13 Cara Menanam Pepaya California dari Biji

Posted on

Cara Menanam Pepaya California dari Biji – Ketertarikan masyarakat terhadap pepaya california menjadikannya tanaman utama untuk ditanam. Pepaya california merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk mati.

Selain itu pepaya california adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat yang dapat dipanen pada usia 8-9 bulan. Pepaya california dapat dipanen 4 kali dalam sebulan.

Setiap hektar lahan diperkirakan menghasilkan hingga 2-3 ton. Sehingga panen bisa mencapai 12 ton / 1 hektar dalam setahun, sementara waktu produksi pepaya bisa mencapai 4 tahun.

Cara Menanam Pepaya California dari Biji yang Baik

Cara-Menanam-Pepaya-California-dari-Biji
Cara Menanam Pepaya California dari Biji

Syarat Tumbuh

Ada sejumlah faktor untuk menanam pepaya di California yang harus memenuhi permintaan tumbuh pada tanaman. Pepaya california tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 700 hingga 1000 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 1.000 hingga 2.000 mm / tahun dengan suhu udara optimal 22 hingga 26 derajat Celcius dan kelembaban sekitar 40%.

Jika angin tidak terlalu kencang, ini waktu yang tepat untuk penyerbukan. Selain itu tanah harus subur, mengandung humus, gembur dan banyak air. PH tanah ideal antara 6 dan 7 (netral).

Persiapan Lahan Tanam

  1. Pertama tanah dibajak atau dicangkul sampai halus dan rata.
  2. Buatlah bedengan memiliki lebar 220 cm atau 250 cm, tinggi 55 cm dan panjang bedengan disesuaikan dengan keadaan lahan.
  3. Bedengan dengan lebar 200 cm digunakan untuk menanam pepaya pada jarak 2,5 m, sedangkan bedengan dengan lebar 250 cm digunakan untuk menanam pepaya pada jarak 3 m.
  4. Jarak tanam tertentu yang digunakan, misalnya 3 m x 3 m atau 2.5 m x 2.5 m.
  5. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 60 cm × 60 cm × 60 cm diproduksi langsung di atas titik jarak tanam. Saat menggali lubang tanam, tanah bagian atas dipisahkan dari lapisan tanah bawah.
  6. Lubang tanam diberi berokan (berventilasi) selama 1-2 minggu untuk membunuh kuman.
  7. Sebelum mengembalikan tanah yang digali, tanah bagian atas (top soil) dicampur dengan 40 kg pupuk kandang matang. Kemudian tanah dikembalikan, meninggalkan posisi lantai atas (lantai atas) di atas dan lapisan bawah (lapisan tanah) di bawah.

Pemilihan Bibit Pepaya California

  1. Benih berasal dari bahan induk berkualitas tinggi dan unggul.
  2. Benih tidak memiliki cacat (abnormal).
  3. Bibit memiliki banyak perakaran.
  4. Bibit atau biji memiliki warna yang mengkilap.
  5. Bibit atau biji tidak dalam penyakit.

Penyemaian Biji Pepaya California

  1. Setelah mendapatkan biji pepaya california yang baik digunakan untuk bibit, pertama-tama rendam dalam air kurang lebih semalam. Hari berikutnya, ambil biji pepaya yang tenggelam sebagai bibit dan buang bijinya yang mengambang.
  2. Kemudian biji yang dipilih harus disimpan dengan koran atau dapat juga menggunakan kain basah selama sekitar 1 minggu atau 7 hari. Pemeliharaannya, Anda cukup menjaga kelembaban kain atau koran yang Anda gunakan.
  3. Selain itu, setelah seminggu disimpan, banyak benih yang telah menjadi benih siap ditabur.
  4. Siapkan beberapa polybag dengan jumlah yang diperlukan dan kemudian masukkan ke tanah yang halus dicampur dengan kompos dalam perbandingan 2: 1.
  5. Tempatkan benih di tanah dan tutupi dengan tanah tipis. Lakukan penyiraman dengan air yang cukup.
  6. Tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari.
  7. Umumnya benih yang bisa ditanam ketika mencapai usia sekitar 1 – 1,5 bulan setelah disemai.

Penanaman Bibit Pepaya California

Tahap selanjutnya adalah proses penanaman pepaya california. Pada tahap ini, Anda seharusnya telah menyelesaikan proses pemilihan bibit, penyemaian dan juga pengolahan lahan.

Setelah ketiga langkah di atas selesai, Anda sudah bisa melakukan proses penanaman. Proses penanamannya sederhana, tetapi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar calon tanaman pepaya tidak rusak.

Cara menanam pepaya california, ambil bibit dari tempat semai, pilih tanaman yang sudah memiliki sekitar 2-3 daun. Kemudian buka polybag yang menyelimuti akar tanaman sehingga akar bisa berkembang secara optimal.

Selanjutnya, masukkan lubang yang Anda buat sebelumnya dan tutup dengan tanah hitam, tanah normal dan pupuk kandang yang telah dicampur, dan kemudian lakukan penyiraman dengan banyak air.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Tanaman pepaya california harus disiram secara teratur setiap pagi dan sore hari. Jika sebulan setelah tanam, frekuensi penyiraman bisa dikurangi menjadi tiga atau empat hari sekali.

Penyulaman

Penyulaman dilakukan untuk menghilangkan bibit mati atau kurang baik pertumbuhannya. Penyulaman harus dilakukan sesegera mungkin, yaitu antara 1-2 minggu setelah tanam. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan nya merata.

Pemangkasan

Pemangkasan cabang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pepaya california tua (mulai umur empat tahun). Pemangkasan juga dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Penyiangan

Penyiangan juga harus dilakukan ketika ada gulma atau tanaman liar di sekitar tanaman pepaya california, karena akar tanaman pepaya tidak dapat bersaing dengan gulma atau tanaman liar. Pada saat yang sama, lakukan juga penggemburan tanah.

Pemupukan

Periode Pemupukan 0 hingga 4 bulan setelah tanam adalah periode kritis, jadi pemupukan harus dilakukan. Pupuk yang disediakan terdiri dari pupuk buatan pabrik (kimia) dan pupuk organik (pupuk kandang).

Pemberian Mulsa

Mulsa atau penutup tanah dapat diterapkan untuk menjaga kelembaban tanah. Penutup tanah atau mulsa juga bisa dalam bentuk daun kering, jerami kering, dll.

Proses Panen

Panen terjadi ketika usia pepaya california mencapai 7-9 bulan. Dengan ciri-ciri buah sudah banyak berwarna kekuningan, panen bisa berlangsung 4 kali dalam sebulan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam pepaya california dari biji semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya