11 Cara Menanam Vanili dan Perawatannya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Vanili adalah tanaman hijau, karena tanaman ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Semakin baik kualitas tanaman vanili ini, semakin tinggi harga jual tanaman tersebut. Oleh sebab itu, banyak orang yang ini budidaya tanaman vanili ini, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang gagal dalam membudidayakan tanaman ini, hal ini bukan tanpa sebab, kemanyakan dari merekan yang gagal membudidayakan tanaman vanili ini karena mereka tidak memiliki ilmu / trik dalam menanan vanili dengan baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara menanam vanila sehingga Anda yang ingin menanam tanaman ini dapat memperoleh imbalan sesuai dengan harapan Anda.

Cara-Menanam-Vanili
Cara Menanam Vanili

Dalam budidaya tanaman vanila ini sebenarnya tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah. Hal ini tergantung pada konsistensi Anda dalam merawat tanaman, mulai dari tahap pembibitan hingga tahap akhir yaitu fase panen vanila.

Cara Menanam Vanili

Persiapan Lahan

Sekadar informasi, tanaman vanila ini adalah tanaman yang tidak bisa berdiri tegak dengan sendirnya. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki / menanam tanaman pelindung sehingga tanaman vanili yang Anda tanam nanti tumbuh di tanaman pelindung yang sebelumnya Anda tanam.

Jika Anda merasa tidak nyaman menanam tanaman pelindung, Anda dapat menggunakan bambu atau kawat yang Anda bentuk / buat sehingga tanaman vanili yang Anda tanam dapat merambat di bambu atau kawat yang Anda buat. Dan Anda harus terlebih dahulu membersihkan lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya vanili ini karena jika ada tanaman seperti rumput atau guima pertumbuhan tanaman vanili ini akan terhambat.

Persiapan Benih

Setelah Anda merasa bahwa lahan di mana Anda akan menanam vanili bersih, sekaranglah saatnya untuk membeli bibitvanili, tetapi jangan terlalu tergesa-gesa untuk membeli bibit vanili karena ini merupakan faktor penting bagi kegagalan dan keberhasilan budidaya vanili Anda. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih benih vanilla ini adalah:

Benih Vegetatif

  1. Umur bibit harus lebih dari 10 tahun
  2. Memiliki banyak tunas sulur
  3. Tanaman yang akan diambil steknya harus memiliki batang yang sehat
  4. Produktivitas tanaman sangat tinggi

Sebagai informasi, setek yang baik untuk ditanam harus berusia minimal 1 tahun dan memiliki bagian buku ruas yang bagus. Anda dapat melakukan hal berikut untuk menerapkan:

  1. Potong pucuk untuk stek dengan ukuran 45 cm – 75 cm
  2. Tempatkan stek yang sebelumnya dipotong dalam larutan POC NASA (1 / 2cc / l) dan tambahkan GLIO ALAMI ke dalam cairan. Kemudian diamkan selama 2-3 hari.

hal ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dan mencegah pembusukan di setek

Benih Generatif

Benih generatif ini adalah bibit yang berasal dari biji vanili dan biasanya tersedia dari Vanilla planifolia Andrews, Vanilla tahitensis JW.Moore dan Vanilla pompana. Dan Anda harus perhatikan memilih benih generatif yaitu:

  1. Tulen
  2. Memiliki sifat yang sama dengan induknya
  3. Sehat, segar dan dalam kondisi sangat baik
  4. Tidak boleh dicampur dengan bibit yang tidak berkualitas baik

Proses Penanaman

Setelah Anda mengerjakan lahan dan juga benih untuk bibit vanili, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menanam biji vanili ini:

  • Buat lubang 25 cm x 15 cm x 10 cm dan coba lubang yang Anda buat di sebelah tanaman pelindung / bambu / kawat yang Anda persiapkan.
  • Tanam stek secara mendatar / berbaring dalam lubang (horizontal)
  • Usahakan sinar matahari bisa mengenai benih yang sudah Anda tanam

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan tanaman vanili, ini termasuk beberapa pekerjaan yang harus Anda lakukan. Hal ini mempengaruhi baik atau buruknya panen. Berikut adalah tugas-tugas dalam merawat vanila:

  1. Penyiraman
  2. Penyiangan
  3. Pemupukan
  4. pemangkasan

Penyiraman

Penyiraman berfungsi untuk manjaga kelembaban tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman vanili terutama pada masa awal pertumbuhan tanaman.

Penyiangan

Penyiangan di sini untuk menjaga tanaman dari gulma dan tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman vanili agar tidak terjadi perebutan nutrisi dengan tanaman gulma.

Pemupukan

Mungkin ada banyak dari Anda yang sudah tahu fungsi pemupukan. Pemupukan dilakukan agar tanaman vanili yang Anda tanam menjadi subur dan sehat. Anda bisa menggunakan pupuk kandang dan pupuk urea.

Pemangkasan

Ini bukan hanya pemangkasan untuk tanaman vanili, tetapi juga untuk tanaman pelindung, di mana pemangkasan ini berfungsi untuk memaksimalkan panen yang akan Anda capai nanti.

Proses Panen

Ini adalah hari yang Anda tunggu-tunggu, tanaman vanili Anda siap dipanen. Biasanya panen vanili dapat berlangsung dalam 8 hingga 9 bulan atau tanda-tanda vanili Anda siap dipanen adalah memiliki warna hijau gelap dan garis-garis kekuningan. Biasanya panen dilakukan dengan mengambil buah vanilla tua dan meninggalkan vanilli muda. Hal ini karena buah vanila tua memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada vanila muda.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam vanili semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya