12 Manfaat Daun Andong dan Kandungan Daun Andong

Posted on

Daun Andong – Daun Andong adalah sejenis daun tanaman yang biasanya digunakan untuk menghias rumah atau sebagai pagar pembatas. Ciri umum dari daun ini adalah warna hijau kemerahan dan terlihat sangat bagus, banyak juga yang menjualnya dalam bisnis tanaman. Daun Andong juga memiliki manfaat kesehatan yang besar, tetapi masih jarang bagi mereka yang tahu dan menggunakan daun herbal ini.

Daun-Andong
Daun Andong

Daun yang dulu hanya ada di Asia Timur, telah menyebar ke berbagai belahan dunia, karena tanaman andong bahkan dapat hidup di tanah kering. Untuk melestarikan daun herbal ini, tidak memerlukan perawatan khusus seperti penanaman tanaman hias pada umumnya.

Selain itu, daun herbal ini juga memiliki banyak fungsi yang konon bermanfaat bagi pengobatan herbal, tetapi daun andong juga berfungsi sebagai pengusir setan. Khasiat daun andong ini sangat beragam karena mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Kandungan Daun Andong

  1. Flavonoid
  2. Saponin
  3. Tannin
  4. Zat Besi
  5. Kalsium Oksalat
  6. Timidine
  7. Steroida
  8. Polifenol
  9. Antibakteri
  10. Antikoagulan
  11. Polisakarida
  12. Antiproliferatif

Manfaat Daun Andong

Obat Batuk Berdahak

Khasiat daun Andong Merah pada tubuh terutama dalam mengatasi penyakit adalah sebagai obat yang menyembuhkan batuk berdahak. Batuk anda akan mudah pulih dengan daun ini, yang dapat dengan mudah mengencerkan dahak.

Mengatasi TBC

Manfaat daun andong merah juga baik untuk pengobatan TBC. TBC merupakan batuk yang sudah parah dengan ditandai keluarnya darah saat batuk. Daun andong ini membantu tubuh Anda mengobati TBC.

Meredakan Nyeri Lambung

Khasiat daun andong dapat mengurangi rasa nyeri di tubuh, termasuk rasa sakit pada lambung. Nyeri lambung dapat disebabkan oleh otot perut yang terganggu karena berbagai alasan, termasuk peningkatan asam lambung.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun andong juga baik untuk pencernaan. Anda dapat menggunakan daun andong ini sebagai obat alami untuk gangguan pencernaan seperti perut kembung atau sembelit.

Menyehatkan Hati

Khasiat daun andong merah pada organ tubuh salah satunya adalah menyehatkan hati. Organ hati adalah organ yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Karena itu, organ ini juga harus diberikan kesehatan yang baik.

Mencegah Gangguan Menstruasi

Wanita biasanya menderita banyak masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan menstruasi. Gangguan menstruasi paling sering adalah siklusnya yang tidak lancar. Untuk mengatasinya, cobalah daun Andong merah.

Melancarkan Saluran Kemih

Saluran kemih adalah saluran dalam tubuh yang paling mungkin diserang oleh kuman dan bakteri. Penyakit saluran kemih dapat sering terjadi. Untuk melancarkan saluran ini, gunakan daun andong merah sebagai obat.

Mengatasi Peradangan pada Gusi

Radang pada gusi dapat disebabkan oleh kurangnya kesehatan gusi. Dengan daun Andong Merah Anda dapat meredakan rasa sakit gusi di mulut. Daun ini anti-inflamasi dan juga berfungsi untuk mengatasi radang gusi.

Obat Diare

Perawatan yang aman untuk diare dapat dicoba dengan membuat campuran herbal alami dengan bahan daun merah andong. Khasiat daun ini telah terbukti mudah melawan terhadap bakteri penyebab diare.

Mengatasi Wasir

Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun andong merah adalah wasir. Bagi Anda yang menderita kondisi ini, dapat menyembuhkan dengan daun andong sampai wasir Anda sembuh dan tidak kambuh.

Obat Disentri

Disentri adalah salah satu gangguan pencernaan atau penyakit. Biasanya, orang yang menderita disentri mengalami sakit perut dan disertai dengan diare yang berlebihan. Hal ini tidak terlalu baik, tentu saja, diare yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi akut, yang dapat menyebabkan kematian. Untuk ini, Anda harus mengatasinya dengan minum air rebusan dari daun dan akar andong. Minum selagi hangat 3 kali sehari.

Mengatasi Keputihan

Keputihan adalah suatu kondisi yang umumnya dan sebagian besar dialami oleh wanita. Tetapi jika keputihan terasa gatal dan bau, Anda harus waspada. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum air rebusan daun andong.

Demikianlah pembahasan tentang daun andong semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: