10 Jenis Tanaman Obat Batang dan Manfaatnya

Posted on

Tanaman Obat Batang – Tanaman diindonesia banyak dimanfaatkan sebagai obat, baik itu daun, bunga, buah akar nya semua banyak bermanfaat untuk kesehatan manusia, beberapa jenis tanaman juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Batang tanaman merupakan penopang kehidupan pada tanaman sehingga batang juga banyak dimanfaatkan oleh manusia seperti dijadikan kayu bakar dan beberapa jenis batang tanaman disekitar kita dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Tanaman apa sajakah yang dapat dimanfaatkan batang nya untuk dijadikan sebagai tanaman obat, tentu banyak jenis dari tanaman yang dapat dimanfaatkan batang nya untuk dijadikan sebagai obat.

Berikut Adalah Beberapa Tanaman Obat Batang

1. Tanaman Kemukus

Tanaman-Kemukus
Tanaman Kemukus

Tanaman kemukus merupakan tanaman hias yang mirip dengan daun sirih namun memiliki batang yang lebih kecil dan sering ditanam pada sebuah pot.

Tanaman kemukus juga bermanfaat untuk kesehatan seperti dapat mengobati peradangan selaput lendir saluran kemih.

2. Tanaman Brotowali

Tanaman-Brotowali
Tanaman Brotowali

Brotowali merupakan tanaman yang banyak tumbuh didaerah jawa dan dikenal dengan rasanya yang pahit, namun memiliki khasiat yang banyak.

Batang brotowali dapat mengobati demam, penyakit kulit seperti kudis, penyakit kuning, penyakit diabetes dan dapat juga mengobati cacingan.

3. Tanaman Sukun

Tanaman-Obat-Sukun
Tanaman Obat Sukun

Tanaman sukun merupakan tanaman yang memiliki buah yang banyak dijadikan sayuran dan bahan makanan seperti keripik, selain itu tanaman sukun dapat dimanfaatkan batang nya untuk dijadikan obat.

Kulit dari tanaman sukun yang sudah dikeringkandapat mengobati luka pada lambung,  dapat juga mengatasi penyakit kanker payudara.

4. Tanaman Kayu Manis

Tanaman-Kayu-Manis
Tanaman Kayu Manis

Tanaman kayu manis sudah banyak dikenal sebagai tanaman untuk bahan rempah-rempah karena memiliki aroma yang khas.

Tanaman kayu manis juga bermanfaat untuk pengobatan yaitu dapat mengobati batuk dan juga sesak nafas, mengatasi masuk angin dan perut kembung, mengatasi diare dan sembelit.

5. Tanaman Pulasari

Tanaman-Pulasari
Tanaman Pulasari

Tanaman pulasari merupakan tanaman yang sudah jarang ditemukan namun begitu tanaman ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman pulasari sangat baik untuk mengatasi penyakit perut, terutama penyakit kembung dan nyeri pada perut.

6. Tanaman Pule

Tanaman-Pule
Tanaman Pule

Tanaman pule merupakan tanaman yang banyak tumbuh diindonesia terutama di jawa, tanaman pule dapat dimanfaatkan sebagai obat terutama akar dan batang nya.

Batang pule mengandung alkaloida agnalima dan juga alkaloida serpentina yang dapat mengobati tekanan darah tinggi.

7. Tanaman Dadap Ayam

Tanaman-Dadap-Ayam
Tanaman Dadap Ayam

Tanaman dadap ayam memiliki daun yang unik yaitu menyerupai cakar ayam oleh karena itu tanama ini dinamakan dengan dadap ayam.

Tanaman dadap ayam juga berkhasiat untuk kesehatan, batang tanaman dadap ayam ini berfungsi untuk mengobati yang berhubungan dengan pernafasan seperti sesak nafas dan sakit tenggorokan.

8. Tanaman Delima

Tanaman-Obat-Delima
Tanaman Obat Delima

Tanaman delima banyak tumbuh diberbagai tempat diindonesia, dan buah nya memiliki perpaduan rasa asam dan manis.

Dalam batang tanaman delima mengandung zat seperti alkaloida peletavina dan metelpeletovina yang berfungsi sebagai pembasmi cacing pita

9. Tanaman Widuri

Tanaman-Widuri
Tanaman Widuri

Tanaman widuri merupakan tanaman yang banyak tumbuh di indonesia dan berkhasiat untuk kesehatan dan memiliki kandungan senyawa alami.

Kandungan seperti zat damar pahit dan damar asam yang dapat digunakan untuk ekspetoran( bahan yang dapat melonggarkan lendir ditenggorokan) sehingga dapat mengbati batuk.

10. Tanaman Kapas

Tanaman-Kapas
Tanaman Kapas

Tanaman Kapas merupakan tanaman yang banyak tumbuh diindonesia dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan membuat kasur.

Selain daun tanaman kapas yang dimanfaatkan sebagai obat, kulit dari batang kapas yang mengandung zat damar, tenol, fitoterol, betain, dapat berkhasiat untuk memperlancar haid, dan untuk penyusupan otot.

Demikianlah pembahasan tentang tanaman obat batang yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami yang ada disekitar dan mudah ditemukan, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: