12 Manfaat Daun Kol untuk Kesehatan

Posted on

Daun Kol – Salah satu sayuran yang paling sering dimakan tetapi sering diabaikan adalah kol. Sayuran ini termasuk dalam genus Brassica, yang berarti bahwa kol terkait dengan brokoli, kembang kol dan kangkung. Genus sayuran ini memiliki bentuk dan warna yang berbeda (merah, ungu, putih dan hijau) dengan daun keriput atau halus.

Sayur kol baik untuk kesehatan Anda karena nilai gizinya yang luar biasa. Manfaat kol berasal dari serat, mangan, kalsium, kalium, magnesium dan vitamin B6, K dan C yang terkandung di dalamnya.

Daun-Kol
Daun Kol

Selain itu, ada juga makronutrien seperti vitamin A, zat besi dan riboflavin. Kol juga rendah kalori selain kandungan gizinya dan mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol dan senyawa Sulfur.

Manfaat Daun Kol

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kol dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal Ini disebabkan kandungan vitamin C di dalam kol. Kandungan vitamin C dalam kol membuat tanaman kubis, termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan dalam koljuga berguna untuk proses detoksifikasi tubuh. Khasiat lain dari kol dalam kandungan antioksidannya adalah penghilangan racun dari tubuh. Darah dalam tubuh menjadi bersih karena bebas dari racun.

Mengobati Peradangan dan Infeksi

Peradangan dan infeksi sering terjadi pada banyak orang. Jangan terlalu cepat meminum obat kimia untuk infeksi atau peradangan. Manfaat kol mampu mengobati peradangan dan infeksi.

Kandungan sulfur dan glutamin dalam kol memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. khasiat koal dapat meredakan nyeri otot, nyeri sendi, iritasi dan lain-lain. Selain itu, kol juga efektif mengobati infeksi karena dapat melawan mikroba penyebab infeksi.

Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Keadaan kesehatan saluran pencernaan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Saluran pencernaan yang sehat dapat menjaga tubuh yang sehat dan sebaliknya. Jika saluran pencernaan memiliki masalah, tubuh juga akan memiliki beberapa masalah.

Manfaat kol mungkin untuk menjaga dan meningkatkan saluran pencernaan. Meskipun kol menghasilkan banyak gas, khasiat kol pada saluran pencernaan tidak boleh diabaikan. Kol kaya akan serat dan nutrisi lainnya. Zat ini bisa mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan gerakan usus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Anda mungkin tidak pernah memikirkannya sebelumnya ketika kol efektif menjaga kesehatan kardiovaskular. Kol mengandung polifenol, yang sangat umum. Kandungan polifenol dapat menurunkan kolesterol LDL darah.

Seperti diketahui, kolesterol LDL adalah kolesterol jahat yang dapat membahayakan kesehatan jantung. Ketika kadar kolesterol LDL turun, itu juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menjadikan jantung lebih sehat.

Mengontrol Tekanan Darah

Tubuh membutuhkan tekanan darah normal yang tidak tinggi dan tidak rendah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tekanan darah rendah (hipotensi) keduanya tidak sehat. Keduanya dapat membuat tubuh sakit dan menyebabkan penyakit lain.

Tanaman kol merah khususnya mengandung anthocyanin, yang membuat arteri lebih fleksibel dan dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat kol ini juga berkaitan erat dengan kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang sangat penting bagi tubuh. Tulang menopang struktur tubuh, menggerakkan, dan melindungi organ-organ dalam yang lunak. Karena itu, kesehatan tulang harus selalu dijaga.

Anda perlu mengkonsumsi kol, karena manfaat kol mungkin untuk menjaga kesehatan tulang. Hal Ini karena kandungan kalsium, magnesium dan mineral lainnya di dalam kol. Mineral adalah zat gizi mikro dengan manfaat tulang yang terkait erat. Konsumsi kol dapat mencegah osteoporosis.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Otak adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting bagi tubuh. Semua perintah untuk tubuh berasal dari otak. Tanpa otak yang optimal, produktivitas yang baik sulit dicapai. Mengkonsumsi kol untuk mendukung produktivitas otak Anda.

Manfaat kol bisa untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan yodium, antosianin, dan vitamin K dalam kol dapat memengaruhi fungsi saraf yang penting bagi kekuatan berpikir dan konsentrasi. Asupan kol dapat mencegah timbulnya Parkinson, Alzheimer, dan demensia.

Mencegah Kanker

Kanker harus dicegah sebelum menyerang. Anda dapat mencegah beberapa jenis kanker dengan mengonsumsi kol. Manfaat kol dapat mencegah kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara dan penyakit lainnya.

Di dalam kol ada kandungan glukosinolat yang sangat tinggi. Kandungan glukosinolat memiliki sifat karsinogenik yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Hal Ini juga dapat mencegah tumor ganas yang sering menjadi kanker.

Mencegah Katarak

Kol mengandung beta-karoten karena kandungan vitamin A di dalamnya. Beta-karoten sangat baik untuk penglihatan. Mengkonsumsi kol sebagai manfaat kol dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah katarak.

Merawat Kulit dan Wajah

Kulit dan wajah yang sehat dan indah adalah impian bagi semua orang, terutama bagi wanita. Anda tidak harus pergi ke salon atau menggunakan berbagai jenis perawatan kecantikan. Manfaat kol dapat merawat kulit dan tubuh Anda dengan sangat baik.

Berbagai jenis bahan dalam kol seperti antioksidan, belerang dan anthocyanin berperan penting dalam kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan tersebut dapat mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda dan lain-lain.

Selain itu, khasiat kol juga bisa mengatasi dan mencegah jerawat. Kol memiliki efek mengeringkan jerawat sehingga jerawat bisa cepat diatasi. Hal Ini juga karena sifat antibakteri dari kol.

Merawat Rambut

Selain menjaga kulit tetap sehat, kol juga bisa menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Kandungan senyawa sulfur dalam kol dapat membantu mengatasi rambut rontok dan rambut kering.

Kandungan antioksidan dapat mendukung pertumbuhan rambut. Kol juga bisa membuat rambut lebih sehat, lebih halus dan lebih berkilau. Anda bisa menggunakan jus kol sebagai masker rambut untuk merawat rambut Anda.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Zat besi adalah komponen yang membuat proses produksi sel darah merah lebih produktif, sehingga terhindar dari gejala anemia. Konsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk karena manfaat jeruk dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.

Demikianlah pembahasan tentang Daun Kol semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: