. Anda juga bisa menanamnya dengan cara di stek. Namun, yang terbanyak sebelum menanam, melakukan penyemaian benih terlebih dahulu dalam polybag atau di tempat khusus untuk disemai sebelum menanamnya langsung di tanah.

Benih buah bit masih harus dibeli dari luar negeri, karena buah bit sulit berbunga di Indonesia. Namun, ini seharusnya tidak menjadi hambatan bagi Anda untuk terus menanam buah bit.

Proses Penanaman

Sebelum penanaman, Lahan tanam sudah diolah dalam bentuk jalur beralur. Kemudian benih disemai secara merata di sepanjang alur jika benih ingin disemai langsung di lapangan. Namun, jika sudah dalam bentuk bibit pindahkan ke lahan tanam sebelum tumbuh dan segera tanam.

Hanya membutuhkan waktu satu minggu, kemudian benih tumbuh dan tanaman akan segera muncul. Pindahkan bibit dengan hati-hati agar akar tidak rusak karena akan menjadi bakal buah nantinya.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah proses penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah tahapan yang tidak kalah penting nya yaitu perawatan. Perawatan untuk tanaman bit seperti penyiraman, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pemberantasan hama dan penyakit.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari terutama pada awal masa tanam dan musim kemarau. Penyiraman sebaiknya tidak berlebihan hingga membuat tergenang.

Penyulaman

Penyulaman dilakukan terhadap tanaman yang mati atau tidak tumbuh dengan subur. Penyulaman sebaiknya dilakukan sesegera mungkin untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang merata.

Penyiangan

Jika terdapat banyak gulma dan tanaman liar yang ada disekitar tanaman bit segera lakukan penyiangan dengan membersihkan gulma dan tanaman liar. Karena tanaman gulma dapat merebut nutrisi tanaman didalam tanah.

Pemupukan

Untuk membantu memasok nutrisi tambahan dalam tanah maka lakukan pemupukan sebaiknya pemupukan dilakukan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang yang lebih alami.

Pemberantasan Hama dan Penyakit

Perhatikan masalah hama dan penyakit jika tanaman bit terserang hama maka segera bersihkan secara manual dengan mengambil hama yang menyerang bit dan mencabut tanaman yang terkena. Dan jika sudah terlalu banyak serangannya bisa diberikan pestisida organik.

Proses Panen

Panen berlangsung pada usia 2-3 bulan. Jangan terlambat saat memanen buah bit, karena jika sudah terlambat bit akan berkayu dan keras. Cara memanen buah bit adalah dengan menariknya keluar sampai umbi keluar, tidak memotong batang untuk mengurangi proses penguapan dan buah bit tetap segar dan bagus.

Saat memanen buah bit, dilakukan dengan menariknya dari tanah. Dapat menggunakan metode manual, tetapi tetap hati-hati agar buah bit tidak rusak, misalnya tergores dan bahkan rusak.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam buah bit semoga dapat bermanfaat untuk anda.