10 Manfaat Daun Anggur dan Cara Mengolah Daun Anggur

Posted on

Daun Anggur – Manfaat daun anggur mungkin belum diketahui banyak orang, dan mungkin hanya buah yang tahu. Namun, manfaat daun anggur juga sangat beragam, dan sekarang digunakan oleh banyak orang sebagai sayuran tambahan, misalnya sebagai campuran dalam sup sayuran atau campuran makanan lainnya.

Mungkin baru hanya sebatas makanan, walaupun ada banyak khasiat daun anggur terutama untuk pengobatan berbagai penyakit. Jadi tidak hanya buahnya saja yang mengandung banyak nutrisi, tetapi daunnya juga memiliki kandungan yang cukup banyak sehingga bisa anda gunakan sebagai obat herbal.

Daun-Anggur
Daun Anggur

Cara Mengolah Daun Anggur

Berikut adalah cara mengolah daun anggur agar dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal

  1. Ambil beberapa daun anggur segar dan tidak terlalu tua, setidaknya 5 sampai 8 lembar daun anggur
  2. Lalu cuci daunnya dengan air bersih
  3. Kemudian siapkan 3 hingga 4 gelas air bersih dan tempatkan dalam panci dan masukkna juga daun yang sudah dicuci bersih
  4. Kemudian masak daun sampai mendidih dan air hanya tersisa 1 gelas
  5. Biarkan air rebusan yang masih panas sampai menjadi hangat
  6. Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu murni untuk membuatnya lebih lezat saat Anda meminumnya.

Manfaat Daun Anggur

Meningkatkan Nafsu Makan

Daun anggur tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk air rebusan, tetapi juga bisa diolah menjadi berbagai jenis sayuran. Anda bisa mengolahnya dalam bentuk sayuran bening, pepes, tumis dan lainnya. Jadi Anda tidak hanya bisa menikmati rasanya yang lezat, tetapi juga memanfaatkan daun anggur yang bisa menambah nafsu makan. Jadi sangat cocok untuk anak-anak yang susah makan.

Meredakan Sakit Kepala

Penggunaan daun anggur adalah salah satu alternatif yang tepat untuk meredakan sakit kepala daripada menggunakan obat-obatan generik atau kimia. Hal ini karena selain mengurangi penggunaan obat kimia yang tidak hanya alami, tetapi juga memiliki dampak kesehatan jangka panjang yang positif.

Mengatasi Sariawan

Daun anggur juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Anda bisa mengatasinya dengan membuat air rebusan dari daun anggur dan kemudian mengkonsumsinya sekali atau dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengatasi Masalah Mulut

Beberapa masalah kesehatan mulut yang bisa Anda atasi dengan daun anggur seperti sakit gigi, bau mulut dan radang gusi. Agak berbeda dengan penggunaan daun anggur pada manfaat sebelumnya. Untuk mengatasi masalah mulut, berkumurlah dengan air rebusannya tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Kesehatan kulit wajah

Daun anggur dapat digunakan tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk perawatan kecantikan. Terutama untuk perawatan kulit, sehingga terlihat lebih sehat dan lebih bercahaya. Untuk penggunaan, Anda bisa menghaluskan beberapa daun anggur lalu memasak. Setelah matang, Anda bisa menggunakan air rebusannya untuk membasuh wajah atau mandi sambil menggunakan ampasnya sebagai masker wajah.

Melancarkan Buang Air Kecil

Batu ginjal adalah salah satu penyebab buang air kecil yang tidak lancar dan menyebabkan rasa sakit. Solusinya adalah minum air rebusan dari daun anggur dua hingga tiga kali sehari untuk mengembalikan kelancaran saat buang air kecil.

Mengobati Diare

Manfaat daun anggur dapat digunakan untuk mengobati diare. Di mana Anda bisa menggunakan air rebusan daun anggur untuk mengatasinya. Cara yang perlu Anda lakukan ini cukup mudah: masak beberapa daun anggur selama sekitar 17 menit dan kemudian tunggu hingga dingin sebelum anda meminumnya.

Mencegah Peradangan Kulit

Salah satu manfaat menggunakan daun anggur adalah mencegah radang kulit. Hal ini karena kandungan zat antiinflamasi yang dapat menjaga kulit tetap sehat. Sehubungan dengan fungsi produk ini, Anda tidak perlu heran jika ekstrak daun anggur sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif dan rentan terhadap iritasi atau alergi.

Memudarkan Garis Halus

Dilansir dari halaman Livestrong, daun anggur juga dilengkapi dengan vitamin A dan C. Seperti diketahui, kedua jenis vitamin ini adalah antioksidan. Antioksidan sendiri adalah salah satu bahan aktif yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, yang dapat menyebabkan kulit kusam dan berkerut.

Menjaga Kelembaban Kulit

Jika Anda memiliki masalah dengan kelembaban kulit, Anda dapat mencoba minyak daun anggur. Untuk informasi tambahan, daun anggur mengandung bahan alami Vitamin E, yang umumnya dikenal untuk menjaga kulit tetap lembab. Selain itu, vitamin E mencegah proses penuaan sel-sel kulit, membuat kulit menjadi kencang dan kenyal.

Demikianlah pembahasan tentang daun anggur semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: