12 Jenis Tanaman Buah-Buahan Di Halaman Rumah

Posted on

Jenis Tanaman Buah-Buahan Di Halaman Rumah – Halaman rumah merupakan tempat yang cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman hias, baik itu tanaman hias bunga maupun tanaman hias lainnya, bagi anda yang hobi berkebun tentu akan mengisi halaman rumah anda dengan berbagai jenis tanaman.

Halaman rumah dapat memberikan manfaat kepada kita jika dapat memanfaatkannya dengan baik, salah satu pemanfaat yang dapat dilakukan adalah dengan menanam berbagai macam tanaman buah-buahan.

Tidak semua jenis tanaman Buah- buahan cocok untuk ditanam pada halaman rumah anda, bisa karena pohon yang terlalu besar atau bisa juga kondisi lingkungan yang tidak cocok dengan tanaman buah tersebut

Berikut adalah tanaman buah-buahan di halaman rumah

1. Buah Jambu Air

Tanaman-Buah-Jambu-Air
Tanaman Buah Jambu Air

Buah yang satu ini banyak kita temui dihalaman rumah orang indonesia, karena memang buah yang satu ini cocok ditanam pada halaman rumah, pohon jambu air ini dapat tumbuh tinggi mencapai 10 meter.

Namun menanam pohon jambu air ini sebaiknya agak menjauh dari rumah karena pohon jambu air ini membutuhkan ruang yang cukup luas, jika kita merawat pohon jambu air dengan baik maka dapat dihasilkan buah yang banyak dan mempunyai banyak manfaat.

2. Buah Jambu Biji

Tanaman-Buah-Jambu-Biji
Tanaman Buah Jambu Biji

Tanaman buah jambu biji ini merupakan jenis jambu lainnya yang dapat ditanam pada halaman rumah, berbeda dengan jambu air, tanaman jambu biji tidak memerlukan lahan yang luas.

Buah yang dihasilkan juga mempunyai banyak manfaat diantara nya sebagai peningkat trombosit dalam darah bagi penderita penyakit DBD.

3. Buah Mangga

Tanaman-Buah-Mangga
Tanaman Buah Mangga

Tanaman yang memiliki nama ilmiah “mangifera indica” ini mempunyai banyak varian jenis, tanaman buah mangga ini banyak ditanam pada halaman rumah masyarakat indonesia.pohon mangga dapat tumbuh tinggi mencapai 5 meter.

Jika kita ingin menanam pohon mangga namun tidak memiliki lahan yang luas anda tidak perlu khawatir karena sekarang pohon mangga ini dapat ditanam dengan metode tambulampot. Buah yang dihasilkan pun tidak kalah manis dengan buah dari pohon mangga biasa.

Baca Juga : 20 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot Yang Paling Cepat Berbuah

4. Buah Pepaya

Tanaman-Buah-Pepaya
Tanaman Buah Pepaya

Pohon pepaya tumbuh tidak terlalu tinggi oleh sebab itu tanaman ini banyak ditanam pada halaman rumah, pohon pepaya tumbuh keatas dengan sedikit cabang, buah nya sangat manis dan dapat dimakan mentah maupun matang.

Buah pepaya yang masih muda biasanya dijadikan masakan sayuran, sedangkan yang sudah matang dijadikan makanan camilan, pertumbuhannya juga cepat dan mudah dalam perawatan.

5. Buah Belimbing

Tanaman-Buah-Belimbing
Tanaman Buah Belimbing

Pohon belimbing tidak memerlukan lahan yang luas untuk tumbuh karena itu tanaman ini cocok ditanam pada halaman rumah, sehingga kita banyak menjumpai belimbing dihalaman rumah terutama di indonesia.

Pohon belimbing juga mudah dalam perawatan, rasa buah yang manis dan asam cocok dinikmati langsung maupun jadi bahan rujak.

6. Buah Sawo

Tanaman-Buah-Sawo
Tanaman Buah Sawo

Buah sawo memiliki rasa yang manis, sehingga banyak orang yang menanam pohon sawo ini pada halaman rumah mereka, ditambah lagi pohon ini tidak tumbuh tinggi dan mudah perawatannya sehingga tidak membahayakan.

Pohon sawo banyak ditanam karena begitu mudah tumbuh dan berbuah, keunggulan lainnya pohon sawo sangat tahan terhadap cuaca extreme.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Semangka Agar Cepat Berbuah

7. Buah Kedondong

Tanaman-Buah-Kedondong
Tanaman Buah Kedondong

Buah yang memiliki nama ilmiah “spondian dulcis” ini banyak ditanam pada halaman rumah karena tanaman ini begitu mudah dalam perawatannya.

Buah kedondong banyak dimanfaatkan sebagai bahan rujak bersama buah lainnya seperti buah mangga, jambu, bengkuang.

8.Buah Srikaya

Tanaman-Buah-Srikaya
Tanaman Buah Srikaya

Tanaman srikaya cocok ditanam pada halaman rumah karena pohon ini tumbuh tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk keluarga, tanaman srikaya juga dapat bertahan lama dan mempunyai umur yang panjang.

Buah srikaya memiliki rasa yang manis dengan daging berwarna putih, buah srikaya juga memiliki banyak manfaat karena mengandung vitamin.

9. Buah Alpukat

Tanaman-Buah-Alpukat
Tanaman Buah Alpukat

Tanaman ini banyak diminati untuk ditanam pada halaman rumah meskipun butuh perhatian khusus dalam menanam pohon alpukat ini mungkin karena buah alpukat ini memiliki banyak manfaat sehingga banyak orang yang menanamnya dihalaman rumah

Jika ingin mendapat buah yang lebat dan bagus, pilihlah bibit yang unggul, lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari dan hilangkan tanaman dari hama.

10. Buah Kelengkeng

Tanaman-Buah-Kelengkeng
Tanaman Buah Kelengkeng

Pohon kelengkeng dapat tumbuh pada lahan yang luas maupun pada lahan yang sempit dengan menggunakan teknik tambulampot, tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah.

perawatan tanaman kelengkeng juga sangat mudah, cukup diberi pupuk ketika usia tanaman 1 bulan dan bersihkan gulma pada tanaman serta disiram secara rutin.

Baca Juga : Cara Menanam Terong Di Polybag

11. Buah Jeruk

Tanaman-Buah-Jeruk
Tanaman Buah Jeruk

Tanaman jeruk juga banyak ditanam pada halaman rumah karena tanaman jeruk ini dapat tumbuh dimana saja baik di tanah, dalam polybag maupun pada media pot.

Tanaman jeruk juga memiliki banyak manfaat selain itu buah jeruk yang cerah dapat memperindah halaman rumah anda.

12. Buah Pisang

Tanaman-Buah-Pisang
Tanaman Buah Pisang

Tanaman pisang sangat mudah ditanam dan cepat dalam masa pertumbuhannya, pohon pisang sangat bermanfaat dan semua pohon pisang ini dapat dimanfaatkan baik batang nya, daunnya, maupun buah nya.

Tanaman pisang merupakan tanaman tropis oleh karena itu banyak membutuhkan banyak sinar matahari dan banyak membutuhkan kadar air terutama pada musim kemarau.

Itulah tanaman buah-buahan dihalaman rumah yang dapat anda manfaatkan sebagai tanaman buah favorit anda, semoga bermanfaat dan terima kasih.