7 Cara Menanam Bunga Mawar agar Cepat Berbunga

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Ketika Anda membeli tanaman mawar, seringkali tidak terlihat seperti rumpun pohon mawar yang Anda bayangkan. Tanaman mawar untuk dijual sering kali memiliki batang pendek tanpa daun dan banyak yang tumbuh tanpa alas. Bukan hanya Anda yang bertanya-tanya cara terbaik menanam mawar. Jika Anda melihat tanaman seperti ini Anda mungkin bertanya-tanya apakah mereka masih hidup, apalagi cara menanamnya.

Cara-Menanam-Bunga-Mawar
Cara Menanam Bunga Mawar

Mawar tidak begitu rapuh yang mungkin terjadi dan Anda bisa meletakkannya di lubang dan berhasil. Tetapi sedikit lebih banyak usaha ketika menanam mawar terbayarkan pada tanaman yang lebih sehat dan berbunga. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menanam dan merawat mawar setelah ditanam.

Cara Menanam Bunga Mawar

Pemilihan Bibit Bunga Mawar

Saat ini ada banyak pilihan bibit bunga mawar. Warna dan bentuk kelopaknya juga bervariasi, bahkan ada lebih dari 100.

Anda dapat dengan mudah mendapatkannya di toko hias atau pasar online. Harganya pun bervariasi, mulai dari 15 hingga 50.000 rupiah untuk satu pot tanaman hidup dengan ketinggian 30 cm.

Untuk bibit dalam bentuk stek batang, pastikan bahwa mereka berasal dari indukan mawar sehat yang berumur lebih dari satu tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan kondisi tangkai yang sudah berkayu dan memiliki warna cokelat dengan panjang stek batang untuk benih setidaknya 15 cm.

Persiapan Media Tanam

Meskipun tanaman mawar dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berbeda, media tempat mereka tumbuh harus gembur dan subur untuk dapat berbunga denga lebat.

Setidaknya ada 2 pilihan cara menanam mawar yaitu didalam pot atau bisa langsung di pekarangan atau kebun.

Bagi Anda yang ingin menanam dengan polybag, gunakan bahan tanam yang memiliki porositas dan yang memiliki kemampuan menahan air dengan cukup baik.

Bahan untuk pembuatan media tanam bunga mawar adalah dalam bentuk campuran cocopeat atau tempurung kelapa, pupuk kandang dari kotoran kambing dan tanah sawah dalam perbandingan 1: 2: 1 sebelumnya.

Untuk penanaman langsung di pekarangan buat dulu lubang tanam 30x30x30 cm, lalu campur tanah yang terkubur dalam perbandingan 1: 2: 1 dengan pupuk kandang cair dan cocopeat.

Menanam Bunga Mawar

Untuk pertumbuhan mawar yang optimal, pilihlah lokasi dengan tingkat naungan 30%. Anda dapat memilih tempat penanaman seperti di teras rumah.

Nah, untuk menanam mawar dari setek batang sebaiknya gunakan polybag kecil dengan diameter 10 cm.

Setelah diisi dengan media tanam, tancapkan setek batang mawar sampai kedalaman 5-10 cm. Kemudian tutupi batang mawar dengan plastik bening agar tetap lembab dan mempercepat pertumbuhan tunas.

Anda harus menjaga agar media tanam tetap lembab dengan menyiraminya setiap 2 hari. Selain itu, letakkan polybag di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

Menanam mawar di halaman juga mudah.

Keluarkan bibit mawar dari pot atau polybag. Kemudian taruh di lubang tanam yang disiapkan sebelumnya. Pastikan bahwa semua bagian akar tanaman ditutupi dengan media tanaman dan kemudian memadatkan tanah di sekitarnya sehingga tanaman mawar tidak mudah roboh.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemangkasan

Secara berkala, mawar juga butuh dipangkas. Apa yang harus dipangkas? yaitu Daun dan ranting yang busuk sehingga tidak mengganggu bagian tanaman yang lain.

Tidak hanya yang busuk saja tetapi juga bagian yang kering harus dipangkas. cara memangkasnyajuga harus berhati-hati, Cobalah untuk memangkasnya dengan lurus.

Pemupukan

Mawar juga membutuhkan pupuk untuk tumbuh dengan baik. Pilih pupuk yang terbuat dari kotoran hewan untuk membuat tanaman tumbuh subur dan indah.

Hama dan Penyakit

Hama memang merupakan ancaman utama bagi semua tanaman. Untuk menghindari hal ini, Anda harus menyemprotkan pestisida 1-2 kali sebulan. Perawatan seperti ini perlu hati-hati dan dilakukan secara konsisten, ya.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga mawar semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: