5 Manfaat Daun Kayu Manis dan 10 Manfaat Kayu Manisnya

Posted on

Manfaat Daun Kayu Manis – Ada 100 jenis pohon kayu manis. Namun, dua varietas yang paling umum digunakan untuk makanan dan keperluan medis – Cinnamomum zeylancium atau Ceylon cinnamon – tumbuh terutama di India, Sri Lanka, Madagaskar, Karibia dan Brasil. Cina / Cassia kayu manis atau Cinnamomum Aromaticum tumbuh di Cina, Indonesia dan Vietnam.

Pohon kayu manis biasanya ditanam selama 2 tahun sebelum dipanen. Kulit atau duri adalah bagian yang sering digunakan sebagai batang kayu manis atau bubuk dalam makanan dan untuk membuat suplemen gizi. Selain itu, daun kayu manis juga memberi kita banyak keuntungan.

Kayu-Manis
Kayu Manis

Daun kayu manis kaya akan fitonutrien. Minyak atsiri diekstrak dari daun atau dapat digunakan untuk membuat kapsul. Seringkali seluruh daun digunakan sebagai bahan untuk produksi teh herbal.

Minyak daun kayu manis memiliki aroma pedas, musky dan hangat. Ini memiliki semburat kuning berbeda dari minyak esensial coklat kemerahan, yang diekstraksi dari kulit kayu manis. Daun hijau yang kasar dan mengkilap dari pohon kayu manis mengalami proses destilasi uap dan menghasilkan sekitar 1,6% – 1,8% minyak atsiri. Minyak atsiri kayu manis lebih halus dan mengandung bahan kimia seperti eugenol asetat, eugenol, benzil benzoat, dan aldehida sinamat.

Manfaat Daun Kayu Manis

Aromaterapi

Minyak daun kayu manis esensial digunakan untuk sifat afrodisiak dalam aromaterapi. Ini dapat mengurangi gejala impotensi dan obat penambah vitalitas untuk wanita dan pria. menghirup minyak kayu manis dalam campuran dengan minyak esensial lainnya dikatakan memiliki efek afrodisiak.

Diabetes

Kayu manis aldehida ditemukan dalam daun kayu manis dan dapat mengurangi risiko seseorang untuk diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Lambung

Eugenol dalam minyak kayu manis mengurangi masalah lambung seperti mual, diare dan sakit perut.

Anti Bakteri

Minyak daun kayu manis dapat bertindak sebagai agen antibakteri dan membantu pencernaan. Ini dapat melawan bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi. Produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin dapat ditingkatkan dan juga membantu menyeimbangkan kimia otak dan meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi gejala kecemasan, stres mental, kecemasan dan depresi.

Manfaat Lainnya

Daun kayu manis memiliki rasa yang manis dan sering digunakan untuk membuat pemanggang dan makanan penutup. Mereka adalah penyedap rasa bubur yang populer – terutama bubur jagung – di Jamaika. Daun kayu manis digunakan untuk membuat teh herbal untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Manfaat Kayu Manis

Menurunkan Berat Badan

Air rebusan kayu manis yang Dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Karena minuman ini membantu mendetoksifikasi tubuh, mebuat lebih cepat kenyang dan menekan nafsu makan.

Anti Infeksi

Manfaat lain dari kayu manis adalah kemampuannya untuk mengatasi infeksi. Ini karena kayu manis memiliki komponen anti infeksi alami. Dalam berbagai penelitian, kayu manis telah terbukti efektif dalam menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai penyakit bakteri lainnya.

Meringankan Kram Menstruasi

Menurut Pusat Nasional untuk Bioteknologi, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi dapat meredakan kram mereka dengan minum air kayu manis. Alasan kayu manis adalah analgesik dan antikoagulan, yang membantu menghilangkan rasa sakit.

Meningkatkan Fungsi Otak

Diketahui bahwa aroma kayu manis meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma kayu manis juga dapat meningkatkan proses kognitif dan meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kecepatan kerja.

Meningkatkan Sistem Imun

Air rebusan kayu manis kaya akan antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air rebusan kayu manis juga memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antivirus yang mengurangi risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau masalah pernapasan.

Menurunkan Kolesterol

Kayu manis mengandung kalsium, serat dan banyak mineral seperti mangan. Karena itu, kayu manis sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan usus serta melindungi terhadap penyakit jantung dan kolesterol.

Kalsium dan serat kayu manis juga membantu menghilangkan garam dalam tubuh dan mencegah kanker usus. Selain itu, manfaat kayu manis dapat mengobati sembelit karena kandungan seratnya.

Meredakan Sakit Gigi

Rasa sakit dari sakit gigi sangat menyakitkan. Anda bisa mengobatinya dengan minum air kayu manis untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak gusi.

Mencegah Munculnya Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas telah menunjukkan bahwa manfaat kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga merupakan salah satu herbal yang dapat menyembuhkan kanker.

Mencegah Diabetes

Senyawa polifenol kayu manis dan antioksidan juga berguna untuk mengatur kadar gula darah sehingga mereka berguna dalam pengobatan diabetes tipe 2.

Anti Mikroba

Salah satu manfaat kayu manis, yang sangat populer, adalah penggunaannya untuk memerangi pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis candida. Candida adalah mikroorganisme menular yang terjadi di mulut, vagina dan usus, menyebabkan gangguan kulit dan selaput lendir.

Infeksi Candida di dalam tubuh dapat dikurangi atau bahkan dihentikan dengan menggunakan kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde yang terkandung dalam minyak kayu manis.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat daun kayu manis semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya