10 Contoh Tanaman Stek Yang Ada di Sekitar Kita

Posted on

Contoh Tanaman Stek – Stek merupakan salah satu cara pembudidayaan tanaman dengan cara vegetatif buatan, stek memiliki 3 cara dalam penyetekan nya yaitu stek daun, stek batang, dan stek akar dengan tujuan agar tanaman tersebut dapat menumbuhkan akar dan memunculkan tanaman baru.

Stek sendiri bertujuan untuk mendapatkan tanaman yang unggul dengan waktu yang singkat dan memiliki sifat yang sama dengan induk nya dan dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman serta dapat memperbanyak tanaman dalam waktu yang singkat.

Setiap jenis tanaman stek memiliki kemampuan yang berbeda dalam pembentukan akar meskipun dengan cara yang sama. banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan menggunakan metode vegetatif terutama stek ini tetapi tidak semua tanaman dapat dibudidayakan menggunakan cara stek.

Berikut Contoh Tanaman Stek

1. Tanaman Jambu Air

Tanaman-Jambu-Air
Tanaman Jambu Air

banyak yang membudidayakan tanaman jambu air dengan menggunakan metode tanam biji, tetapi cara ini banyak mengeluarkan banyak biaya dan proses pertumbuhan yang lama.

Dengan menggunakan metode vegetatif terutama metode stek maka pertumbuhan jambu air akan lebih cepat serta tidak membutuhkan banyak biaya, kelebihan lainnya yaitu metode ini membuat tanaman jambu memiliki sifat yang sama dengan induknya.

2. Tanaman Sukun

Tanaman-Sukun
Tanaman Sukun

Tanaman sukun ini memiliki buah yang tidak memiliki biji sehingga menggunakan metode vegetatif sangat cocok untuk tanaman sukun.

Selain itu juga pertumbuhan tanaman sukun ini relatif lebih cepat sehingga sudah banyak orang membudidayakan dengan cara stek.

3. Tanaman Jati

Tanaman-Jati
Tanaman Jati

Jati merupakan tanaman yang penting bagi manusia, karena tanaman ini dapat menghasilkan kayu yang bermanfaat untuk kita, kayu jati yang dibudidayakan melalui metode generatif terutama benih yang tidak mencukupi.

Karena itu sekarang untuk mempercepat pertumbuhan tanaman ini, banyak orang yang telah membudidayakan tanaman jati menggunakan metode stek.

4. Tanaman Pucuk Merah

Tanaman-Pucuk-Merah
Tanaman Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah merupakan tanaman hias yang masih satu genus dengan tanaman pucuk merah, tanaman ini memiliki tinggi  7 m dan dapat tumbuh dengan rimbun.

Tanaman pucuk merah merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik dan cepat dija ditanam menggunakan metode stek.

5. Tanaman Damar

Tanaman-Damar
Tanaman Damar

Tanaman damar merupakan tanaman yang sangat bermanfaat untuk manusia, pengembangbiakkan menggunakan bibit banyak kendala terutama bibit tidak dapat disimpan lama

Karena itu sudah banyak orang yang membudidayakannya menggunakan metode vegetatif terutama metode stek.

6. Tanaman Bunga Krisan

Tanaman-Bunga-Krisan
Tanaman Bunga Krisan

Tanaman bunga krisan merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan karena bunga nya yang indah dengan banyak varian warna.

Tinggi nya permintaan pasar akan bunga krisan ini mendorong para petani menggunakan metode vegetatif terutama metode stek.

7. Tanaman Ubi Jalar

Tanaman-Ubi-Jalar
Tanaman Ubi Jalar

Tamana ubi jalar banyak di budidayakan menggunakan metode vegetatif terutama metode stek daun dengan tingkat keberhasilan mencapai 60 %.

Tanaman menjalar ini memiliki umbi yang dimakan dan memiliki rasa yang manis serta mempunyai banyak nutrisi.

8. Tanaman Bunga Begonia

Tanaman-Bunga-Begonia
Tanaman Bunga Begonia

Saat ini tanaman begonia banyak yang sudah membudidayakan nya menggunakan metode vegetatif karena metode ini akan lebih cepat menumbuhkan tanaman begonia.

Tanaman begonia memiliki bunga dengan varian warna yang beragam dan cantik, cocok menghiasi pekarangan rumah anda.

9. Tanaman Bunga Rosemary

Tanaman-Bunga-Rosemary
Tanaman Bunga Rosemary

Selain menjadi tanaman hias, bunga rosemary juga banyak digunakan sebagai tanaman rempah karena itu tanaman ini memiliki banyak permintaan dipasaran.

Untuk memenuhi permintaan pasar itu maka sekarang sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini dengan cara vegetatif terutama metode stek, karena metode ini membuat tanaman dapat tumbuh dengan cepat.

10. Tanaman Mint

Tanaman-Mint
Tanaman Mint

Tanaman mint merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai tanaman untuk produk bahan makanan dan minuman.

Tanaman ini banyak dibudidayakan menggunakan metode stek daun dengan tingkat keberhasilan mencapai 80 %.

Demikian lah contoh tanaman stek yang dapat dibudidayakan menggunakan metode stek, dengan pembudidayaan dengan metode stek ini tingkat keberhasilan lebih tinggi ketimbang menggunakan metode tanam lainnya. semoga bermanfaat

Baca Artikel Lainnya :

10 Contoh Tanaman Stek Batang

Cara Mencangkok Pohon Jambu (90% Berhasil)

Cara Menyetek Pohon Mangga serta Keuntungan dan Kekurangannya