10 Manfaat Daun Kacang Panjang dan Kandungan Daun Kacang Panjang

Posted on

Daun Kacang Panjang – Mungkin cukup akrab jika kita mendengar manfaat kesehatan dari kacang panjang. Karena itu, sayuran yang satu ini sering digunakan sebagai bahan pangan sehari-hari. Anda juga dapat menemukan jenis sayuran lezat ini sering di berbagai hidangan seperti Lodeh, Gado-Gado goreng dan hidangan lainnya. Tapi bagaimana dengan daunnya? Apakah ini termasuk sayuran favorit Anda?

Seperti kacang panjang, beberapa orang sering memperlakukan daun kacang panjang sebagai sayuran lezat. Bagi sebagian orang lain ini mungkin terdengar aneh, karena mereka tidak pernah mengkonsumsi atau bahkan melihat bentuk daunnya. Bahkan, daun tanaman kacang panjang ini dapat diolah menjadi makanan, dan yang terpenting, rasanya memiliki kekayaan yang cukup berlimpah untuk kesehatan.

Daun-Kacang-Panjang
Daun Kacang Panjang

Kandungan Daun Kacang Panjang

Tidak banyak orang tahu bahwa daun kacang panjang mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan Anda. Dalam 100 gram daun kacang panjang, ada kalori 43 kkal, karbohidrat 5,8 gram, protein 4,1 gram, lemak 0,4 gram, fosfor 145 miligram, besi 6 miligram. Selain itu, daun kacang panjang juga diperkaya dengan sejumlah nutrisi baik lainnya seperti Vitamin A 5240 UI, Vitamin C hingga 29 miligram, Vitamin B1 0,28 miligram, dan vitamin tingkat rendah lainnya.

Manfaat Daun Kacang Panjang

Melancarkan Produksi ASI

Manfaat yang satu ini khusus bagi bunda yang kini tengah memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. Alasan untuk ini adalah bahwa beberapa ibu menyusui sering mengalami masalah dengan sedikit ASI dan tidak lancar. Namun, diyakini bahwa dengan mengkonsumsi ramuan dari daun kacang panjang, produksi ASI dapat dirangsang untuk menjadi lebih lancar dan lebih banyak. Anda cukup menggunakan daun lembayung atau kacang panjang sebagai hidangan yang dikonsumsi secara teratur. Hasilnya akan segera terlihat dalam beberapa hari.

Meluruhkan Urin

Bagi Anda yang sekarang memiliki masalah air seni, seperti berbau atau sedikit keluarnya, Anda bisa menggunakan daun kacang panjang sebagai alternatifnya. Caranya adalah dengan memasak beberapa lembar daun kacang. kemudian, setelah mendidih, angkat dan saring. Diamkan beberapa saat hingga dingin dan konsumsi air rebusannya 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Mencegah Anemia

Pada dasarnya, diketahui bahwa anemia itu sendiri disebabkan oleh tubuh yang kekurangan sel darah merah, membuat tubuh lemah, mengantuk dan hilang semangat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun kacang panjang sebagai solusinya. Anda dapat mengolahnya menjadi jus dan mengkonsumsinya secara rutin, sehingga efek kerjanya cepat menjadi nyata.

Mencegah Kerontokan Rambut

Hati-hati jika Anda memiliki masalah dengan kerontokan rambut. hal tersebut karena kondisi ini secara bertahap dapat menyebabkan kebotakan. Namun, kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan daun lembayung atau daun kacang panjang. Caranya adalah dengan menyiapkan 11 lembar daun kacang panjang muda, tambahkan 9 lembar daun waru lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan secara merata ke kulit sambil dipijat merata. Kemudian bungkus kepala dengan handuk dan biarkan campuran menembus ke dalam pori-pori kepala.

Mencegah Rabun Pada Mata

Kandungan vitamin A, yang cukup tinggi pada daun kacang panjang, membuat daun ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, terutama untuk mencegah rabun jauh di mata. Anda juga bisa meminumnya secara teratur dengan porsi yang tepat.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Kandungan kalsium dalam daun kacang panjang juga merupakan indikasi di mana daun ini dapat memperkuat tulang, gigi, dan sendi. Hal Ini menunjukkan bahwa sayuran kacang panjang sangat cocok untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan juga dapat mencegah osteoporosis pada orang tua.

Anti Diabetes

Daun kacang panjang dianggap sebagai obat herbal yang efektif untuk diabetes karena mengandung flavonoid. Hal Ini juga telah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah di mana flavonoid dapat menurunkan kadar gula darah.

Karena itu, jangan ragu menangani diabetes atau kadar gula darah berlebihan di daun kacang panjang. Selain gaya hidup sehat yang cukup untuk mengkonsumsi daun kacang panjang secara teratur, diabetes bisa dihindari.

Mengatasi Hipertensi

Serangan jantung adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Karena konsumsi teratur daun kacang panjang, tekanan darah juga normal karena manfaat daun kacang panjang dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

Mencegah Keputihan

Jika Anda seorang wanita dan Anda tidak berhati-hati dengan kebersihan, Hal ini adalah salah satu penyebab keputihan.

Namun, untuk mencegah masalah ini, disarankan untuk mengonsumsi sayuran olahan, termasuk daun kacang panjang.

Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat daun kacang panjang yang merupakan manfaat berikutnya yang dapat kita rasakan ketika kita secara teratur mengonsumsi daun ini, dan juga untuk mengatasi masalah konstipasi atau sembelit.

Seperti yang sudah kita ketahui, penyebab sembelit adalah kurangnya serat dan air yang dibutuhkan tubuh selama pencernaan. Kandungan seratnya dalam daun kacang panjang dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Demikianlah pembahasan tentang daun kacang panjang semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: