10 Manfaat Daun Sirih untuk Wajah (Wanita Wajib Tahu)

Posted on

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah – Sebagai wanita kelahiran Indonesia, Anda pasti merasakan manfaat luar biasa dari daun sirih di berbagai bidang kehidupan. Daun dari mana tanaman merambat tumbuh dan yang memiliki aroma khusus ini hanya tumbuh di Indonesia.

Bahkan daun sirih telah digunakan sejak zaman dahulu dan manfaatnya diturunkan dari generasi ke generasi. Jadi jangan heran jika melihat banyak produk yang menggunakan daun sirih sebagai bahan bakunya.

Ternyata daun sirih dapat digunakan tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan wajah.

Manfaat-Daun-Sirih
Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah

Menghaluskan Kulit Wajah

Jika Anda memiliki kulit yang cukup kasar, masker daun sirih dapat membantu Anda menghaluskannya.

caranya cukup mudah siapkan sekitar lima lembar daun sirih dan satu sendok makan madu murni. Kemudian haluskan daun sirih sampai tercampur dengan madu. Lalu aduk bahan sampai halus.

Oleskan masker pasta ke wajah, biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air jernih.

Menyembuhkan Jerawat yang meradang

Daun sirih mengandung zat antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan, pengeringan dan penyembuhan.

Anda bisa menggunakan daun sirih dengan menghaluskan daun sirih dan mengoleskannya secara merata ke wajah yang meradang. Gunakan daun sirih di pagi dan sore hari.

Mencerahkan Wajah Kusam

Sifat luar biasa dari daun sirih terlihat bagi Anda yang memiliki wajah kusam. Untuk membuat kulit wajah Anda bercahaya lagi, Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai jalan keluar.

Metode ini hampir sama dengan menghilangkan jerawat menggunakan air yang direbus dengan daun sirih. Untuk hasil terbaik, basuh wajah Anda dengan air setiap malam. Wajah Anda akan terlihat cerah setelah sebulan

Membuat Pori-pori Wajah Jadi Kecil

Selain zat antiinflamasi, daun sirih juga mengandung zat antiseptik yang dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit.

Anda melakukan ini dengan mengoleskan daun sirih yang telah dihaluskan di seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit.

Lakukan ini sebelum tidur malam ini. Anda dapat bersantai dengan wajah Anda bebas dari krim malam.

Mencegah Kulit Berminyak

Masalah kulit berminyak sangat mengganggu, terutama jika Anda berada di luar ruangan dan di bawah sinar matahari. Wajah yang terlihat mengkilap pasti akan mengganggu Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memasak sekitar sepuluh lembar daun sirih dalam satu liter air. Setelah matang, diamkan sampai air terasa hangat. Lalu cuci muka secara teratur dengan air sirih hangat setiap malam.

Memudarkan Flek Hitam

Hampir semua senyawa yang terkandung dalam daun sirih juga dapat membantu memudarkan warna kulit yang tidak merata karena sinar ultraviolet, jerawat, dan penggunaan kosmetik.

Caranya, gunakan daun sirih, yang sudah dihaluskan dan tambahkan perasan jeruk nipis. Kemudian rendam handuk dan hangatkan airnya. Setelah itu, Anda dapat menerapkan ke bagian-bagian wajah yang memiliki bintik-bintik hitam dan bekas jerawat.

Menghilangkan Jerawat

Bukan rahasia lagi bahwa jerawat adalah kelainan yang sering terjadi pada wajah dan menurunkan rasa percaya diri. Agar jerawat hilang dan tidak kambuh,lakukan perawatan secara teratur dengan daun sirih.

Caranya adalah memasak sepuluh lembar daun sirih dalam satu liter air. Jangan lupa tambahkan dua sendok makan garam. Cuci muka Anda setelah memasak dan basuh pada wajah air daun sirih sebelum tidur di malam hari.

Mengobati Gatal Pada Wajah

rebusan daun sirih juga bisa menyembuhkan ruam dan gatal di wajah. Caranya memasak sirih dauh dan diamkan selama sehari. Nah, air matang yang tadi dingin, bisa Anda gunakan sebagai air untuk mencuci muka.

Mengeringkan Luka Pada Wajah

Jika Anda memiliki luka pada wajah karena Anda telah meremas jerawat secara sembarangan atau karena tergores, Anda dapat menghilangkannya dengan daun sirih.

caranya balur daun sirih yang dihaluskan pada wajah dan dibiarkan berdiri selama 30 menit. Zat antiinflamasi dan antibiotik dapat mempercepat proses pengeringan luka.

Mencegah Munculnya Komedo

Jika Anda memiliki banyak komedo, Anda dapat menggunakan lembar sirih untuk menghilangkan isinya secara alami tanpa menghancurkannya dengan tangan. Setelah dicuci dengan daun sirih dingin, komedo dapat keluar.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun sirih untuk wajah semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: