Daun Keji Beling : Kandungan dan 15 Manfaat Daun Keji Beling

Posted on

Daun Keji Beling – Daun jiji beling yang dikenal sebagai Sambaing Geteh dalam bahasa Jawa. Tanaman ini adalah sejenis tanaman lembab yang hanya bisa tumbuh di daerah dekat air.

Jadi jangan heran jika Anda menemukan tanaman ini di sungai lebih mudah. Daun keji beling juga sangat unik. Warna hijau tua dengan rambut halus di permukaan adalah ciri khaskhusus dari pecahan keji ini.

Daun-Keji-Beling
Daun Keji Beling

Daun keji beling selalu digunakan sebagai daun untuk meningkatkan kesehatan Anda. Keuntungan dan sifat daun ini sangat penting untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Anda tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga tubuh dengan perlindungan kuat terhadap berbagai penyakit.

Kandungan Daun Keji Beling

Tumbuhan keji beling, terutama daunnya, mengandung beberapa nutrisi penting yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit.

  1. Vitamin C: Berguna untuk melawan banyak penyakit berbahaya seperti kanker.
  2. Vitamin B1: Vitamin B1 atau tiamin bermanfaat sebagai metabolisme tubuh.
  3. Vitamin B2: Vitamin B2 atau riboflavin berguna untuk membakar lemak, karbohidrat dan protein.
  4. Glikosida: Berguna sebagai sembelit, jantung, dan pereda nyeri.
  5. Fosfor: Berguna untuk menjaga kesehatan otak, tulang, dan gigi.
  6. Tannin: Mengandung rasa pahit yang mengumpulkan protein dan senyawa lain seperti asam amino dan alkaloid.
  7. Ferum: Membantu dalam produksi hemoglobin dan komponen sel darah merah dalam tubuh.
  8. Sodium: Berguna untuk mengatur keseimbangan cairan yang membungkus sel dan cairan ekstraseluler dalam tubuh.
  9. Kalium: Berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh intraseluler sehingga tetap baik.
  10. Kalsium: Membantu pembentukan gigi dan tulang, kontraksi otot, pembekuan darah, transmisi sinyal saraf, dan pencegahan osteoporosis.

Manfaat Daun Keji Beling

melancarkan Buang Air Kecil

Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil atau sakit saat buang air kecil, Anda dapat menggunakan daun keji beling dari gelas ini untuk buang air kecil.

Caranya adalah memasak 25 lembar daun keji beling dengan 2 gelas gelas sampai mendidih dan sisanya setengahnya. Tunggu hingga dingin dan minum ramuan ini sekali sehari sampai penyakitnya bisa disembuhkan.

Obat Kencing Batu

Keuntungan dari daun keji beling adalah bahwa mereka dapat mengatasi batu kencing. daun yang satu ini mengandung banyak senyawa yang baik untuk mengobati batu kemih yang menginfeksi saluran kemih Anda.

Ada dua cara untuk mengobati batu kemih:

  1. Cara pertama adalah bahan 8 daun dicuci lalu dipotong, rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2¼ gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum bersama madu. Lakukan ¾ gelas 3 kali sehari.
  2. Metode kedua, sarananya adalah daun keji beling, daun sarap, daun pecut kuda dan kumis kucing hingga 7 lembar. Rebus semua bahan ini dengan 5 gelas air bersih hingga tersisa 3 gelas. Minumlah 1 gelas 3 kali sehari.

Mengobati Disentri

Disentri sering diremehkan oleh kebanyakan orang. Faktanya, penyakit ini dapat menyebabkan cukup fatal jika penyakitnya parah dan dibiarkan tanpa pengobatan.

Nah, jika Anda menderita disentri dan tidak ingin ke dokter, Anda bisa melakukan perawatan alami dengan merebus daun keji beling.

Menghancurkan Batu Empedu

Manfaat Daun keji beling berikutnya secara alami menghancurkan batu empedu yang terbentuk oleh pembekuan atau kristalisasi dalam organ ginjal.

Caranya adalah dengan membawa 5 buah gelas daun keji beling dan 7 lembar daun Wungu untuk direbus dengan 3 gelas air dan sisanya 2 gelas saja. Minumlah larutan ini sambil menghangatkan maksimal dua kali sehari dengan dosis masing-masing 1 gelas.

Mengobati Wasir

Daun keji beling berkhasiat dan sangat efektif dalam pengobatan wasir. Jika Anda tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia untuk menyembuhkan wasir, coba gunakan lembar ini untuk mengobati wasir Anda tanpa efek samping.

Caranya: Ambil 9 lembar daun biasa, cuci sampai bersih lalu potong. Rebus 3 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, air disaring dan dicampur dengan madu. Minumlah dua kali sehari, minum setiap kali Anda minum.

Mengobati Batu Ginjal

Penyakit selanjutnya yang bisa diobati dengan daun keji beling adalah batu ginjal. Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi seperti bahan keras yang terjadi di ginjal. Bahannya adalah sisa limbah yang menyaring darah dari ginjal dan mengendap di sana.

Salah satu penyakit yang menyerang organ ginjal ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan menggunakan daun mengerikan ini.

Mengatasi Gatal Kulit

Gatal atau Biduran dapat disembuhkan tidak hanya pada penyakit dalam, tetapi juga pada penyakit luar. Entah karena ulat bulu atau karena alergi lainnya.

Untuk perawatannya sangat mudah. Cukup ambil daun keji beling dan kemudian haluskan. Kemudian tempelkan pada bagian kulit yang gatal.

Mencegah Timbulnya Tumor

manfaat daun keji beling selanjutnya yaitu memiliki keuntungan mencegah tumor yang merusak kesehatan Anda. Daun ini dapat mencegah tumor karena memiliki sifat anti tumor alami.

Mengobati Sembelit

Daun keji beling juga bermanfaat untuk mengobati sembelit dan juga baik untuk dicerna secara alami. Sembelit adalah kondisi seseorang yang mengalami kesulitan buang air besar, yaitu kurang dari 3 kali seminggu

Obat Diare

Manfaat berikutnya dari daun keji beling adalah mengatasi diare. Nah, bagi Anda yang sedang kesakitan, segera cari daun keji beling, lalu masak air rebusannya dan minum secara teratur sampai diare berhenti.

Mengobati Diabetes

Diabetes dapat terjadi ketika tubuh tidak lagi dapat memproduksi insulin atau hormon yang mengatur gula darah, atau ketika insulin yang dihasilkan tidak memadai dan tidak berfungsi secara optimal.

Jika Anda ingin mencegah diabetes, ada baiknya Anda menggunakan daun keji beling ini. Daun ini akan membuat kadar gula dalam darah Anda dapat lebih dikontrol dengan baik, sehingga tidak memicu penyakit diabetes.

Mencegah kolesterol

Kesehatan tubuh Anda juga tergantung pada tingkat kolesterol dalam tubuh Anda. Cobalah mengonsumsi air matang dari daun keji beling sebagai daun herbal untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda, terutama kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Pada daun keji beling juga mengandung fosfor, yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sehingga selalu kuat dan tidak mudah berlubang ke gigi dan tidak mudah keropos ke tulang, sehingga sangat umum untuk konsumsi rutin yang baik.

Obat Sakit Kuning

Jika hati Anda terganggu dan terkena penyakit kuning, Anda mungkin juga dapat rebusan daun yang pecah selain perawatan medis. Dipercayai bahwa ramuan ini membantu sangat efektif dalam menyembuhkan penyakit kuning, terutama dalam tindakan pencegahan.

Menangkal Radikal Bebas

Tidak hanya mengandung banyak vitamin dan mineral, juga mengandung zat antioksidan yang sangat berguna dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh, sumber berbagai penyakit berbahaya. Untuk melestarikan kandungan antioksidan dari tanaman ini, silakan cukup memasak daun keji beling dan minum air secara teratur.

Demikianlah Pembahasan tentang daun keji beling semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya