12 Manfaat Daun Ruku-ruku untuk Kesehatan

Posted on

Daun Ruku-ruku – Daun Ruku-ruku adalah sejenis daun berkhasiat yang terdengar aneh di telinga Anda. Hal ini karena nama Ruku-ruku berasal dari Minangkabau. Dapat dikatakan bahwa daun unik ini adalah daun yang masih berkerabat dari daun kemangi, karena aroma khasnya mirip dengan kemangi.

Penggunaan daun ini lebih sering dimanfaatkan sebagai lalapan. Yang perlu Anda ketahui adalah khasiat daun Ruku-ruku untuk kesehatan tubuh Anda sangat baik.

Daun-Ruku-ruku
Daun Ruku-ruku

Khasiat daun Ruku-ruku didukung oleh kandungan vitamin dan mineral. Daun harum ini mengandung magnesium, mangan, vitamin A, vitamin K dan juga vitamin C. Dengan beberapa vitamin ini Anda dapat yakin bahwa daun ini meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Beberapa pengobatan herbal sering menggunakan daun Ruku Ruku sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit. Tidak hanya mengobati, tetapi juga mencegah penyakit.

Manfaat Daun Ruku-ruku

Mengatasi Demam

Khasiat daun Ruku-ruku yang pertama bisa mengatasi demam. Daun ini bisa menjadi obat antijamur alami untuk menurunkan suhu tubuh yang naik, sehingga meredakan gejala demam.

Obat Influenza

Khasiat daun Ruku-ruku yang memiliki efek positif pada kesehatan tubuh, dapat menjadi obat alami untuk penyakit ringan seperti pilek. Anda bisa memasak daun ini lalu mengonsumsi air rebusannya secara teratur.

Menyehatkan Mata

Manfaat daun Ruku-ruku dapat digunakan sebagai bahan herbal untuk menyehatkan mata. Daun ini mengandung Vitamin A, vitamin utama yang melindungi mata Anda dari penyakit mata.

Melindungi Kesehatan Mulut

Manfaat daun Ruku-ruku sangat baik untuk kesehatan mulut Anda. Kandungan vitamin C dalam daun ini menutrisi mulut Anda dan mencegah penyakit mulut seperti peradangan, sariawan, dan sakit gigi.

Melancarkan ASI

Khasiat daun Ruku-ruku harus digunakan oleh semua ibu yang merawat anak-anak mereka. Daun ini bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi di tubuh Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda. Gunakan daun Ruku-ruku untuk menyelesaikan masalah ini. Kelebihan daun ini sebagai agen antiinflamasi menyembuhkan gejala peradangan yang menyerang tubuh.

Mencegah Menopause

Bagi wanita yang masih ingin memiliki anak, daun Ruku-ruku bisa digunakan. Daun ini dapat memperlambat kedatangan menopause pada wanita, sehingga mereka dapat memperpanjang masa subur.

Mengobati Batuk

Manfaat daun Ruku-ruku dalam mengobati batuk dapat digunakan baik untuk batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak. Bagaimana caranya? Anda bisa memasak daun ini segera setelah mencuci dan kemudian minum air rebusannya secara teratur.

Mencegah Keputihan

Keputihan disebabkan oleh banyaknya jamur pada alat kelamin wanita. Bersihkan jamur ini dengan daun Ruku-ruku. Daun ini telah menjadi andalan dalam mengatasi berbagai keluhan wanita, termasuk keputihan.

Baik untuk Jantung

Lindungi jantung Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi, termasuk daun ruku-ruku. Daun ini mengandung kombinasi senyawa yang baik untuk menyehatkan jantung Anda untuk mencegah penyakit.

Obat Darah Tinggi

Bagi Anda yang sering begadang karena lembur, Anda bisa mengonsumsi daun ruku – ruku diseduh dengan air hangat. Anda bisa menggunakan air rebusannya untuk mendetox tubuh Anda dan menjadi lebih rileks.

Penyedap Rasa

Bagi Anda yang mungkin tinggal di Kalimantan, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan daun ruku-ruku. Daun Ruku selain dapat menyembuhkan berbagai penyakit,daun ruku bisa digunakan untuk menambah cita rasa masakan anda layaknya daun salam.

Demikianlah pembahasan tentang daun ruku-ruku semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: