12 Manfaat Daun Cincau Hijau untuk Kesehatan

Posted on

Daun Cincau Hijau – Anda tentu sudah tau daun cincau hijau? Ya, daun hijau biasanya dicampur menjadi minuman berbentuk gel seperti agar-agar dan dicampur dengan bahan lain untuk membuat minuman segar seperti campuran es krim atau es cincau. Cincau hijau itu sendiri terdiri dari jenis yang berbeda, tetapi yang umum di Indonesia adalah cincau hijau dan cincau hitam.

Meminum es cincau hijau telah menjadi terkenal, di mana tenggorokan dan mulut terasa segar. Namun ternyata cincau hijau mengandung berbagai manfaat kesehatan.

Daun-Cincau-Hijau
Daun Cincau Hijau

Manfaat Daun Cincau Hijau

Mencegah Kanker

Dalam daun cincau hijau ada antioksidan alami. Antioksidan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan serangan radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh, seperti kanker, penyakit mematikan di dunia yang disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh secara tak terkendali.

Melancarkan Peredaran Darah

Selain antioksidan alami, cincau hijau, menurut penelitian, mengandung senyawa klorofi. Klorofil sendiri dibutuhkan oleh tubuh sebagai antibiotik alami untuk menangkis virus dan polutan dalam tubuh. Misalnya, mereka yang mengganggu sirkulasi darah dan aliran darah.

Meredakan Demam

Ternyata cincau hijau tidak hanya menyegarkan mulut dan tenggorokan, tetapi juga bermanfaat untuk meredakan demam. Hal ini disebabkan zat saponin daun cincau hijau. Saponin adalah zat antipiretik. Cara menggunakannya, Anda bisa membuat daun cincau sebanyak 3 lembar, lalu diminum 2 kali sehari.

Mengobati Diabetes Mellitus

Diabetes atau kadar gula darah tinggi diklasifikasikan sebagai penyakit serius. Telah ditemukan bahwa daun cincau hijau efektif dalam pengobatan diabetes mellitus, karena daun cincau hijau mengandung bisbenzilsokuinoline-chlorophyll, yang memiliki peran menstabilkan kadar gula darah tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi daun cincau hijau secara teratur.

Mengatasi Hipertensi

Dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi pasti banyak makanan harus dilarang, tetapi dengan mengkonsumsi daun cincau hijau maka hipertensi dapat diatasi. Karena cincau hijau mengandung senyawa S-S-tetandrin.

Senyawa ini memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah, memungkinkan darah mengalir dengan lancar dan kembali normal. Anda bisa mengkonsumsi daun cincau hijau tiga kali seminggu.

Mengatasi Masalah Perut

Masalah di perut adalah rasa sakit yang terjadi di dinding perut bagian dalam. Cincau hijau bermanfaat untuk mengatasi masalah perut. Antioksidan dan vitamin C dalam cincau hijau membantu senyawa klorofil dalam mengatasi masalah perut.

Mengobati Penyakit Tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Antioksidan, fosfor dan tokoferol dalam cincau hijau telah terbukti efektif dalam pengobatan penyakit ini. Karena kandungannya membantu memperkuat kekebalan tubuh lagi.

Mengatasi Peradangan Tulang

Masalah tulang disebabkan oleh berbagai hal, seperti gaya hidup tidak sehat, kecelakaan dan bertambahnya usia. Ternyata cincau hijau bermanfaat untuk mengatasi masalah pada tulang seperti osteoporosis, osteoartritis, rematik, dll.

Berkat fosfor, kalsium dan magnesium dalam cincau hijau, ini cukup tinggi dan efektif untuk meregenerasi sel-sel di tulang yang sakit.

Mengatasi Masalah Pada Otot

Setiap orang pernah mengalami masalah ini, penyebabnya bermacam-macam. Jika Anda mengatasinya, Anda dapat membuat ramuan dari cincau hijau menyeduh lalu diminum atau menyiapkan obat luar yang ditumbuk daun cincau hijau dan dioleskannya di area yang sakit selama 10 hingga 20 menit. Cincau hijau efektif dalam mengatasi masalah ini pada otot berkat kandungan dimethyl-curin-1-dimethoidide.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Diare mengganggu aktivitas Anda terganggu karena Anda harus pergi ke kamar mandi secara intensif dan perut Anda terasa tidak sehat. Vitamin B, vitamin C dan alkaloid dalam cincau hijau telah terbukti efektif dalam mengobati diare.

Mengobati Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Cincau hijau telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan malaria. Ekstrak tumbuhan cincau hijau mengandung antiprotozoa dan tetrandin, zat yang bisa melawan malaria, terutama malaria plasmodium falciparum.

Obat Keracunan

Ada beberapa orang yang alergi terhadap makanan seafood, makanan seperti udang dan cumi dapat menyebabkan keracunan, daun cincau hijau ternyata bisa juga menangani keracunan, cara penggunaan yaitu dengan meminum hasil remasan daun cincau yang di capur dengan gula jawa, gunakan daun cincau secukupnya 5-10 lembar remas hingga keluar air, dan campur dengan gula jawa.

Demikianlah pembahasan tentang daun cincau hijau semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: