9 Cara Menanam Bunga Bougenville Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam Bunga Bougenville – Bunga bougainvillea (bougainvillea) atau bougenville merupakan tanaman bunga hias milik keluarga nyctaginaceae. Tanaman berbunga ini berasal dari amerika selatan. Tanaman berbunga ini memiliki bentuk pohon kecil dan sulit tumbuh tegak.

Semak berbunga atau spatha di tanaman berbunga ini cukup besar untuk menutupi semua bagian bunga majemuk sebelum berbunga. Spatha tipis dan memiliki sifat seperti kertas, warna bunga bervariasi, ada merah, putih, kuning, merah muda dan lain-lain. Tangkai bunga ini memiliki duri yang tajam dan bercabang.

Cara-Menanam-Bunga-Bougenville
Cara Menanam Bunga Bougenville

Cara Menanam Bunga Bougenville yang Baik

Kondisi Tumbuh

Tanah: Campuran pot kering dengan banyak perlit.
Cahaya: Matahari penuh. Banyak petani memindahkan bougainvillea ke luar di bulan-bulan musim panas.
Suhu: Relatif kuat. Mereka tahan suhu tinggi tropis dan dingin.
Air: Biarkan lembab di musim panas dan hampir kering di musim dingin. Mereka mekar lebih baik dalam kondisi musim dingin yang lebih kering.
Pupuk: Beri nutrisi pupuk cair lemah setiap minggu atau gunakan pupuk rilis terkontrol di musim panas.

Persiapan Bibit Bunga Bougenvile

Bibit bunga bougenville dapat diperoleh dari pucuk sambung dan juga stek batang. Begini caranya stek bunga bougenville: pilih batang bibit potensial dari tanaman bougenville tua dan kemudian potong batang yang dipilih untuk meruncing atau menyerong. Setelah itu, mereka bisa segera ditanam.

Cara sambung pucuk bunga bougenville yang menghubungkan cabang-cabang bunga muda dengan tanaman bunga tua dengan warna bunga yang berbeda dan memungkinkan cabang untuk bercampur dan tumbuh sempurna melalui batang utama.

Cara Menanam Bunga Bougenville

Media tanam yang digunakan untuk menumbuhkan bunga bougenville adalah campuran tanah dan pasir, karena tanaman bunga bougenville sangat menyukai media pertumbuhan berpasir.

Pot tanaman yang digunakan dapat disesuaikan dengan bibit bunga bougenville untuk ditanam.

Ketika semuanya sudah siap, segera tanam. Stek ditanam dengan memasukkannya ke dalam media tanam hingga kedalaman kira-kira 5 cm. Metode penanaman ini harus dilakukan pada pagi atau sore hari, karena tingkat pertumbuhan tunas baru pada tanaman meningkat pada saat ini.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin terutama pada awal bibit ditanam atau ketika musim kemarau, lakukan penyiraman 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Siramlah secukupnya saja sampai media tanam cukup lembab. Sedangkan penyiraman pada musim hujan dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman.

Pemangkasan Cabang

Lakukan pemangkasan cabang terhadap bunga bougenville agar pertumbuhannya optimal dan agar bunga bougenville terlihat rapi dan terawat. Pemangkasan ini juga bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dan sinar matahari dapat menembus keseluruh tanaman.

Pemupukan

Agar tanaman bunga bougenville terpenuhi nutrisinya dan dapat tumbuh dengan baik dalam tanah maka lakukan pemupukan. Untuk pupuk anda bisa menggunakan pupuk organik dan anorganik, tetapi sebaiknya gunakan pupuk organik.

Penyiangan

Lakukan juga penyiangan pada gulma dan juga tanaman liar yang tumbuh disekitar bunga bougenville karena gulma dan tanaman lainnya dapat merebut nutrisi dalam tanah yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pada tanaman bunga bougenville lebih tahan terhadap hama dan penyakit tetapi tetap saja tanaman ini bisa terserang hama dan penyakit. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan manual atau disemprotkan bahan kimia seperti fungisida dan insektisida.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga bougenville semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: