10 Manfaat Buah Genitri untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tanaman Genitri atau nama Latin Elaeocarpus ganitrus roxb atau di India disebut genitri Rudraksha dapat ditemukan dengan mudah karena tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia tetapi tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Penggunaan tanaman genitri di Indonesia sangat beragam. Diantara nya digunakan sebagai pohon pelindung jalan raya dan hutan kota, kayu dari tanaman genitri yang digunakan untuk pekerjaan pertukangan kayu, dan bahan baku untuk alat musik seperti gitar dan piano. Selain itu, bentuk dan ukuran biji Ganitri yang unik dapat menghasilkan berbagai produk perhiasan (gelang, kalung, Tasbih).

Manfaat-Buah-Genitri
Manfaat Buah Genitri

Tanaman Genitri di India digunakan sebagai persembahan pada upacara kremasi. Di India, biji Ganitri digunakan sebagai bahan baku obat-obatan herbal, sedangkan di Indonesia biji Ganitri hanya digunakan sebagai perhiasan dan produk komersial. Selain kebutuhan yang disebutkan di atas, ternyata ada manfaat kesehatan dari buah Genitri atau Jenitri.

Manfaat Buah Genitri

Sumber Antimikroba

Seperti yang sudah kita ketahui, negara kita adalah negara tropis dengan kelembaban, curah hujan, dan suhu, yang cocok untuk pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme. Mikroorganisme seperti bakteri dapat menjadi racun atau beracun dan membahayakan kesehatan manusia.

Antibiotik biasanya digunakan untuk mengendalikan bakteri ini. Penggunaan antibiotik sangat baik, tetapi jika penggunaannya tidak dalam komposisi yang baik, bakteri akan berkembang yang resisten terhadap antibiotik.

Anda dapat menggunakan buah Genitri untuk mengatasi bakteri berbahaya. Hal ini disebabkan oleh kombinasi senyawa seperti flavonoid, alkaloid dan tanin dan glikosida yang efektif sebagai agen antimikroba.

Pewarna Makanan alami

Ketika kita membuat makanan, warna makanan adalah salah satu faktor penting yang menarik konsumen pada produk makanan Anda. Sayangnya, warna pada sebagian besar makanan adalah warna sintetis, terkadang warna makanan tanpa kualitas makanan juga digunakan.

Untuk melakukan ini, gunakan warna makanan alami yang lebih aman dibandingkan dengan pewarna sintetis yang berasal dari kulit genitri ini. Atocyanidin terkandung dalam buah genitri.

Dapat Menyerap Polusi

Buah genitri juga memiliki manfaat lain, seperti yang ditemukan oleh Dwiarum Setyoningtyas dalam penelitiannya yang membandingkan konsentrasi sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida dalam sebuah kotak.

Dalam penelitiannya, ia menggunakan kedua kotak kaca yang dihembuskan ketika tiga gas buang dibakar Jenis bahan bakar dengan berbagai konten biodiesel. Singkatnya, hasil penelitiannya tentang biji buah Genitri bermanfaat dalam mengurangi tingkat polusi atau pencemaran.

Oleh karena itu tanaman Genitri biasanya digunakan sebagai pohon pelindung di sisi jalan untuk mengurangi polusi dari kendaraan yang lewat.

Dapat Menenangkan Saraf dan Pikiran

Manfaat kesehatan buah genitri selanjutnya adalah Anda bisa menggunakannya untuk menenangkan saraf. Biji buah genitri dapat menyebabkan pikiran positif karena sifat kimia yang menghasilkan efek induksi listrik dan gerakan elektromagnetik, sehingga biji Jenitri dapat mempengaruhi sistem otak sambil menyebarkan rangsangan biolektrokimia.

Hal ini karena Biji buah genitri mengandung unsur mukosa seperti kalsium, klor, tembaga, kobalt, mangan, magnesium, dan fosfor.

Melindungi Paru Paru

Anda dapat memanfaatkan sifat antibakteri genitri untuk melindungi kesehatan paru-paru. Dimana dalam buah genitri dan bijinya mengandung glikosida, alkaloid dan flavonoid.

Selain melindungi paru-paru, bijinya juga dapat melindungi tubuh dari kanker bakteri dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Anti-inflamasi

Anda dapat menggunakan biji buah ganitri untuk membantu menenangkan dan menyembuhkan pembengkakan atau peradangan. Ini juga muncul dari penelitian Singh RK dari Departemen Farmakologi di Universitas Hindu Banaras.

Dalam penelitiannya, ia menggunakan berbagai Larutan seperti petroleum eter, benzena, kloroform, aseton, dan etanol untuk melarutkan 200 mg / kg buah Ganitri kering. Larutan Ganitri yang direndam selama 30 hingga 45 menit menunjukkan sifat anti-inflamasi dari inflamasi akut dan non-akut pada tikus percobaan.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah genitri tidak hanya anti-inflamasi, tetapi juga dapat mencegah dan mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Di mana, seperti yang sudah kita ketahui, hipertensi dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan, maka dari itu jangan sepelekan tekananan darah tinggi.

Di mana hal serupa juga terungkap melalui penelitian oleh Sahih Singh RK dari Departemen Farmakologi. Dalam penelitiannya, ia merendam biji buah genitri semalaman dan meminumnya sebelum makan atau dengan perut kosong.

Air minum dapat mengurangi tekanan darah tinggi jika diminum secara teratur selama seminggu. Selain minum air rebusannya juga bisa disertai dengan meneteskan biji Genitri kering di leher, maka tubuh akan terhindar dari pembengkakan, bakteri hingga kanker.

Mengurangi Stress

Manfaat buah Genitri terutama biji buah genitri baik untuk mengurangi dan mencegah stres dan depresi. Secara umum, orang yang menderita stres cenderung merasa gugup dan sulit melakukan aktivitas normal sehari-hari.

Sekarang Anda bisa menggunakan biji genitri untuk menghilangkan stres. Ini bukan hanya mitos, karena seperti yang kami jelaskan di atas sebuah penelitian membuktikan bahwa biji Henitri mampu menginduksi listrik dan gelombang elektromagnetik untuk mempengaruhi sistem otak pusat, mengatur aktivitas otak dan kesehatan, dan pada akhirnya mengembangkan efek penenang atau gelombang elektromagnetik rileks.

Meningkatkan Kerja Jantung

Sinyal elektromagnetik di biji genitri dapat memasok organ dalam tubuh kita dengan sinyal elektromagnetik positif. Caranya sangat sederhana, cukup buat kalung atau gelang atau aksesoris dari buah dan biji genitri.

Efek menggunakan aksesori untuk biji genitri mengoptimalkan dan meningkatkan kerja organ. Ketika jantung normal, tubuh terasa lebih segar dan sehat, sistem kekebalan tubuh terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit, risiko serangan jantung diminimalkan, dan stroke dapat dicegah.

Mampu Menghancurkan Lemak

Manfaat buah ganitri dapat digunakan untuk menurunkan lemak yang menumpuk di tubuh. Mengapa buah genitri dapat mengatasi lemak berlebih? Buah genitri terutama dalam bijinya mengandung senyawa alkaloid pseudoepi isoelaeocarpilin, rudrakin, eleocarpine, isoelaeocarpine dan eleocarpilin

Dalam sebuah studi oleh A B. Ray dari Institut Kimia Obat-Obatan di Universitas Hindu Banaras, India, ia melakukan penelitian dengan 25 g buah elaeocarpus ganitrus kering yang dicuci dalam 1 gelas air dan direbus hingga setengah dari air rebusan tersebut. Setelah air rebusan dingin, saring, lalu minum sekaligus. Buah genitri efektif untuk menghilangkan lemak tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah genitri semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya