15 Manfaat Daun Basil untuk Kesehatan

Posted on

Daun Basil – BASIL adalah tanaman dengan batang lunak tidak berkayu (Terna) yang berasal dari daerah tropis Afrika Tengah ke Asia Tenggara. Nama ilmiah / nama latin Basil adalah (Ocimum basilicum). Banyak yang menganggap Daun Basil sebagai basil, tetapi sebenarnya tidak.

Basil memiliki aroma yang khas dan rasa yang khas. Banyak orang berpikir bahwa daun basil dan daun kemangi adalah tanaman yang sama, meskipun masih satu keluarga, tetapi keduanya adalah tanaman yang berbeda. Daun Basil biasanya digunakan untuk bumbu masakan khas dari Italia, Cina, India dan juga Thailand.

Manfaat-Daun-Basil
Manfaat Daun Basil

Daun tanaman, yang dikenal di Indonesia sebagai Daun selasih, tidak hanya digunakan untuk membumbui makanan, mereka juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh manusia, karena mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral.

Kandungan Senyawa Daun Basil

Energi, Karbohidrat, Sera, Lemak, Protein, Vitamin A, beta-Carotene, Thiamine (B1), Riboflavin (B2), Niacin (B3), Pantothenic acid (B5), Vitamin B6, Folate (B9), Choline, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Tembaga, Zat Basi, Magnesium, Mangan, Fosfor, Potassium, Selenium, Sodium, Zinc, Water

Manfaat Daun Basil

Kesehatan Jantung

Daun basil direkomendasikan untuk kesehatan jantung karena tingkat beta-karoten yang tinggi. Kandungan antioksidan yang kuat yang menjaga radikal bebas dari kerusakan sel. Ini juga mencegah radikal bebas dari pengoksidasi kolesterol dalam aliran darah.

Menangkal Radikal Bebas

Khasiat dari kandungan vitamin dalam daun basil menangkal radikal bebas. Ya, berbagai jenis vitamin dalam daun basil dapat menghasilkan antioksidan. Zat antioksidan ini kemudian dapat membantu Anda mencegah infeksi radikal bebas yang masuk ke tubuh Anda.

Radikal bebas adalah salah satu penyebab berkembangnya berbagai penyakit, seperti kanker. Dapat disimpulkan bahwa daun basil adalah jenis daun yang dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh dari infeksi penyakit berbahaya seperti kanker.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari daun basil adalah menjaga daya tahan tubuh Anda. Ini sangat terkait erat dengan kandungan berbagai jenis vitamin dan mineral dalam daun basil ini. Secara khusus, kandungan vitamin C dalam daun basil membuat daun basil semacam dedaunan yang mampu menjaga daya tahan tubuh Anda pada tingkat yang optimal.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang terawat baik ini tentu saja Anda terlindung dari banyak penyakit. Karena kurangnya daya tahan tubuh seperti flu dan batuk. Selain itu, dengan stamina yang baik, tentu saja Anda bisa bergerak sepanjang hari bahkan lebih baik. Tanpa merasa mudah lelah dan terganggu dengan kesehatannya.

Antiinflamasi

Apakah Anda sering mengalami gejala peradangan di tubuh Anda? Peradangan dapat terjadi di mana saja, mulai dari luar tubuh, seperti kulit dan mulut, bagian dalam tubuh, seperti infeksi tenggorokan, radang usus hingga radang organ dalam, yang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting.

Untuk mencegah dan menyembuhkan ini, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun basil. Daun basil mengandung minyak astiri, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Jika Anda mengalami radang di tubuh, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung manfaat daun basil untuk meredakan radang yang Anda rasakan.

Anti Bakteri

Daun basil memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. Keuntungan lain dari daun basil, yang tidak kalah pentingnya, adalah kandungan minyak astiri, yang dapat menangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Ya, ada banyak bakteri yang bisa dibunuh dengan kandungan astiri dalam daun basil ini.

Bagi Anda yang ingin selalu hidup sehat tanpa terkena penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri, mengkonsumsinya sangat efektif Untuk dapat membunuh berbagai jenis bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit seperti Listeria monocytogenes, Staphylocus aureus dan sebagainya.

Melindungi DNA

Manfaat daun basil adalah mereka menjaga kesehatan DNA. Cara daun basil menjaga kesehatan DNA adalah melindungi DNA dengan menggunakan zat yang dikenal sebagai flavonoid. Flavonoid adalah salah satu zat yang terkandung dalam daun basil dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah kerusakan DNA dan infeksi virus pada DNA.

Jadi, makan daun basil tentu akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, karena daun basil dapat mencegah DNA Anda dari terinfeksi berbagai virus yang menyebabkan masalah kesehatan akibat kerusakan DNA.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari makan daun basil adalah meningkatkan kesehatan kulit Anda. Untuk para wanita, ini merupakan alternatif perawatan kulit alami.

Anti Mikroba

Daun basil menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli, kolera, stafilokokus, Listeria dan Shigella. Ini karena daun ini memiliki aroma yang kuat dan sifat antimikroba.

Menyehatkan Gigi

Daun basil juga berkhasiat untuk kesehatan gigi. Struktur gigi dan tulangnya hampir sama dan hilang jika tidak dirawat dengan baik. Daun herbal ini adalah solusi sehat tanpa efek samping.

Menyehatkan Tulang

Anda bisa mendapatkan tulang yang sehat tidak hanya dengan mengonsumsi buah-buahan dan makanan bergizi, tetapi juga dengan mengonsumsi daun basil. Daun ini membantu memperkuat tulang, terutama bagi Anda yang sering menderita gangguan osteoporosis.

Mencegah Radang

Kelebihan daun basil sebagai daun herbal dapat digunakan sebagai obat yang mencegah peradangan. Hal Ini karena daun sehat ini memiliki banyak sifat antiinflamasi yang kuat dalam menyembuhkan peradangan.

Kesehatan Mata

Salah satu vitamin yang berperan penting dalam kesehatan mata adalah vitamin A, dan vitamin ini ditemukan dalam daun basil. Jika Anda memiliki banyak masalah kesehatan, ada baiknya Anda mengonsumsi daun ini.

Antioksidan

Khasiat daun basil sangat penting untuk mencegah efek radikal bebas. Daun ini melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Hal Ini karena daun unik ini mengandung banyak antioksidan alami.

Mengurangi Stres

Daun basil rupanya juga mengandung antioksidan tinggi. Dan antioksidan ini sebenarnya bisa membantu Anda mengurangi stres.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan magnesium dalam daun basil sebenarnya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jadi jika Anda sering mengalami masalah tidur, Anda bisa mengatasinyanya dengan mengonsumsi daun basil.

Demikianlah pembahasan tentang daun basil semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: