15 Khasiat Daun Cabe Untuk Kesehatan

Posted on

Daun Cabe – Meskipun daun cabai memiliki tekstur yang tidak terlalu besar, manfaat kesehatannya sangat besar. Dan daun ini sangat berbeda dengan daun paprika, yang termasuk dalam kategori daun paprika.

Daun paprika mengandung bahan beracun dan harus diproses dengan cara tertentu, sedangkan daun cabe sangat mudah dikerjakan dan juga memiliki efek samping minimal.

Daun-Cabe
Daun Cabe

Meskipun daun cabai tidak mengandung senyawa sebanyak buah cabe, tetapi daun cabe bisa mengobati beberapa penyakit. Daun cabai juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Dan tidak lain dari kandungannya berkontribusi banyak untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Khasiat Daun Cabe Untuk Kesehatan

Membantu Meringankan Penyakit Arthritis

Arthritis adalah penyakit kronis yang terjadi sepanjang hidup seorang pasien dan dapat terjadi pada pria dan wanita di atas usia 50 tahun. Pasien arthritid ini mengalami kekakuan dan pembengkakan di daerah persendian, menyebabkan tubuh merasa sakit saat berolahraga.

Daun cabe ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada persendian melalui pijatan, karena tingkat sifat anti-inflamasi pada daun ini sangat tinggi.

Obat Penurun Demam

Kekurangan kekebalan tubuh bisa rentan terhadap demam atau meningkatnya panas dalam tubuh.

Dan Anda bisa minum air seduhan dari daun cabai di pagi dan sore hari sebelum tidur. Bisa juga menurunkan demam Pada anak.

Mengobati Jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit, terutama pada wajah, yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti minyak berlebih pada kulit wajah.

Diyakini bahwa menggunakan masker dari tumbukan daun cabai dapat mengurangi gangguan tersebut. Lakukan ini selama +/- 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mengobati Herpes Zorter

Herpes zoster adalah infeksi yang terjadi di saraf dan di kulit dan disebabkan oleh virus yang juga menyebabkan cacar air, yang disebut Varicella Zoster. Gejala yang disebabkan oleh penyakit ini adalah beberapa ruam merah yang terjadi di sekitar saraf yang terkena.

Untuk penyembuhan herpes zoster, daun cabai juga dapat digunakan karena kandungan anti-inflamasi yang tinggi pada daun ini.

Mengobati Bisul

Anda dapat mengobati bisul yang tidak sembuh dan mengering. Caranya adalah dengan cukup mengoleskan daun cabai yang lunak pada lukanya. Kandungan yang ada dalam daun cabe daun akan membuat bisul mengering.

Merontokkan Bulu Ketiak

Pertumbuhan rambut ketiak merupakan gangguan bagi sebagian orang, terutama bagi wanita. Itu bisa mengurangi rasa percaya diri dan minder. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan daun cabai.

Caranya adalah dengan melakukan pencukuran bulu ketiak terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan pijatan ringan dengan media daun cabai beberapasaat.

Metode ini menyebabkan sensasi panas di area ketiak, tetapi dapat mencegah pertumbuhan rambut lebih lanjut di bawah lengan. Namun, jika terjadi iritasi, segera hentikan aktivitas.

Meningkatkan Detoksifikasi Tubuh

Secara umum, manfaat detoksifikasi adalah jalur metabolisme yang menghilangkan racun dalam tubuh melalui penyerapan, distribusi, biotransformasi, dan ekskresi molekul toksin.

Daun cabai ini juga memiliki sifat antiseptik yang efektif dalam mendukung proses detoksifikasi, sehingga mempercepat proses penyembuhan pada berbagai jenis penyakit seperti luka, Kurap dan penyakit jamur lainnya.

Mengobati Gatal Karena Alergi

Ada beberapa orang yang tidak suka makanan, misalnya makanan laut yang menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh di beberapa titik. Anda bisa menggunakan daun cabai yang dihancurkan lalu menggosok tubuh sehingga rasa gatalnya lebih cepat hilang.

Bahan Lulur

Untuk kulit yang sehat dan cantik, kita bisa menggunakan daun cabai sebagai salah satu bahan untuk scrub alami yang murah.

Caranya adalah dengan meremas beberapa helai daun cabai dan menggosoknya di tangan, kaki, atau area tubuh yang Anda inginkan. Setelah beberapa saat, bilas daerah yang terkena dengan air hangat atau mandi seperti biasa.

Membantu Proses Diet

Daun cabai juga dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk membantu dalam proses diet yang Anda lakukan, karena kandungan kalori dan lemak dalam daun cabai sangat rendah.

Rebus 3 hingga 4 daun cabai kering, rebus dengan air dan tambahkan perasan lemon atau perasan jeruk nipis. Minumlah secara teratur setiap pagi.

mengobati Gatal karena Gigitan Nyamuk

Anda juga bisa menggunakannya sebagai scrub tubuh untuk menghilangkan rasa gatal dan sulur-sulur pada tubuh akibat gigitan nyamuk. Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan menyeduh daun cabe lalu minum.

Bahan Masker

Masalah keriput,kantung mata dan flek hitam yang muncul di wajah kita sangat mengganggu. Itu membuat kita terlihat lebih tua. Untuk mengatasinya, oleskan masker alami daun cabai.

Caranya adalah dengan mengoleskan campuran daun cabai tumbuk dengan air beras dan kencur sebagai masker. Lakukan ini secara teratur selama 1,5 bulan pada malam hari.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol baik atau HDL dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bukan kolesterol jahat atau LDL, yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda dapat minum daun cabai biasa atau air rebusan setiap hari.

Mengobati Sakit Perut

Senyawa yang ada di daun cabai meringankan rasa sakit di perut. Rasa sakit yang diakibatkan oleh masuk angin dan perut kembung dengan cepat berkurang ketika Anda menyebarkan daun cabai ke perut Anda dan minum air matang.

Sebagai Obat Kumur

Untuk menjaga kesehatan mulut, kita bisa menjadikan daun cabai sebagai alternatif untuk produk obat kumur yang banyak digunakan di pasaran.

Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun cabai lalu diseduh dengan air hangat. Setelah itu kita bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

Demikianlah Pembahasan tentang daun cabe semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: