9 Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Posted on

Cara Menanam Semangka dalam Polybag – Semangka umumnya ditanam di dataran tinggi dan sawah. Namun, ternyata semangka juga bisa ditanam dalam polybag dan di taman rumah yang sempit. Menanam semangka dalam polybag sebenarnya sangat mudah dan Anda bisa berlatih di rumah.

Tanaman semangka biasanya dapat dipanen dalam waktu tiga bulan sejak penanaman. Tetapi sangat menyenangkan jika Anda menanam semangka sendiri di kebun dan ingin memetik buah dalam waktu yang relatif singkat.

Cara-Menanam-Semangka-dalam-Polybag
Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Cara Menanam Semangka dalam Polybag

Persiapan Alat dan bahan

Berikut adalah alat dan bahan untuk menanam semangka dalam polybag yaitu :

  1. Tanah berhumus
  2. Benih semangka
  3. Sekam
  4. Pupuk kompos / pupuk kandang
  5. Gagang bambu untuk tiang / penyangga
  6. Fungisida
  7. Polybag / pot

Pengolahan Lahan Tanam

Setelah menyiapkan alat dan bahan, kita melanjutkan ke langkah berikutnya, di mana media tanam dapat diolah. Perhatikan langkah-langkah berikut saat mengolah media tanam:

  1. Persiapkan tanah gembur dan subur yang mengandung banyak bahan organik, misalnya tanah bekas bakaran atau tanah di bawah pohon bambu.
  2. Aduk tanah secara merata dengan campuran pupuk kandang atau pupuk kompos dalam perbandingan 1: 1. Dapat juga ditambahkan arang sekam.
  3. Setelah itu, tinggalkan tanah kurang lebih seminggu atau lebih lama sebelum tanam.
  4. Kemudian masukkan tanah dicampur dengan pupuk ke dalam pot / polybag sampai merata.
  5. Setelah menempatkan bagian bawah dalam polybag/ pot sampai rata, lakukan penyiraman sampai lembab. Dan media siap ditanam.

Pemilihan Benih

Memilih benih berkualitas sangat penting untuk menghasilkan tanaman berkualitas dan berbuah lebat. Bibit semangka baik atau benih yang bisa kita beli di toko-toko pertanian dari berbagai jenis dan varietas. Benih yang dipilih harus sehat, hitam mengkilap atau kecoklatan, tidak terkena hama dan tidak abnormal.

Setelah kita mendapatkan benih, kami merendamnya dengan fungisida selama sekitar sehari semalam. Jumlah biji yang kita rendam tergantung pada seberapa banyak kita ingin menanam semangka. Tujuan berendam adalah semangka yang kita tanam tidak mudah terinfeksi oleh hama dan penyakit, terutama yang disebabkan oleh jamur. Waktu berendam adalah hari sebelum tanam.

Proses Penanaman

Setelah menyelesaikan media tanam dalam pot, langkah selanjutnya adalah menanam bibit semangka yang sebelumnya telah direndam. Buat 2-3 lubang tanam dalam pot hingga kedalaman 5 cm dan tempatkan benih di dalam lubang. Tutupi benih dengan tanah dan sirami sampai lembab.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama di musim kemarau dan di awal masa tanam untuk menghindari kekeringan tanaman dan mati.

Pemupukan

Lakukan pemupukan untuk menambahkan nutrisi dalam tanah, pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos dan dapat juga pupuk kimia seperti pupuk ZA dan KCl dengan dosis 5 gram per tanaman.

Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap tanaman jika terdapat gulma dan tanaman liar lainnya, Penyiangan sebaiknya dilakukan agar pertumbuhan semangka tidak terganggu karena gulma dapat merebut nutrisi dalam tanah.

Proses Panen

Semangka sudah dapat dipanen ketika tanaman berumur 2-3 bulan, tergantung pada kondisi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Buah-semangka yang siap panen ditandai dengan pembesaran, buah mengkilap, batang menguning, dll. Pemanenan dapat dilakukan dengan memetik atau memotong dengan gunting dan pisau. Pemotongan dilarang menggunakan Gerenda, apalagi dengan gergaji mesin.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam semangka dalam polybag semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya