4 Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Memang, popularitas durian tidak diragukan lagi karena penggemar buah berduri kecanduan daging lunak dan rasanya nyata dengan aroma khas yang sangat menggoda. Karena buah durian laris dipasaran, prospek budidaya durian adalah salah satu prospek yang menjanjikan, sehingga semakin banyak orang ingin mencoba membudidayakan durian.

Bagi Anda yang juga ingin menanam durian, ada baiknya mencoba menanam pohon durian pendek. Dengan metode ini, waktu perawatan lebih singkat dan pohon menghasilkan buah lebih cepat. Panen dari pohon durian pendek juga akan memudahkan Anda memasukkan buah durian ke dalam pohon.

Cara-Menanam-Pohon-Durian-Pendek
Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Syarat Tumbuh

Hal pertama yang perlu diingat ketika menanam benih tentu saja adalah lahan. Pilihlah lahan yang cocok untuk menanam durian sehingga pohon durian pendek dapat tumbuh optimal dan menghasilkan buah yang lebat. Persyaratan lokasi berikut diperlukan agar pohon buah durian dapat cepat berbuah ketika pohon masih pendek.

  1. Tumbuh baik didataran tinggi ini terletak antara 500 dan 1000 meter di atas permukaan laut.
  2. Lahannya memiliki tekstur tanah yang keras dan berpasir dan merupakan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan pohon durian pendek.
  3. Temperatur yang cocok untuk pertumbuhan durian dengan pohon pendek adalah antara 21 dan 30 derajat Celcius.
  4. Curah hujan yang dibutuhkan untuk pohon pendek ini berkisar antara 1500 hingga 2500 mm per tahun. Pohon buah berduri ini membutuhkan daerah dengan curah hujan tinggi.
  5. Dalam hal keasaman tanah, pohon durian pendek ini membutuhkan pH 6-7.

Pemilihan Bibit Durian yang Berkualitas

Kelemahan dari pohon durian pendek adalah bahwa mereka kurang kebal terhadap gangguan jamur. Karena itu, Anda perlu memilih benih dengan kualitas baik dan buah cepat. belilah bibit durian ditoko pertanian terpercaya.

Anda dapat memilih jenis penanaman seperti sambung pucuk, okulasi atau cangkok. Mempercepat tanaman dan penanam buah yang telah diwariskan dengan sempurna. Berikut persyaratan lengkapnya:

  1. Ukuran batang atas dan bawah sama.
  2. Kulitnya memiliki pola seperti pohon durian dewasa.
  3. Cabangnya dahan dan jumlahnya seimbang. Jika tidak, pohon itu tidak tumbuh lurus.
  4. Jika Anda memilih persambungan atau okulasi, pastikan sudah terintegrasi dengan sempurna
  5. Diameter batang harus sesuai dengan tinggi benih. Tinggi ideal minimal 60 cm dan paling banyak 2 meter.
  6. Banyak tunas dan daun adalah biji yang baik.
  7. Batangnya lurus dan tidak memiliki cabang. Hal ini adalah bagian penting yang harus diperhatikan karena terkait dengan penyaluran nutrisi agar lebih sempurna. Lebih cepat menghasilkan buah.
  8. Pastikan bijinya bebas dari penyakit atau hama. Batang dan daunnya tidak aneh (tidak ada lubang dan noda).

Pengolahan Lahan Tanam dan Penanaman

Dengan menggemburkan struktur tanah bisa menjadi kaya nutrisi. Maka Anda harus menjalankan proses yang satu ini. Tanah yang telah digemburkan kemudian ditambahkan pupuk secukupnya. Tinggalkan lahan selama seminggu.

Setelah didiamkan setelah seminggu. Kemudian penanaman durian pendek bisa dimulai. Anda sebaiknya meletakkan bibit durian di lubang yang jaraknya 8 meter di antara lubang lainnya. Lakukan penjarangan hingga 8 meter direncanakan agar durian dapat tumbuh dengan cepat.

Jika Anda menanam lebih dari satu, buatlah lubang tanam dengan jarak 8 meter. Benih durian ditanam dengan cara memasukkannya ke dalam lubang dan menguburnya sampai ke leher akar. Pastikan bibit berdiri tegak saat tanam. Sehingga gulma tidak menempel pada tanaman durian pendek Anda sebanyak mungkin. Buah durian pasti akan berhasil dalam beberapa bulan.

Perawatan dan Pemeliharaan

Agar tanaman durian pendek cepat berbuah dan dapat berbuah dengan lebat salah satu kuncinya adalah perawatan, berikut perawatan durian pendek:

Penyiraman

Jika penanaman terjadi selama musim hujan, Anda tidak perlu khawatir tentang penyiraman, tetapi jika Anda menanam selama musim kemarau idealnya menyirami bibit selama 2 hari sekali. Lakukan penyiraman sebelum matahari terbit (sinar matahari belum muncul) atau setelah matahari terbit (matahari belum panas).

Pemupukan

Saat pemupukan tanaman durian, pupuk kimia seperti NPK atau pupuk organik seperti kotoran kambing dapat digunakan setiap 3 bulan. Sesekali tambahkan unsur-unsur mikro ke tanaman agar pohon menghasilkan buah dengan cepat dan kualitas buah lebih baik. Anda juga bisa menambahkan pupuk daun untuk tambahan nutrisinya.

Pengendalian hama dan penyakit

Semprotkan insektisida pada tanaman durian Anda. Anda dapat menggunakannya dengan menyemprotkannya ke seluruh permukaan tanaman. Selain menggunakan furadan dapat menggunakan cara manual, lakukan lagi setelah 4 bulan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam pohon durian pendek semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya