15 Jenis Tanaman Obat Daun dan Manfaatnya

Posted on

Tanaman Obat Daun – Pada dasar nya beberapa tanaman yang ada disekitar kita dapat bermanfaat untuk dijadikan tanaman obat baik itu buah, batang, akar daun dan juga bunga nya dapat berkhasiat digunakan untuk pengobatan alternatif karena beberapa jenis tanaman banyak mengandung senyawa kimia.

Tanaman-tanaman yang berkhasiat untuk dijadikan bahan pengobatan alternatif tersebut bisa didapatkan di alam liat disekitar kita atau dapat kita budidayakan untuk mengambil banyak manfaat nya.

Salah satu pemanfaatan tanaman yaitu daun pada tanaman tertentu yang ada disekitar kita mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut Adalah Tanaman Obat Daun

1. Daun Seledri

Daun-Seledri
Daun Seledri

Tanaman daun seledri merupakan tanaman yang mudah ditemukan diindonesia, tanaman ini pertama kali diperkenalkan belanda untuk tambahan makanan dan juga sebagai lalapan.

Daun seledri juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti penyakit asma, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk dan membantu meredakan reumatik dan sendi.

2. Daun Kumis Kucing

Daun-Kumis-Kucing
Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman hias yang cantik untuk menghiasi pekarangan rumah anda karena memiliki bentuk yang unik.

Daun kumis kucing berkhasiat untuk mengatasi kencing batu, mengobati asam urat, reumatik, batuk dan juga diabetes serta hipertensi.

3. Daun Dewa

Daun-Dewa
Daun Dewa

Daun dewa merupakan tanaman yang banyak mengandung senyawa kimia seperti minyak atsiri, alkaloid, triterpenoid, asam klorogenat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoate, flavonoid, polifenol, sterol, tannin, vanilat dan saponin.

Daun dewa berkhasiat untuk kesehatan seperti mengatasi penyakit stroke, demam berdarah, reumatik, diabetes, kanker, dan gangguan haid.

4. Daun Saga

Daun-Saga
Daun Saga

Daun saga merupakan tanaman perdu yang memiliki rasa manis, daun saga banyak tumbuh liat dihutan, biji daun saga tidak boleh dimakan karena mengandung racun dan dapat menyebabkan kematian.

Daun saga memiliki kandungan senyawa seperti zat saponin dan flavonoid yang berkhasiat untuk mengobati penyakit sariawan, batuk kering, batuk berdahak, panas dalam dan gangguan jantung.

5. Daun Cincau

Daun-Cincau
Daun Cincau

Tanaman cincau tumbuh dengan cara merambat dan banyak dimanfaat kan sebagai bahan minuman yang segar, selain itu daun cincau juga mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Daun cincau dikenal ampuh untuk mengobati demam, meredakan radang lambung serta dapat meredakan panas dalam.

6. Daun Pacar Cina

Daun-Pacar-Cina
Daun Pacar Cina

Daun pacar cina memiliki ciri daunnya berbentuk lonjong, dan berbentuk seperti telur, daun pacar cina juga mudah tumbuh dengan liat dibawah sinar matahari.

Daun pacar cina mengandung senyawa seperti minyak atsiri, garam mineral, damar dan juga alkaloid yang dapat mengobati penyakit seperti bisul, luka memar dan haid yang berlebihan.

7. Daun Bayam Duri

Daun-Bayam-Duri
Daun Bayam Duri

Daun bayam duri merupakan jenis tanaman bayam yang hampir sama dengan bayam biasa namun bayam ini memiliki duri pada pangkal daunnya.

Kandunga senyawa pada bayam seperti tanin, zat besi, kalium nitrat, hentriakontan, amarantin, dan spinasterol dapat berkhasiat untuk mengobati bisul, exsim, demam, dan gangguan pada asi serta anyang-anyangan.

8. Daun Lidah Buaya

Daun-Lidah-Buaya
Daun Lidah Buaya

Tanaman daun lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat kecantikan dan juga kesehatan pada tubuh, lidah biaya dapat mempercantik rambut dan kulit, menghilangkan jerawat dan juga dapat mengurangi bekas luka.

Dalam hal kesehatan lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi diabetes, batuk, sembelit dan juga radang tenggorokan.

9. Daun Dadap Ayam

Daun-Dadap-Ayam
Daun Dadap Ayam

Tanaman dadap ayam merupakan tanaman yang memiliki banyak duri dan memiliki bentuk daun seperti cakar ayam, daunnya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kandungan pada daun dadap ayam seperti alkaloid eritralina, kholina, minyak lemak, resin, betaina, kholina, hepaforina, erisotiofina, dan erisovina dapat berkhasiat untuk mengatasi demam, batuk, disentri, haid yang tidak teratur, dan pelancar asi.

10. Daun Sukun

Daun-Sukun
Daun Sukun

Tanaman sukun yang memiliki nama latin Artocarpus altilis merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan buah nya untuk dijadikan bahan makanan seperti keripik dan direbus.

Tanaman sukun dapat berkhasiat untuk kesehatan terutama daunnya yang mengandung senyawa seperti asam hidrosionat, polifenol, quercetin, tannin, artoindosionin, dan ortoindonesionin yang dapat menyembuhkan penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes dan kolesterol tinggi.

11. Daun Jambu Biji

Daun-Jambu-Biji
Daun Jambu Biji

Tanaman jambu biji menurui penelitian ekstrak daun biji bermanfaat untuk kesehatan, beberapa produk obat juga mengatasi kesehatan menggunakan bahan dasar daun jambu biji.

Memang daun jambu biji sangat ampuh untuk mengatasi penyakit diare, penyakit diare meski dianggap sebagai penyakit remeh namun beberapa kasus penyakit diare kronis dapat menyebabkan kematian.

12. Daun Salam

Daun-Salam
Daun Salam

Tanaman salam sudah banyak dikenal sebagai bahan rempah dan bumbu penyedap makanan, daun salam juga dapat memberikan manfaat kesehatan.

Daun salam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk diabetes, menurunkan glukosa darah, dan juga kolesterol.

13. Daun Sirih

Daun-Sirih
Daun Sirih

Dahulu banyak orang yang memanfaatkan daun bayam untuk dikunyah karena memang daun sirih mampu untuk mengatasi kanker mulut.

disamping itu daun sirih juga memiliki manfaat herbal seperti keputihan, demam berdarah, haid yang tidak lancar, asma, radang tenggorokan, dan pendarahan pada gusi.

14. Daun Murbei

Daun-Murbei
Daun Murbei

Murbei merupakan buah yang berwarna merah kehitaman dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan, selain itu tanaman ini banyak dikembangbiakan untuk pakan ulat sutera.

Menurut penelitian daun murbei mengandung senyawa asam garlic yang dapat menurunkan tingkat glukosa pada darah, dan diabetes.

15. Daun Pepaya

Daun-Pepaya
Daun Pepaya

Tanaman pepaya menghasilkan buah dengan rasa yang manis, selain menghasilkan buah yang manis, daun pepaya juga berkhasiat untuk kesehatan.

Daun pepaya yang memiliki getah putih susu dapat mencegah kanker, daun pepaya juga mengandung senyawa karpain yang baik untuk menghambat mikroorganisme yang menghambat pencernaan, juga bermanfaat untuk mengontol gula darah, dan haid.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat daun yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :