11 Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan dan Manfaat lainnya

Posted on

Daun Bandotan – Tanaman bandotan dengan nama latin Chromolaena odorata adalah tanaman liar yang mudah ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Secara umum, daun ini berukuran tidak terlalu besar dan memiliki bau khas yang cukup kuat.

Pada zaman dahulu daun bandotan telah banyak digunakan sebagai obat untuk mencegah perdarahan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, dari sakit kepala hingga asam urat juga bisa mengobati daun tanaman ini.

Daun-Bandotan
Daun Bandotan

Manfaat Daun Bandotan

Mengobati Maag

Daun bandotan adalah obat tradisional yang dipercaya bisa menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit maag. penyakit maag sendiri terbagi menjadi dua penyakit maag biasa dan penyakit maag kronis. Jika tingkat Maag kronis, penyakit ini tidak lagi dianggap sepele.

Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang di muka bumi. Dari aktivitas fisik hingga diet ketat sering digunakan untuk mencapai postur ideal. Namun, ternyata daun bandotan sering dianggap hanya hama yang dapat membantu Anda mencapai impian tersebut. Jika Anda mencari obat diet alami tanpa efek samping berbahaya, daun bandotan bisa menjadi salah satu jawabannya.

Dapat Mengobati Kista

Kista adalah gumpalan di bawah permukaan kulit yang diklasifikasikan sebagai tumor jinak. Meskipun jinak, kista yang bertambah besar dari hari ke hari bisa menjadi ganas dan berbahaya. Selain dengan penanganan dokter, metode alternatif dengan tanaman herbal dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan. Cara alternatif untuk mencobanya adalah dengan menggunakan daun tanaman bandotan ini.

Dapat Mencegah Diabetes

Penyakit kencing manis atau diabetes adalah penyakit yang sering menyerang orang Indonesia. Faktor penyebabnya mungkin keturunan atau peningkatan lemak tubuh. Mengkonsumsi daun Bandotan tidak hanya gaya hidup sehat, tetapi juga cara yang pasti untuk mencegah diabetes. Untuk hasil yang optimal, konsumsi bandotan ini harus rutin dan terjadwal.

Menyembuhkan Asam Urat

Dalam tanaman bandotan terkandung zat aktif seperti flavonoid, tanin dan glikosida menawarkan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya. Setelah beberapa penyakit yang disebutkan di atas, daun tanaman ini juga dapat membantu menyembuhkan penyakit asam urat.

Tanaman bandotan dengan nama latin Chromolaena odorata adalah tanaman liar yang mudah ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Secara umum, daun ini berukuran tidak terlalu besar dan memiliki bau khas yang cukup kuat.

Radang Telinga

Daun bandotan bisa mengatasi radang telinga. Radang telinga ini dapat menyebabkan rasa sakit di telinga. Cukup gunakan air tumbukan daun bandotan untuk mengobatinya.

Menyembuhkan Luka

Daun bandotan juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka, eksim dan bisul. Penyakit tersebut merupakan gejala yang berhubungan dengan kulit. Cukup tumbuk daun bandotan dan oleskan pada tempat yang terkena untuk mengobatinya. Lakukan sampai luka sembuh.

Menyembuhkan Borok

Daun bandotan merupakan tanaman yang bisa menyembuhkan penyakit borok. Penyakit borok adalah penyakit yang umumnya menyerang kepala dan membuat kepercayaan diri menurun.

Pendarahan Rahim

Untuk wanita semua bisa terkena pendarahan pada rahimnya, terlebih untuk wanita yang rahimnya tidak cukup kuat. Terdapat beberapa cara untuk mengobati pendarahan rahim. Selain penggunaan obat kimia, kita bisa mengobati pendarahan rahim dengan meminum rebusan daun bandotan.

Tumor Rahim

Tumor merupakan jenis penyakit yang berbahaya. Daun bandotan bisa digunakan untuk mengobati tumor rahim secara alami. Anda bisa meminum air rebusan dari daun bandotan untuk mengatasinya.

Mengobati Malaria

Daun bandotan bisa digunakan untuk mengatasi malaria akibat gigitan nyamuk. Caranya ambil beberapa daun bandotan kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tinggal setengahnya saja. Minum rebusan tersebut ketika dingin.

Demikianlah pembahasan tentang daun bandotan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya