14 Manfaat Daun Antanan untuk Kesehatan

Posted on

Daun Antanan – Di Amerika Serikat dan Eropa, daun ini baru-baru ini menarik perhatian banyak praktisi kesehatan. Baru-baru ini, banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak daun antanan dapat membantu dalam menyembuhkan kondisi kesehatan atau bahkan penyakit tertentu.

Bahkan, daun antanan telah banyak dibudidayakan di daerah seperti Indonesia, India dan Cina dan digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Apakah Anda ingin tahu tentang penyakit dan manfaat lain dari daun Antanan?

Daun-Antanan
Daun Antanan

Manfaat Daun Antanan

Mencegah Kerusakan Otak

Menurut jurnal yang berjudul “Neurological Sciences,” yang diterbitkan pada Desember 2012, daun antanan mengandung bahan yang dapat mencegah kerusakan otak dari paparan bahan kimia. Kerusakan otak itu bisa dicegah dengan manfaat daun Antanan yang merupakan kerusakan otak yang disebabkan oleh kerusakan sel.

Meningkatkan Daya Ingat

Hasil berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat daun Antanan mengandung suplemen alami untuk mencegah disfungsi kognitif dan bentuk lain dari kerusakan saraf. Daun antanan juga diperkaya dengan bahan-bahan yang bisa meningkatkan daya ingat.

Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat mematikan. Sampai saat ini, penyakit ini belum menemukan obatnya. Menurut berbagai penelitian, telah ditemukan bahwa kandungan dalam daun antanan mungkin bermanfaat untuk mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. C

ara daun Antanan mencegah kanker adalah dengan mengurangi kadar toksin yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dengan memperbarui sel-sel di mana sel-sel kanker mulai tumbuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam manfaat daun Antanan ada ekstrak yang disebut asiaticoside. Asiaticoside sangat berguna untuk memerangi kerusakan jantung yang disebabkan oleh bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Asiaticosida juga memiliki fungsi lain, yaitu pengurangan kerusakan sel dan pemulihan fungsi jantung.

Mencegah Stres

Bagi yang sering menderita stres, daun Antanan dapat dikonsumsi untuk meringankan dan bahkan menyembuhkan gejala stres yang sering terjadi. Satu penelitian menunjukkan bahwa ada bahan dalam daun Antanan yang dapat mengurangi penyebab stres dan merilekskan kondisi pikiran akibat stres. Selain itu, para peneliti menduga bahwa daun antanan juga dapat menjadi obat untuk menyembuhkan stres kronis.

Mengobati Luka

Tiga tahun lalu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan daun Antanan dapat digunakan untuk mengobati luka pada kulit. Seperti yang sudah dijelaskan, daun Antanan memiliki zat yang disebut Asiaticosida. Kegunaan zat ini sendiri dapat membantu proses pembentukan sel-sel baru sehingga luka bisa segera sembuh.

Mencegah Penuaan Dini

Apakah Anda ingin tetap muda? Jika ingin awet muda, mengkonsumsi daun Antanan adalah salah satu hal yang direkomendasikan untuk menjaga keremajaan kulit. Kandungan daun antanan dapat membantu menjaga sel, memperbaiki sel yang rusak, dan bahkan mencegah kerusakan sel. Kulit menjadi tetap terjaga kesehatannya.

Mencegah Epilepsi

Daun antanan baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga baik untuk saraf di tubuh. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa zat dalam daun Antanan dapat membantu mencegah gangguan neurologis seperti epilepsi.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Daun antanan juga memiliki kandungan yang sangat berguna untuk mencegah infeksi pada tubuh seperti kandung kemih. Zat yang terkandung dalam daun Antanan mencegah masuknya kuman atau bakteri atau virus yang dapat menyebabkan gangguan saluran kemih.

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika terus dibiarkan, radikal bebas ini dapat membentuk sel kanker atau penyakit berbahaya lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat daun Antanan, yang dikenal di India sebagai Gotu Kola, juga memiliki fungsi yang mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Ketika radikal bebas telah menginvasi tubuh, kandungan dalam daun Antanan membantu menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Daun antanan juga bisa digunakan sebagai suplemen untuk melancarkan peredaran darah tubuh. Hal ini juga mempengaruhi kondisi kesehatan secara umum. Jadi, jika Anda rutin mengonsumsi daun Antanan, tubuh Anda akan terasa lebih sehat.

Sebagai Mood Booster

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun Antanan, yang secara teratur dikonsumsi oleh lansia, dapat membantu memulihkan suasana hati dan mengurangi stres.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Selain bermanfaat untuk meningkatkan mood booster pada orang tua. Penelitian lain menunjukkan bahwa daun Antanan dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif kepada mereka yang sudah tidak muda.

Antioksidan

Daun antanan merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh, antioksidan bermanfaat untuk mengusir radikal bebas dari dalam tubuh yang sangat berbahaya karena dapat memicu kanker.

Demikianlah pembahasan tentang daun antanan semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: