Khasiat Daun Sirsak untuk Paru-paru dan Cara Mengobatinya

Posted on

Khasiat Daun Sirsak untuk Paru-paru– Sirsak atau nama Latinnya Annona Muricata L adalah tanaman yang kaya akan manfaat dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini dibawa ke kepulauan oleh Belanda pada abad ke-19.

Sirsak dapat dengan mudah tumbuh di mana saja, tetapi yang terbaik adalah jika ditanam di daerah yang cukup berair. Tanaman ini tumbuh dan berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Di Indonesia, ada berbagai nama untuk tanaman sirsak, seperti nangkasebrang, sirsak (Sunda), nangka landa (Jawa), nangka Belando (Palembang) dan lainnya.

Khasiat-Daun-Sirsak
Khasiat Daun Sirsak

Bagian yang paling banyak digunakan pada awalnya adalah buah. Bagian lain dari tanaman sirsak, jarang digunakan. Daun sirsak menjadi populer setelah temuan penelitian menyimpulkan bahwa kandungan yang terkandung dalam daun sirsak dapat mengobati kanker. Seiring waktu, dan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ditemukan bahwa daun sirsak adalah yang paling bermanfaat.

Khasiat Daun Sirsak untuk Paru-paru

Umumnya, daun sirsak mengandung senyawa proaktif termasuk acetogenins, annocatacin, annocatalin, anonol, caclourin, asam gentisat, anomurine, asam linoleat dan lain-lain. Semua bahan ini berkhasiat untuk kesehatan Anda.

Daun sirsak memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit paru-paru. Hal Ini karena daun sirsak mengandung acetogenis, yang berguna untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Selain itu, daun sirsak juga mengandung antioksidan yang bisa membunuh sel kanker paru-paru.

Berikut ini adalah metode untuk memproses daun sirsak untuk pengobatan penyakit paru-paru.

Ambil 10 hingga 15 lembar daun sirsak kering dan kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa setengah cangkir air. Setelah dingin, saring air mendidih dan minum secara teratur tiga kali sehari.

Cara lainnya, ambil 10 -12 lembar daun sirsak, yang dijemur sampai kering. Lalu ditumbuk lalu dikeringkan lagi di dalam oven, lalu diangkat. Kemudian ambil 2 sendok makan bubuk daun sirsak, diseduh dengan 1 gelas air panas. Aduk dan biarkan selama 5 menit. Lakukan 2 kali sehari.

Meskipun bermanfaat untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, hal tersebut masih harus dilakukan di bawah pengawasan dokter herbal atau orang-orang yang tahu cara menggunakan herbal untuk pengobatan. Penggunaan yang berlebihan dan kesalahan pemrosesan juga dapat memperburuk kondisi paru-paru.

Manfaat Daun Sirsak Lainnya

Mencegah Diabetes

Daun sirsak sangat baik untuk penderita diabetes. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan dan mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran normal antara 70 mg dan 120 mg. daun sirsak ini sangat baik untuk mencegah penyakit yang menyebabkan diabetes seperti obesitas dan gula darah.

Anti Kanker

Kehadiran acetogenins, kelompok antibiotik kuat yang ditemukan di daun Sirsak, memberikannya sifat antikanker. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Cheryl E. Green, Sheridan L. Hibbert, Lawrence AD, Williams, dan lainnya menemukan bahwa senyawa asam anti-kanker daun sirsak melindungi sel-sel sehat saat menjalani kemoterapi. Misalnya, jika pasien menderita kerontokan rambut, mual dan penurunan berat badan.

Mencegah Kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkat karena gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu cara untuk menguranginya dengan bahan-bahan alami adalah dengan mengkonsumsi daun sirsak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan daun sirsak dapat membantu mengurangi kolesterol jahat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar kalium dan bahan aktif dalam daun sirsak yang tinggi mengurangi tekanan darah dalam jumlah yang signifikan. Bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi daun sirsak adalah cara terbaik untuk mengurangi tekanan pada jantung. Ini mengurangi risiko arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Mengobati Rematik

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin menjadi rentan terhadap penyakit rematik. mengkonsumsi daun sirsak dapat membantu Anda menyembuhkan rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi seperti rematik. Daun sorrel yang dihancurkan dihaluskan dua kali sehari dan dioleskan ke bagian tubuh yang sakit.

Menyehatkan Pencernaan

Keseimbangan vitamin dan mineral, serta zat anti-inflamasi dalam rebusan daun sirsak, dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit, kram, perut kembung dan diare.

Kehadiran kalsium juga membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Sementara efek antimikroba dari teh ini membantu menyeimbangkan lingkungan mikroflora usus.

Menyehatkan Kulit

Daun sirsak kaya akan vitamin C, yang berguna untuk melepaskan antioksidan yang melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan masalah kulit dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi berat. Antioksidan dapat melindungi dari gejala-gejala tersebut.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi yang tinggi dalam daun sirsak merangsang sirkulasi dan meningkatkan energi ke seluruh tubuh. Zat besi mentransfer energi ke sistem dan jaringan organ, mempercepat perbaikan, dan mengoptimalkan aktivitas metabolisme.

Mengobati Liver

Dengan mencampurkan daun sirsak dan teh, produksi insulin dapat dirangsang dengan mendukung sel beta di pankreas. Daun sirsak tidak hanya dapat membantu mengobati penyakit liver tetapi juga mengurangi kadar gula karena meningkatnya kadar insulin. Gula yang ada dirubah menjadi energi.

Menurunkan Berat Badan

Rebusan daun sirsak mengandung sejumlah vitamin B untuk mengoptimalkan metabolisme Anda. Dengan cara ini, tubuh mendapat lebih banyak energi untuk membantu menurunkan berat badan.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat daun sirsak untuk paru-paru semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: